• Jelajahi

    Copyright © Bedadung
    media news network

    Iklan

    Iklan Beranda

    Bagaimana Cara Custom Domain ke Google Sites

    , Februari 19, 2023 WIB

     


    Cara Custom Domain ke Google Sites: Apa itu google site? Pernah mendengar Google Sites sebelumnya? 

     

    Google Sites adalah suatu layanan milik Google yang bisa mempermudah dalam membuat sebuah tampilan situs website. 

     

    Menggunakan google site bisa menampilkan data atau laporan dengan tampilan seperti situs website dengan Google Sites tanpa harus tahu bahasa pemrograman. Kamu hanya perlu drag and drop, edit lalu website sudah dapat ditampilkan. Pada awal rilis tahun 2008, Google Sites merupakan suatu platform yang mempermudah user dalam membuat tampilan website dengan cepat, mudah, simpel dan dapat digunakan berkolaborasi dengan editor lain. Agar user dapat melihat situs web, maka Google Sites memberikan suatu URL atau link yang dapat digunakan. Nah, pada panduan ini akan dijelaskan cara custom domain ke Google Sites.



    Google Sites hanya merupakan landing page saja. Atau juga biasa disebut single page HTML. Berbeda dengan platform blogging seperti Blogspot ataupun WordPress dimana kamu dapat membuat artikel dan diposting pada jam-jam tertentu. Google Sites dilengkapi dengan tema responsive yang cocok ketika ditampilkan di desktop, tablet, dan seluler. Berbeda dengan Blogspot/ WordPress, diperlukan keahlian khusus dalam harus memilih tema agar pas untuk blog kamu.

     

    Google Sites dan Blogspot sama-sama dilengkapi dengan URL yang dapat digunakan secara gratis sebagai alamat websitenya. Jika Blogspot memiliki namawebsite(dot)blogspot(dot)com, maka Google Sites memiliki alamat sites(dot)google(dot)com/view/namawebsite. Agar lebih profesional maka diperlukan custom domain.


    Karena Google Sites hanya menyediakan suatu URL/ link saja, maka kamu harus dapat melakukan custom domain. Custom domain yaitu mengarahkan nama domain ke link Google Sites agar lebih terlihat menarik, profesional sehingga dapat dipercaya semua orang bahwa situs website anda bukan kaleng-kaleng. Contohnya,


    Link Google Sites: sites.google.com/view/ininamawebsite
     

    Nama domain yang dimiliki: ininamawebsite.com


    Setelah dilakukan custom domain, maka domain contohweb.site akan mengarah ke halaman Google Site kamu yaitu sites.google.com/view/websitesayaaa

    Cara Custom Domain ke Google Sites

    Adapun cara custom domain ke Google Sites yaitu,


    1. Login ke Google Sites

    Silakan kamu buka https://sites.google.com/new?hl=id lalu login menggunakan account Google. Pastikan kamu punya akun Google ya. Jika sudah, maka situs website kamu akan terlihat.


    2. Melakukan Custom Domain ke Google Sites

    Jika sudah, saatnya melakukan custom domain ke Google Sites. Silakan klik tanda “gear” kiri Publish. Kemudian klik custom URLs.


    Sebelum lanjut, pastikan kamu sudah memiliki domain yang aktif ya. Jika belum memiliki domain, bisa order langsung di domain murah layanan domain. Kamu bisa pilih ekstensi apapun seperti .com, .net, .id ataupun ekstensi domain yang sedang promo. Apabila sudah memiliki domain aktif, silakan tulis nama domain kamu lengkap dengan www. Misalnya nama domainnya contohweb.site maka silakan tulis www.contohweb.site. Apakah muncul error? Pastinya akan muncul error dengan tulisan This URL is not verified. Please verify your ownership seperti gambar dibawah ini. Itu artinya kamu harus melakkan verifikasi terlebih dahulu. Silakan klik tulisan berwarna biru verify your ownership


    3. Verifikasi Kepemilikan Domain

    Tunggu sebentar, kemudian klik Select your domain registrar or provider dan pilih Other. Nah untuk melakukan verifikasi kepemilikan domain kali ini menggunakan TXT record. Apa itu TXT record? Kamu bisa baca tentang DNS Management. Silakan copy kode tersebut.





    4. Login Web Site penyedia domain

    Untuk menambahkan TXT record, kamu harus login dasboard layanan domain lalu pilih Menu Domains dan pilih nama domain yang ingin dilakukan custom domain. Pastikan nameserver yang digunakan adalah nameserver default milik domain. Coba cek pada tab Nameserver lalu pilih Use default nameservers.

    5. Menambahkan TXT Record pada Domain

    Untuk menambahkan TXT record, kamu bisa masuk ke menu Domains dan pilih domain yang akan kamu tambahkan TXT record. Setelah itu klik menu DNS Management.


    Kemudian tambahkan TXT record pada bagian Add a new DNS record. Pada bagian Host Name silakan diisi dengan www kemudian TTL diisi 14440. Pada bagian Type silakan pilih TXT. Lalu untuk Value, kamu dapat paste kode verifikasi kepemilikan domain disini. Jika sudah klik Save Changes.

     

     



    Kesimpulan

    Silahkan mencoba, begini cara custom domain ke Google Sites telah selesai. Penggunan domain custom ke google site bisa membuat link lebih simple dan mudah di ingat. Untuk mempercepat dan memperpudah custom domain, anda dapat menguhubungi layanan penyedia domain ya...





     

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Wisata

    +