• Jelajahi

    Copyright © Bedadung
    media news network

    Iklan

    Iklan Beranda

    Mahasiswa Unej Jadi Juara Duta Lingkungan Indonesia 2021

    , Februari 02, 2022 WIB

    Rachma Raih Juara I Duta Lingkungan Indonesia.

    Jember - Rachma Fadhillah Amalia Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Jember ditetapkan sebagai juara I Duta Lingkungan Indonesia tahun 2021. Rachma berhasil menyisihkan 11 finalis lain perwakilan dari berbagai provinsi di acara Pemilihan Duta Lingkungan dan Duta Budaya Indonesia 2021 di Yogyakarta pada 22 Januari 2022 lalu.


    Bersama para duta lingkungan yang lain gadis yang karib disapa Rachma ini akan kian getol dalam melakukan kampanye kelestarian lingkungan.  


    “Saya akan terus menginfluence masyarakat tentang kebiasaan ramah lingkungan bekerja sama dengan berbagai pahlawan bumi seperti NGO atau LSM yang bergerak di bidang lingkungan, dan dengan teman-teman duta lingkungan di berbagai provinsi,” tutur Rachma saat dihubungi melalui sambungan telpone, (02/2).


    Menurut Rachma, di era revolusi industri 4.0 ini melakukan aksi kampanye ramah lingkungan harus lebih kreatif. Karena menurutnya, kebiasaan dan kedekatan generasi milenial dengan media sosial bisa dijadikan salah satu media untuk mengedukasi mereka.


    “Selain melakukan aktivitas offline seperti melakukan penanaman pohon, educamp bersama dengan aktivis lingkungan, perlu juga membuat edukasi tentang lingkungan melalui media online seperti webinar, podcast, live talks ig, facebook ataupun media sosial lainnya,” jelas Rachma.


    Pilihan kampanye melalui media sosial bagi Rachma adalah sebuah keputusan yang tepat. Karena menurut gadis kelahiran Banyuwangi ini, kaum muda sangat krusial perannya untuk pembangunan bangsa. Jadi menurut Rachma tidak ada salahnya jika edukasi melalui platform digital.


    “Kalau edukasi melalui media online memang atensinya lebih banyak pada kaum milenial. Namun saya rasa sekarang tidak hanya kaum milenial saja yang menggunakan media sosial namun semua kalangan usia kini sudah menggunakannya,” tutur Rachma.


    Tidak hanya memberikan edukasi ramah lingkungan namun Rachma pun menerapkan perilaku ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-harinya.


    “Saya selalu berusaha untuk sedapat mungkin menghemat penggunaan air, hemat listrik dan tidak membuang sampah adalah hal kecil dan perilaku baik untuk menghindari kerusakan lingkungan yang selalu saya terapkan," pungkas Rachma. (*)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Wisata

    +