• Jelajahi

    Copyright © Bedadung
    media news network

    Iklan

    Iklan Beranda

    FKCI Promosikan Cerutu Jadi Produk Unggulan Jember

    , November 27, 2021 WIB

     

    Pembukaan Festival Jember Kota Cerutu Indonesia oleh Bupati Jember Hendy Siswanto

    Jember -- Kabupaten Jember kembali menggelar acara tahunan, Festival Jember Kota Cerutu Indonesia (JKCI) yang kali ke-3. Rangkaian kegiatan dibuka oleh Bupati Hendy Siswanto pada hari Jumat malam (26/11/2021). JKCI tahun 2021 ini mengusung tema "Welcome to Jember” bertujuan memperkenalkan  Jember dari sisi pariwisata, bisnis cerutu sebagai produk unggulan Jember, UMKM dan ekonomi kreatif sebagai pendukungnya.


    Pembukaan acara ini diwarnai dengan pertunjukan musik dan fashion berkelas internasional yang berlangsung meriah. Acara pembukaan Festival JKCI ke 3 tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Jember, Ir. H. Hendy Siswanto, Wakil Bupati Jember, KH. MB. Firjaun Barlaman, Ketua Panitia Festival JKCI, Ir. H. Febrian Ananta Kahar.


    Hadir juga Duta Besar dari Nigeria, Laos, Peru Ukraina, Perwakilan Menteri Luar Negeri, Perwakilan Gubernur Jawa Timur, jajaran Forkopimda Jember, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember dan para pembeli cerutu dari berbagai negara.


    Ketua Panitia JKCI, Febrian A. Kahar menyampaikan, "JKCI bertema 'Welcome to Jember' ini bertujuan mengenalkan Jember dari sisi pariwisata, bisnis cerutu sebagai produk unggulan Jember, UMKM dan ekonomi kreatif, untuk pendorong kebangkitan ekonomi bagi Kabupaten Jember."


    “Pemerintah Indonesia pada 2019 telah menetapkan Jember sebagai Jember Kota Cerutu Indonesia, mendampingi Jember Kota Karnaval Dunia dan Jember Kota Kopi Robusta Indonesia, jadi Jember mempunyai 3 brand," imbuhnya. 


    Febrian menjelaskan, festival kali ini dihadiri oleh 218 undangan secara offline dan online dimana 60 persen dari undangan tersebut dari swasta, pengusaha, penikmat cerutu. Acara Festival JKCI ini akan berlangsung selama 3 hari, mulai tanggal 26 hingga 28 November 2021.


    “Hari pertama adalah pembukaan, acara saat ini terkonfirmasi dihadiri secara langsung oleh 150 orang undangan, hari kedua Cigar Trade and Sunset Smoking terkonfirmasi dihadiri oleh 148 orang undangan, hari ketiga Jember Trade terkonfirmasi dihadiri 109 orang undangan,” jelasnya.


    Bupati Jember Hendy Siswanto dalam festival tersebut memperkenalkan Jember dengan segala potensinya kepada para tamu, Jember mempunyai potensi pertanian dan perkebunan yang unggul dan menjadi lumbung pangan bagi Jawa Timur.


    Potensi lainnya dimiliki Jember di antaranya sektor perikanan dan kelautan, pariwisata yang terus digali dan dikembangkan.


    “Selain sebagai Kota Karnaval, jember juga akan memiliki label baru, yaitu Jember Kota Cerutu dimana sejak jaman penjajahan Belanda, Jember dikenal sebagai penghasil tembakau untuk ekspor dunia dan juga sebagai budaya sosial di Kabupaten Jember, oleh karena itu tembakau dikemas sebagai sajian pariwisata dan ekonomi kreatif melalui Festival JKCI ini,” ungkap Bupati Hendy Siswanto


    Sebagai informasi,  Jember mempunyai produsen cerutu di antaranya PT. MDR (Mangli Djaja Raja) berdiri pada 1960, PT. Kokar Kartanegara berdiri pada 1989, dan PT. BIN Cigar (Boss Image Nusantara) berdiri pada berdiri pada 2013 serta PT. Dwipa Nusantara Tobacco berdiri pada tahun 2019. (*)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Wisata

    +