• Jelajahi

    Copyright © Bedadung
    media news network

    Iklan

    Iklan Beranda

    Google Clasroom Bisa Jadi Salah Satu Solusi Belajar Jarak Jauh

    , Maret 23, 2020 WIB
    Jember, Bedadung.com | Google Clasroom Bisa Jadi Salah Satu Solusi Belajar Jarak Jauh. Aplikasi untuk saat ini banyak beredar di internet, mulai dari yang berbayar hingga yang gratis. Google Classroom (atau dalam bahasa Indonesia yaitu Ruang Kelas Google) adalah suatu serambi pembelajaran campuran yang diperuntukkan terhadap setiap ruang lingkup pendidikan yang dimaksudkan untuk menemukan jalan keluar atas kesulitan dalam membuat, membagikan dan menggolong-golongkan setiap penugasan tanpa kertas.

    Perangkat lunak ini telah diperkenalkan sebagai keistimewaan Google Apps for Education yang di kenalkan sejak 12 Agustus 2014.

    Google class room adalah suatu learning management system yang dapat digunakan untuk menyediakan bahan ajar, tes yang terintegrasi penilaian. Berbeda dengan media pembelajaran yang lain keunggulan media google class room adalah masalah efektifitas dan efisiensi dalam pembelajaran.

    Untuk memulai menggunakan google class room kita terlebih dahulu masuk dalam akun google dan kemudian mencari produk google tersebut. setelah masuk pada akun google classroom kita dihadapapkan pada tiga menu utama yaitu stream /aliran, classwork/aktifitas siswa dan people. Stream adalah fasilitas google class yang dapat digunakan untuk membuat pengumunan, mendiskusikan gagasan atau melihat aliran tugas,materi,quiz dari topik-topik yang diajarkan guru.

    Classwork dapat digunakan guru untuk membuat soal tes, pretes, quiz,menggunggah materi dan mengadakan refleksi. Pada menu people guru dapat mengundang siswa dengan menggunakan kode akses yang telah tersedia pada bilah people, sedangkan untuk mengundang guru lain sebagai kolaborator cukup dengan mengundang guru melalui email masing-masing.

    Materi yang diunggah pada bilah classwork dapat berupa file word, excel, powerpoint, pdf maupun video. Hal ini dilakukan guru untuk mengakomodasi adalanya berbedaan terhadap kecepakan berpikir, latar belakang pengetahuan awal , dan perbedaan pada learning style peserta didik.

    sebagai media pembelajaran google classroom telah terbukti dapat menunjang keberhasilan belajar mengajar karena dapat dipadukan dengan model atau metode apapun.

    Cara mengakses google classroom yang paling mudah adalah lewat playstore kita ketikkan google classroom , download aplikasinya , buka dan instal di handphone masing-masing.

    bentuk tampilan yang muncul di HP adalah persegi warna hijau dengan tulisan google class room. Setelah berhasil didownload, dibuka dan diinstal google class room dapat dimulai dengan mengklik tanda "+" yang ada pada toolbar bagian atas. Ada dua opsi yang akan muncul yaitu membuat kelas dan gabung kelas. Guru dapat membuat kelas dengan mengetik nama kelas , mata pelajaran dan subyek belajar yang dihadapai. (*)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Wisata

    +