• Jelajahi

    Copyright © 2015-Bedadung
    Bedadung

    Iklan

    Opini

    Ini Dia Informasi Mobil Hyundai Terbaru di Indonesia 2022

    Minggu, Maret 20, 2022 WIB Last Updated 2022-03-20T06:25:24Z
    Foto: ​Hyundai Creta 

     

    Hyundai Motor Company atau lebih dikenal dengan Hyundai merupakan salah satu manufaktur otomotif papan atas dunia yang asalnya dari Korea Selatan. Hal ini dibuktikan dengan Hyundai telah menjadi produsen garis depan yang menciptakan sejumlah mobil modern.

    Bukan cuma mobil penumpang, Hyundai ternyata bersama anak perusahaannya, Kia, juga bergerak dalam pembuatan dan distribusi kendaraan rekreasi, kendaraan niaga kecil dan besar beserta suku cadangnya. Dengan kantor pusatnya yang terletak di Seoul, Korea Selatan, Hyundai terus melangkah maju dalam inovasi teknologi, khususnya soal kendaraan bermotor.

    Tak bisa dipungkiri, pencapaian Hyundai di dunia patut diganjar apresiasi tinggi. Sebab, Hyundai mampu menembus pasar internasional yang sebelumnya banyak dikuasai oleh pabrikan asal Jepang. Selain itu, Hyundai pun disebut sebagai perusahaan otomotif yang memiliki pertumbuhan penjualan tercepat di dunia. Hal ini pun membawa Hyundai bertengger di posisi ke enam pada peringkat otomotif global.

    Pada sejarahnya, Hyundai muncul dengan beberapa model mobil yang cukup iknonik dari keluarannya. Contohnya saja Hyundai Cortina tahun 1968. Mobil sedan ini merupakan mobil pertama Hyundai hasil kolaborasi dengan Ford Motor Company.


    Sekilas Tentang Mobil Hyundai di Indonesia

    Masih cukup jelas, awal mula Hyundai masuk ke Indonesia pada 1995. Hyundai masuk ke Tanah Air melalui Agen Pemegang Merek (APM) PT Citra Mobil Nasional. Bersamaan dengan keberadaan Hyundai, Elantra pun mengaspal dan menjadi mobil asal Korea Selatan pertama di Indonesia. Elantra sendiri merupakan hasil perakitan dalam negeri di pabrik Hyundai di Bekasi Barat.

    Setahun kemudian, Hyundai pun mendirikan PT Hyundai Mobil Indonesia dan PT Hyundai Indonesia Motor sebagai perusahaan perakitannya pada 1996. Pada tahun ini pun muncul Hyundai Accent 1.5 SOHC yang ikut menemani eksistensi Hyundai Elantra. Di tahun berikutnya, Hyundai pun menjajaki mobil jenis MPV dengan menghadirkan Starex. Mobil ini kemudian dikenal sebagai mobil penumpang berkapasitas kurang lebih 11 orang.


    Terbentur oleh krisis moneter yang melanda negeri pada 1998, Hyundai pun baru meluncurkan unit lagi pada 2008. Pada tahun ini sejarah Hyundai mencatat kehadiran Hyundai H-1 yang memiliki radius putar paling kecil di kelasnya, yakni 5,6 meter. H-1 juga disebut sebagai suksesor Starex di Indonesia dengan memiliki desain dan kelas yang sama.

    Sekarang, produk Hyundai yang meluncur di Indonesia antara lain adalah Avega, Grand Avega, H-1/Starex, Sonata, i10, Hyundai New Elantra (hanya dipakai oleh kepolisian), dan Tucson. Sebelumnya, model-model yang pernah dijual antara lain Accent, Atoz, Matrix, Getz, Coupe, Grandeur/Azera, Santa Fe, dan i20. Hyundai i20 dihentikan penjualannya bulan April 2012 karena kehadirannya telah digantikan oleh kemunculan Grand Avega.
    Keunggulan Mobil Hyundai

    Tak bisa dipungkiri, keunggulan Mobil Jepang mulai dikejar oleh Mobil buatan pabrik otomotif asal negara tetangganya, Korea Selatan seperti Hyundai dan KIA. Anggapan kurang baik seperti kualitas jelek dan model yang membosankan terhadap mobil-mobil Korea memang kerap didengar pada tahun 1980-an. Akan tetapi kualitas mobil Korea kini sudah semakin jauh membaik, terutama sejak awal tahun 2000-an. Mobil-mobil ini pun mulai bersaing di pasar Indonesia. Orang-orang saat ini sudah tidak ragu lagi untuk memiliki mobil keluaran Hyundai atau KIA. Apa saja keunggulan mobil Korea ini? Hampir sama dengan mobil Jepang, mobil Korea ini juga didesain untuk hemat bahan bakar. Perbaikan pun dilakukan pada bagian suspensi dan lain sebagainya.

    Produk-produk Hyundai dan Kia juga menjadi penantang untuk para produsen Jepang. Lihat saja Hyundai yang kini mengandalkan Accent atau Vega untuk kelas sedan. Harganya yang murah meriah membuat konsumen banyak memburu mobil ini.

    Di sisi lain sparepart mobil korea tidak dijual di sembarang tempat. Hal ini tentunya mempunyai keuntungan untuk meminimalisir sparepart palsu.
    Daftar Harga Mobil Hyundai di Indonesia

    Mobil Hyundai memiliki sejumlah tipe seperti SUV dan MPV. Berikut daftar harga mobil Hyundai Indonesia terbaru dari berbagai tipe.
     

    1. Hyundai Grand i10


    Hyundai New Grand i10 adalah jenis mobil Hyundai paling kecil bertipe city car. Meski mobil ini termasuk kategori mobil yang kecil, tetapi justru memiliki kelebihan seperti beradaptasi di jalan perkotaan terutama saat macet.

    New Grand i10 mempunyai desain bodi depan berupa grille honeycom baru serta bumper depan dilengkapi dual tone dan LED DRL sekaligus FOG Lamp, sehingga menjadikan mobil ini berkesan sporty minimalis. Sedangkan interiornya memberikan kenyamanan karena adanya kabin luas serta warna kabin yang memakai dual tone color.

    New Grandi10 ini juga dibekali teknologi Hyundai Reinforced Body Structure yang bermanfaat untuk melindungi penumpang saat berkendara. Pada bagian lainnya, mobil ini juga dilengkapi front lower protector bumper dan strip berwarna merah serta skid plate.

    Bagian velgnya menggunakan velg 14 inci berwarna hitam glossy, dengan diamond cut polished. Hyundai New Grandi10 tersedia dalam dua jenis transmisi yaitu manual dan automatic.

    Harga Hyundai New Grand i10
    NEW GRAND i-10 GLX MT     Rp 184.000.000
     

    2. Hyundai Kona


    Kona adalah jenis mobil Hyundai SUV yang menghadirkan desain futuristik dan stylish, sehingga terkesan lebih modern dan kekinian. Mobil ini memiliki performa impresif dengan mesin berkapasitas 2000cc sehingga dapat menghasilkan tenaga cukup besar.

    Bagian depan Hyundai Kona mempunyai grill cukup besar berwarna hitam dan berparu balutan chrome pada beberapa sisi. Uniknya, mobil ini memiliki headlamp kembar disertasi lampu LED desain mata sipit sehingga terkesan futuristik.

    Hyundai Kona juga memiliki velg dengan desain unik yang berbeda dengan desain velg mobil pada umumnya. Bagian atas mobil Hyundai ini dibuat seperti mobil Coupe agar terkesan sporty dan atraktif. Mobil ini memang lebih unggul dari segi mesin, desain yang fresh serta fitur yang lengkap.

    Harga Hyundai Kona
    2.0 Single Tone AT     Rp 389.000.000
    2.0 Two Tone AT     Rp 393.000.000
    Electric Signature AT     Rp 697.000.000
     

    3. Hyundai Tucson


    Hyundai New Tucson adalah salah satu mobil unggulan dari Hyundai, yang disebut-sebut merupakan pesaing berat Honda CRV. Tak heran jika harga mobil Hyundai Tucson hampir setara dengan harga mobil besutan Honda tersebut.

    Hyundai New Tucson dibekali dengan fitur serta spesifikasi yang terbaik. Bahkan New Tucson juga memperoleh versi limited edition yang memberikan dentuman suara berkat sistem audio JBL. Tidak heran jika harga New Tucson limited edition memang lebih mahal dibandingkan versi yang biasa.

    Harga Hyundai New Tucson
    New Tucson Gasoline GLS AT AT     Rp 464.000.000
    New Tucson CRDi GLS AT     Rp 523.000.000
     

    4. Hyundai Starex


    Hyundai Starex Mover merupakan jenis mobil yang dilengkapi kursi penumpang dalam jumlah banyak, dengan kabin yang luas. Mobil ini bisa memuat penumpang sebanyak 11 orang dan masih tersisa ruang kosong untuk menyimpan barang.

    Mobil Starex tidak hanya cocok sebagai mobil penumpang, tetapi juga untuk keperluan lainnya seperti mobil ambulance, dan hal ini sudah dilakukan oleh pemerintah DKI Jakarta. Harga mobil Starex ditawarkan di kisaran Rp 300 jutaan ke atas.

    Namun harga tersebut sebanding dengan spesifikasi maupun fitur yang ditawarkan. Seperti mesin yang handal, fitur keamanan yang lengkap hingga kabin serta kursi penumpang yang nyaman.

    Harga Hyundai Starex Mover
    Minibus CRDi MT     Rp 434.500.000
    Ambulance CRDi MT     Rp 422.000.000
     

    5. Hyundai H1


    Bagi penggemar mobil mewah, sebaiknya pertimbangkan untuk membeli Hyundai New H-1. Mobil ini dibekali dengan mesin Gasoline 2.4 Mpi serta mesin diesel 2.5 CRDi e-VGT yang keduanya memakai transmisi automatic.

    Hyundai New H-1 tipe Elegance dapat memuat penumpang hingga 11 orang. Sedangkan untuk New H-1 tipe XG hanya bisa memuat 8 orang penumpang saja. Adapula tipe Royale yang dapat memuat penumpang sebanyak 7 orang.

    Jika dilihat dari segi eksteriornya, mobil Hyundai H1 ini memang sudah dilengkapi desain terbaru serta tampak berbeda dari generasi sebelumnya. Hyundai New H-1 sudah memakai bumper depan terbaru menggunakan chrome coated radiator griller dengan desain horizontal.

    Selain itu, digunakan juga desain electric outside folding mirror beserta LED Side Repeator yang membuat tampilan mobil ini jadi semakin berkelas.

    Harga Hyundai New H-1
    Elegance CRDi AT     Rp 508.000.000
    XG CRDi PSD AT     Rp 547.500.000
    Royale Limited CRDi AT     Rp 621.000.000
    XG Gasoline PSD AT     Rp 506.000.000
    Royale Limited Gasoline AT     Rp 580.000.000
     

    6. Hyundai Santa Fe


    Hyundai New Santa Fe pernah memperoleh predikat sebagai mobil favorit pada ajang GIIAS 2018. Bahkan penjualannya di Indonesia juga cukup laris, meskipun harga mobil Hyundai Santa Fe dibanderol cukup mahal, sekitar 500 juta rupiah.

    Tentu saja antusias konsumen yang tinggi untuk membeli New Santa Fe ini tidak terlepas dari berbagai fitur serta spesifikasi yang ditawarkan. Kalau mencari mobil bertenaga gahar dan nyaman terutama untuk perjalanan ke luar kota, New Santa Fe Diesel merupakan salah satu pilihan terbaik.

    Dari segi mesin, New Santa Fe ini memiliki 2 pilihan mesin yaitu gasoline 2.4 MPID-CVTT beserta transmisi automatic 6 speed, dan mesin Diesel R2.2 CRDI EVGTurbo yang dilengkapi transmisi automatic 8 speed.

    Harga Hyundai New Santa Fe
    Gasoline G 2.5 Style     Rp 569.000.000
    Gasoline G 2.5 Prime     Rp 599.000.000
    Gasoline G 2.5 Signature     Rp 678.000.000
    Diesel D 2.2 Style     Rp 629.000.000
    Diesel D 2.2 Prime     Rp 659.000.000
    Diesel D 2.2 Signature     Rp 729.000.000
     

    7. Hyundai Ioniq


    Ioniq Electric merupakan mobil listrik Hyundai yang dibekali dengan Electric Power Control Unit (EPCU) yang menjadi otak dibalik performa dan ketangguhannya di jalanan.

    EPCU ini akan memastikan pengaturan sistem yang kompleks pada kelistrikan dan elektronik Ioniq Electric dapat bekerja dengan maksimal.

    Harga Hyundai Ioniq Electric
    Signature AT     Rp 677.000.000
    Prime AT     Rp 637.000.000
     

    8. Hyundai Kona Electric


    Jika kamu mencari mobil Hyundai murah, tipe mobil Hyundai Kona Electric yang termasuk dalam kategori mobil EV ini bisa jadi pilihan.

    Hyundai Kona Electric menggunakan motor listrik sinkron bermagnet permanen dengan efisiensi tinggi sebesar 100 kW (136PS) yang disuplai oleh baterai lithium ion 39,2 kWh, dan menghasilkan torsi 395Nm yang didistribusikan melalui roda depan.

    Kona Electric dilengkapi dengan Drive Mode Select, Rear View Monitor with Dynamic Parking Guides, Parking Distance Warning, Tire Pressure Monitoring System, Hill Start Assist (HSA), 6-point air-bag, dan Electronic Parking Brake.

    Seperti, model Hyundai Ionic, Hyundai Kona Electric juga menerapkan sistem Shift-by-wire, yang menghilangkan proses mekanis dan memungkinkan perpindahan gigi hanya dengan menyentuh sebuah tombol dan rem parkir, juga melalui sebuah tombol.

    Kona Electric memiliki bentuk yang sporty pada bagian muka berkat grill menutup, dengan lampu khas unik yang berasal dari lampu depan LED ke Day Running Light (DRL), yang jadi ciri khas mobil listrik Hyundai.

    Harga Hyundai Kona Electric
    Hyundai Kona 2.0L     Rp393 Juta
     

    9. Hyundai Palisade


    Hyundai Palisade dibekali dengan transmisi otomatis 8 percepatan shift-by-wire (SBW), dengan drive mode COMFORT untuk mendukung segala jenis kegiatan dan aktivitas rutin pengendaranya.

    Selain itu, tersedia juga drive mode ECO untuk mengatur efisiensi penggunaan bahan bakar, drive mode SPORT untuk akselerasi mobil agar memiliki performa yang lebih cepat, hingga drive mode SMART yang memiliki algoritma otomatis, untuk menyesuaikan interval perpindahan gigi. Perlu diketahui, Hyundai Palisade adalah pilihan mobil SUV yang sangat cocok untuk dipakai oleh keluarga besar.

    Harga Hyundai Palisade
    D 2.2 Prime AT     Rp 788.000.000
    D 2.2 Signature AT     Rp 899.000.000
    D 2.2 Signature 4WD AT     Rp 1.099.000.000
     

    10. Hyundai Staria


    Hyundai STARIA memiliki desain dengan karakteristik pesawat ruang angkasa yang ditampilkan melalui jendela lebar di sisi kendaraan dan posisi garis sabuk yang lebih rendah untuk meningkatkan visibilitas keseluruhan dan kesan lapang.

    Ketinggian kabin juga dioptimalkan untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan, sehingga ideal bagi para pebisnis dan juga keluarga yang sedang bepergian.

    Selain itu, tema desain dari STARIA juga diterapkan pada bagian belakang, menampilkan jendela lebar yang dikelilingi oleh lampu belakang vertikal memanjang.

    STARIA menawarkan performa mesin yang unggul dengan hadirnya powertrain yang efisien dan ramah lingkungan, yakni mesin diesel R2.2 VGT dengan transmisi otomatis 8-percepatan.

    Tipe powertrain yang disematkan ini memungkinkan STARIA memperoleh performa maksimal hingga 177 PS/3.800 rpm dan torsi maksimal 430 Nm/1.500-2.500 rpm.

    Harga Hyundai STARIA
    STARIA Signature 7     Rp 1.020.000.000
    STARIA Signature 9     Rp 888.000.000
     

    11. Hyundai Creta


    Hyundai Creta ini didesain untuk memenuhi kebutuhan masyarakt Indonesia dengan dilengkapi dengan fitur Hyundai SmartSense. Fitur Hyundai Bluelink nantinya juga diterapkan pada mobil baru ini, yang bisa memenuhi keinginan pelanggan dalam memilih desain sesuai selera mereka.

    Tampilan eksterior Hyundai Creta ini terbilang mewah, di mana lampunya tidak akan terlihat jika dalam keadaan mati. Bagian grill mobil baru ini juga terlihat begitu elegan.

    Sedangkan pada bagian kabinnya, mobil baru ini menggunakan struktur horizontal dashboard membentuk lekukan sayap yang terlihat lebih dinamis, berani dan menambah perlindungan bagi penumpang. Hyundai Creta dikabarkan memiliki kapasitas 416 liter dan bisa dimaksimalkan hingga 1.384 jika bangku baris kedua dilipat.

    Harga Mobil Hyundai Creta
    Active MT 6-Speed     Rp 279.000.000
    Trend MT 6-Speed     Rp 299.000.000
    Trend IVT     Rp 319.000.000
    Style IVT     Rp 359.000.000
    Prime IVT     Rp 397.500.000
    Prime IVT Two Tone Roof     Rp 399.000.000
     

    Pertanyaan Umum Seputar Harga Mobil Hyundai di Indonesia

    Beberapa pertanyaan berikut ini kerap menjadi hal yang paling sering dicari dan dipertimbangkan saat memilih mobil Hyundai mana yang akan dibeli.


    Berapa harga mobil Hyundai termahal?


    Untuk harga mobil Hyundai termahal adalah harga mobil Hyundai Palisade yang dibanderol dengan harga Rp788 Jt – Rp1.099 Milyar.


    Berapa harga mobil Hyundai termurah?


    Sementara, harga mobil Hyundai termurah, yaitu Grand i10 seharga Rp184 juta.

    Setelah memperhatikan spesifikasi dan tipe mobil, kamu juga perlu memperhatikan asuransi mobil ketika sudah membeli mobil Hyundai impianmu. Sebab, dengan memiliki asuransi mobil, kamu bisa meminimalisir risiko pengeluaran yang melambung tinggi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan, rusak, lecet, atau hilang.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Iklan

    Wisata

    +

    Iklan