• Jelajahi

    Copyright © 2015-Bedadung
    Bedadung

    Iklan

    Opini

    Apa Itu Beasiswa Bidikmisi 2022 dan Bagaimana Cara Mendapatkannya

    Minggu, Maret 27, 2022 WIB Last Updated 2022-03-27T02:24:22Z
    Foto: Beasiswa Bidik Misi 2022 

    Beasiswa Bidikmisi, siswa SMA/SMK/MA sederajat yang akan lulus pada tahun 2022/2023 ini. Lulusan tahun 2016 dan bukan penerima Bidikmisi dan juga tidak bertentangan dengan berbagai ketentuan mengenai penerimaan mahasiswa baru pada masing-masing perguruan tinggi. Memiliki usia paling tinggi 21 tahun pada saat mendaftar.

     

    Bidikmisi adalah program beasiswa Dikti berupa pemberian bantuan biaya hidup dan biaya pendidikan kepada calon mahasiswa yang sesuai kriteria berikut :

    •     Berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi
    •     Memiliki prestasi akademik yang baik
    •     Memiliki minat yang tinggi untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi.
    •     Mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah



    Calon mahasiswa yang demikian mendapatkan kesempatan untuk mengikuti program bidikmisi.

     

    Progam bidikmisi ini disalurkan ke banyak Perguruan Tinggi Indonesia, baik Perguruan Tinggi Negeri ataupun Perguruan Tinggi Swasta. Bidikmisi yang disalurkan untuk Perguruan Tinggi Negeri dibuka melalui jalur penerimaan calon mahasiswa baru yang berupa jalur SNMPTN, SBMPTN, SNMPN, serta jalur mandiri PTN. 

     

    Sedangkan Bidikmisi yang disalurkan untuk Perguruan Tinggi Swasta dibuka melalui jalur penerimaan mahasiswa baru berupa jalur mandiri PTS.

     

    Bagi anda yang berminat mengikuti seleksi Bidikmisi dan memenuhi beberapa kriteria yang telah disebutkan di atas, silahkan mendaftarkan diri dengan mengikuti alur pendaftaran berikut ini.



    A. Alur Pendaftaran Bidikmisi

    Alur yang dapat anda ikuti untuk mendaftar Bidikmisi terdiri dari alur berikut ini.

    • Untuk bisa mendaftar Bidikmisi, maka calon mahasiswa terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah.
    • Setelah mendapatkan rekomendasi, maka selanjutnya calon mahasiswa bisa mendaftar bidikmisi secara online melalui alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id
    • Setelah selesai mendaftar Bidikmisi, maka selanjutnya mendaftarkan diri mengikuti pada jalur seleksi yang dibuka oleh Perguruan Tinggi yang anda tuju. Misalnya jalur SNMPTN, SBMPTN, SNMPN, SBMPN, Jalur Mandiri PTN atau Jalur Mandiri PTS.




    Itulah alur pendaftaran bidikmisi yang dapat anda ikuti. Selanjutnya anda perlu memperhatikan beberapa persyaratan pendaftaran Bidikmisi. Berikut persyaratan selengkapnya.

     

    B. Persyaratan Pendaftaran Bidikmisi
    1. Siswa SMA / SMK  /MA / MAK atau yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2022
    2. Lulusan tahun 2021 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing Perguruan Tinggi.
    3. Usia maksimal pada saat mendaftar adalah 21 tahun.
    4. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria sebagai berikut :
      • Siswa penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM) atau Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau sejenisnya; atau
      • Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali (suami istri) maksimal sebesar Rp 3.000.000,00 per bulan dan atau pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp 750.000,00 setiap bulannya.
    5. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S-1 (Sarjana) atau Diploma 4.
    6. Berpotensi akademik baik berdasarkan rekomendasi dari kepala sekolah.
    7. Pendaftar Bidikmisi diberi kesempatan untuk memilih salah satu jalur penerimaan Bidikmisi PTN atau PTS dengan memilih jalur (1) Bidikmisi SNMPTN, (2) Bidikmisi SBMPTN, (3) Bidikmisi jalur mandiri PTN, (4) Bidikmisi Politeknik (SNMPN), UT, dan ISI, (5) Bidikmisi jalur mandiri PTS.


    Itulah beberapa persyaratan pendaftaran Bidikmisi yang harus anda penuhi, selanjutnya anda bisa melakukan pendaftaran online Bidikmisi dengan cara yang admin jelaskan berikut ini.

     

    C. Langkah-langkah Pendaftaran Online Bidikmisi

    Pendaftaran  Bidikmisi dapat dilakukan secara online, semi online, maupun offline. Untuk siswa atau sekolah yang mudah menhakses jaringan internet, maka pendaftaran Bidikmisi dilakukan secara online.

    Disini yang kita bahas adalah pendaftaran Bidikmisi secara online. Pendaftaran online Bidikmisi ini diawali oleh Sekolah yang mendaftarkan siswanya, kemudian siswa melanjutkan dengan pendaftaran online secara mandiri ke website remi Bidikmisi. Langkah-langkah pendaftaran online Bidikmisi dijelaskan berikut ini.
     

    a. Langkah-langkah Pendaftaran Online Bidikmisi Oleh Sekolah
    1. Buka alamat resmi pendaftaran online Bidikmisi untuk sekolah, yaitu http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/sekolah/
    2. Pada halaman tersebut terdapat 2 pilihan, yaitu fitur untuk sekolah yang telah mendaftar dan mendapatkan akun dan juga fitur untuk sekolah yang belum pernah mendaftar Bidikmisi.
      • Jika sekolah anda pernah mendaftar dan mempunyai akun Bidikmisi, langsung saja login dengan memilih fitur "sudah terdaftar".
      • Jika Sekolah anda belum pernah mendaftar Bidikmisi sebelumnya, Pilih fitur"belum terdaftar".
    3. Bagi sekolah yang belum memiliki akun Bidikmisi, maka terlebih dahulu melakukan pengisian data sekolah dengan melampirkan hasil scan beberapa berkas pendaftaran berupa identitas dan prestasi sekolah untuk mendapatkan nomor Kode Akses Sekolah
    4. Setelah mendapatkan Kode Akses Sekolah, kemudian login ke alamat http://bidikmisi.belmawa.ristkdikti.go.id/sekolah/ menggunakan NPSN dan Kode Akses Sekolah denga memilih fitur "sudah mendaftar"
    5. Kemudian melakukan pengisian data-data calon peserta Bidikmisi.
    6. Setelah merekomendasikan peserta Bidikmisi, kemudian sekolah akan mendapatkan nomor pendaftaran dan kode akses untuk masing-masing peserta Bidikmisi.
    7. Masing-masing peserta Bidikmisi akan diberi nomor pendaftaran dan kode akses dari sekolah
    8. Selanjutnya  peserta Bidikmisi melakukan pendaftaran online Bidikmisi secara mandiri.

     

    b. Langkah-langkah Pendaftaran Online Bidikmisi Oleh Siswa
    1. Buka alamat situs resmi pendaftaran Bidikmisi untuk login siswa yaitu http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/siswa/
    2. Login menggunakan nomor pendaftaran dan kode akses siswa yang telah didapatkan dari sekolah
    3. Kemudian peserta Bidikmisi mengisi biodata diri dengan lengkap dan benar.
    4. Jika telah selesai dan sesuai dengan identitas diri anda, cetaklah kartu tanda peserta Bidikmisi.
    5. Siswa yang telah melakukan pendaftaran Bidikmisi, kemudian mendaftarkan diri mengikuti seleksi jalur nasional atau jalur mandiri sebagai salah satu syarat Bidikmisi, yaitu mengikuti seleksi Bidikmisi SNMPTN, Bidikmisi SNMPN, Bidikmisi SBMPTN, Bidikmisi jalur Mandiri PTN, Bidikmisi jalur Mandiri PTS, Bidikmisi UT, dan Bidikmisi ISI.



    Setelah mendaftar Bidikmisi, anda akan mendapatkan username/password/KAP/PIN. Gunakan username / password / KAP / PIN tersebut untuk melakukan pendaftaran jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh Perguruan Tinggi yang anda tuju. Anda harus mengikuti seleksi melalui jalur SNMPTN, SBMPTN SNMPN, Jalur Mandiri PTN, atau Jalur Mandiri PTS sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan Bidikmisi.


    Berikut akan dijelaskan beberapa jalur penyaluran Bidikmisi, baik melalui jalur nasional maupun jalur mandiri. Pahami informasi selengkapnya berikut ini.
     

    D. Jalur Pendaftaran Bidikmisi

    1. Pendaftaran Bidikmisi SNMPTN

    Jika anda akan mendaftarkan diri mengikuti seleksi Bidikmisi SNMPTN, maka anda harus memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah, selanjutnya anda bisa melakukan pendaftaran ke alamat website Bidikmisi. Ikuti proses pendaftaran sampai selesai seperti yang telah dijelaskan di atas. Setelah mendaftar Bidikmisi, selanjutnya anda melakukan Pendaftaran SNMPTN melalui alamat www.snmptn.ac.id 


    2. Pendaftaran Bidikmisi SBMPTN

    Untuk anda yang ingin mengikuti seleksi Bidikmisi SBMPTN, maka anda juga harus mendaftarkan diri terlebih dahulu ke alamat Bidikmisi seperti langkah-langkah di atas. Setelah selesai mendaftar Bidikmisi, selanjutnya anda akan mendapatkan KAP dan PIN. Gunakan KAP dan PIN untuk login pendaftaran SBMPTN. Pendaftaran SBMPTN dilakukan melalui alamat website SBMPTN yaitu www.sbmptn.ac.id. Ikuti proses pendaftaran SBMPTN sampai selesai.

    3. Pendaftaran Bidikmisi SNMPN

    Bagi anda yang ingin kuliah di Politeknik Negeri dan Ingin mengikuti seleksi Bidikmisi, maka anda bisa mengikuti jalur Bidikmisi SNMPN. Terlebih dahulu anda harus mendapatkan rekomendasi dari Sekolah untuk mendaftar Bidikmisi. Ikuti proses pendaftaran seperti yang dijelaskan di atas. Selanjutnya mendaftar SNMPN melalui alamat snmpn.politeknik.or.id.

    4. Pendaftaran Bidikmisi SBMPN

    SBMPN merupakan salah satu jalur seleksi masuk ke Politeknik Negeri se-Indonesia. Bagi calon peserta yang ingin mengikuti pendidikan di Politeknik Negeri melalui jalur SBMPN ini, namun masih kebingungan masalah biaya pendidikan nantinya, maka dapat mengusulkan diri untuk mengikuti program Bidikmisi SBMPN.

    Informasi Bidikmisi SBMPN dapat dilihat langsung dimasing-masing Politeknik Negeri tujuan anda.

    5. Pendaftaran Bidikmisi Jalur Mandiri PTN / PTS

    Selain jalur nasional diatas, anda juga bisa mendaftar bidikmisi melalui jalur mandiri PTN / PTS. Informasi bidikmisi jalur mandiri PTN / PTS bisa anda dapatkan melalui alamat website masing-masing PTN / PTS. Langkah pertama mendaftarlah bidikmisi, kemudian mendaftar jalur mandiri yang dibuka oleh masing-masing PTN / PTS. Ikuti ujian seleksi pada jadwal yang ditentukan. Jika anda lulus seleksi, maka panitia akan melakukan seleksi Bidikmisi tahap selanjutnya.

    Namun perlu diketahui bahwa tidak semua jalur mandiri PTN / PTS sebagai jalur seleksi bidikmisi. Untuk itu, anda perlu mendapatkan informasinya di website masing-masing PTN / PTS atau bisa anda tanyakan pada panitia masing-masing PTN / PTS.


    6. Pendaftaran Bidikmisi UT

    Pada tahun ini, dibuka pendaftaran Bidikmisi UT. Bagi anda yang berasal dari keluarka kurang mampu secara ekonomi yang ingin kuliah di UT, silahkan daftarkan diri anda mengikuti jalur seleksi Bidikmisi UT.


    7. Pendaftaran Bidikmisi ISI

    Jika anda berasal dari keluarga kurang mampu yang ingin melanjutkan pendidikan ke Institut Seni Indonesia (ISI), maka anda dapat mengajukan permohonan untuk mengikuti seleksi Bidikmisi ISI.


    8. Pendaftaran Bidikmisi SPAN-PTKIN

    Untuk anda yang memiliki prestasi baik yang ingin masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, namun terkendala masalah biaya pendidikan, maka dapat mendaftarkan diri mengikuti Program Bidikmisi Jalur SPAN-PTKIN.


    Informasi selanjutnya mengenai Bidikmisi SPAN-PTKIN dapat anda lihat di website PTKIN masing-masing yang membuka Bidikmisi.


    9. Pendaftaran Bidikmisi Jalur UM-PTKIN

    Untuk anda yang memiliki prestasi sedang-sedang saja yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, namun terkendala juga dengan biaya pendidikan, maka dapat mengusukan untuk mengikuti program Bidikmisi UM-PTKIN.

     

    Informasi lebih lanjut mengenai Bidikmisi UM-PTKIN dapat anda lihat di website PTKIN masing-masing yang membuka Bidikmisi.

     

    Selain itu, ada pula Bidikmisi jalur Mandiri PTKIN yang informasinya dapat anda lihat langsung di website resmi masing-masing PTKIN tujuan anda.

     

    Dari sekian banyak jalur Bidikmisi yang tersedia, silahkan anda ikuti salah satu yang kira-kira dapat memberikan peluang lebih besar untuk diterima.

     
     

     

     

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Iklan

    Wisata

    +

    Iklan