• Jelajahi

    Copyright © 2015-Bedadung
    Bedadung

    Iklan

    Opini

    Kartu Prakerja Gelombang 23 Dibuka, Ini Cara Daftarnya

    Jumat, Februari 18, 2022 WIB Last Updated 2022-02-17T23:25:36Z
    Pendaftaran program Kartu Prakerja Gelombang ke-23 telah dibuka 

     

    Pendaftaran program Kartu Prakerja Gelombang ke-23 telah dibuka secara resmi pada hari Kamis (17/2/2022), pukul 14.15 WIB. Pemerintah mendorong masyarakat yang berminat dan memenuhi syarat untuk segera mendaftar di situs resmi Kartu Prakerja.

     

    "Dengan mengucap bismillahirahmanirahim, pada hari ini, saya menyatakan bahwa program Kartu Prakerja Gelombang 23 secara resmi dibuka. Selamat mengikuti Program Kartu Prakerja tahun 2022, mari melangkah maju, menjadi lebih baik, dan siap dari sekarang," ucap Menteri Perekonomian Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers virtual, Kamis.

     

    Untuk mendapatkan manfaat Kartu Prakerja, calon penerima harus mendaftar di situs www.prakerja.go.id. Pada program Kartu Prakerja gelombang 23, terdapat kuota peserta 500.000 orang. Syarat penerima Kartu Prakerja adalah Warga Negara Indonesia berusia 18-64 tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

    Kartu Prakerja masih akan memprioritaskan masyarakat yang belum menerima bantuan sosial. Selain itu, Program Kartu Prakerja juga akan memberikan alokasi bagi 50.000 calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI).

    Sesuai dengan Peraturan Menteri Koordinator Perekonomian Nomor 11 Tahun 2020, setiap peserta Kartu Prakerja wajib menggunakan bantuan untuk mengikuti pelatihan pertama dalam waktu 30 hari sejak menerima Kartu Prakerja. Apabila tidak melakukan hal ini, maka kepesertaannya akan dicabut.

    Lebih lanjut kata Airlangga, sejak dibuka pada 11 April 2011, jumlah penerima Program Kartu Prakerja telah mencapai 11,4 juta orang dari 22 gelombang pendaftaran. Sebanyak 87 persen penerima belum pernah ikut pelatihan sebelumnya.

     

    Secara rata-rata peserta memberikan nilai 4,9 dari skala 5 untuk pelatihan yang telah diambil. Hasil evaluasi belajar peserta menunjukkan kenaikan skor pre-test dibanding post-test yaitu 53 ke 68.

     

    Dalam kesempatan itu, Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengatakan bahwa saat ini sudah ada fitur pencarian pelatihan dan pencarian lowongan pekerjaan di dashboard penerima Kartu Prakerja. Pelatihan dapat dicari berdasarkan harga, rating, durasi, level, dan metode. 

     

    "Dengan machine learning, peserta bisa melihat rekomendasi pelatihan yang sesuai dengan minat. Peserta juga bisa melihat info lowongan pekerjaan yang sesuai dengan pelatihan yang telah diambil, sehingga antara sisi penawaran dan permintaan jadi terhubung," kata Denni.

     

    Bagi masyarakat yang minat ikut Program Kartu Prakerja gelobang 23, simak cara pendaftarannya sebagai berikut:

     

    Kunjungi www.prakerja.go.id lalu ikuti proses berikut:

    1. Buat Akun
    - Masukkan email
    - Masukkan data KTP, Kartu Keluarga, nomor ponsel serta data diri kamu lainnya untuk diverifikasi
    - Ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar

     

    2. Gabung gelombang
    - Klik “Gabung Gelombang”
    - Klik pernyataan persetujuan
    - Dapatkan konfirmasi telah gabung gelombang 23

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Iklan

    Wisata

    +

    Iklan