• Jelajahi

    Copyright © Bedadung
    media news network

    Iklan

    Iklan Beranda

    Ikan Gabus, Punya Manfaat Untuk Membantu Penyembuhan Berbagai Penyakit

    , Februari 21, 2022 WIB

    Manfaat ikan gabus khususnya untuk kesehatan menjadi cukup kontroversial belakangan ini. Hal tersebut setelah banyak penelitian yang membuktikan, bahwa didalamnya terkandung jenis protein albumin yang paling tinggi dibandingkan yang terdapat di dalam jenis ikan lainnya. Dan tak tanggung-tanggung manfaatnya ini sangat baik untuk anak, dewasa bahkan ibu hamil. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, anda bisa menyimak informasi berikut.


    Ikan gabus (Channa Striata) adalah salah satu jenis ikan tawar, yang bisa kita temukan di perairan Indonesia seperti sungai, danau, rawa bahkan sawah. Habitatnya yang mudah di temukan juga kandungan nutrisinya yang cukup melimpah, menjadikan ikan ini cukup populer di  dan di gandrungi masyarakat. Bahkan pada saat ini, tak sedikit juga dari pada masyarakat yang membudidayakan ikan yang satu ini dengan harga pasar cukup tinggi yakni Rp. 60.000- Rp. 70.000/kg nya.


    Di beberapa daerah Indonesia, ikan ini memiliki panggilan yang berbeda-beda. Seperti halnya di pulau jawa, ikan ini di sebut ikan bogo. Lantaran bentuknya yang besar hingga memiliki kepanjangan 1 meter. Selain itu, ikan ini juga sering kali di panggil ikan kutuk, dan lainnya.


    Jika dilihat secara sekilas, ikan gabus memiliki bentuk seperti ikan lele. Bahkan ikan inipun bisa bertahan hidup di darat dalam tempo yang cukup lama, sebab ikan gabus sendiri di ketahui bisa bernafas secara langsung dengan udara luar. Namun yang membedakannya ikan gabus sendiri tidak memiliki kumis dan warnanya tidak terlalu gelap layaknya yang terdapat pada ikan lele.


    Selain habitatnya yang mudah di temukan, kepopuleran ikan gabus juga semakin memuncak setelah diketahui didalamnya mengandung banyak sekali kandungan nutrisi dan senyawa yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Ikan ini sendiri diketahui sebagai ikan yang memiliki protein albumin tertinggi dibanding dengan jenis ikan lainnya seperti lele, ikan bandeng, ikan mas, ikan nila dan lainnya.


    Apa itu itu albumin?

    Albumin merupakan jenis protein utama yang terdapat di dalam darah manusia. Adapun fungsi utama dari protein yang di produksi oleh hati ini adalah untuk mengatur tekanan osmotik yang terdapat di dalam darah, menjaga kesimbangan cairan di dalam tubuh hingga sebagai pengangkut berbagai nutrisi dan juga hormon.


    Keseimbangan albumin dalam tubuh sendiri sangat dibutuhkan untuk menjaga agar cairan yang terdapat di dalam darah tidak bocor ke jaringan tubuh yang dapat bersifat fatal. Bahkan jika kadar albumin rendah dapat mengindikasi sejumlah masalah kesehatan diantaranya seperti peradangan, penyakit hati, malnutrisi, sindrom nefritis, radang usus hingga penyakit celiac.


    Adapun untuk mengantisipasi bahaya kekurangan albumin tersebut, anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung sumber albumin tinggi seperti ikan gabus. Bahkan tak hanya albumin, masih banyak kandungan ikan gabus lainnya yang bisa anda lihat dalam tabel berikut.

    Komponen kimiaIkan gabus segarikan gabus kering
    Kalori (kal)69 24
    Protein (g)25,258,0
    Lemak (g)1,74,0
    Besi (mg)0,90,7
    Kalsium (mg)6215
    Fosfor (mg)176100
    Vitamin A (SI)150100
    Vitamin B1 (mg)0,040,10
    Air (g)6924
    BDD (%)6480

    *Sumber: Sediaoetama, 1985



    Nah, dari berbagai kandungan senyawa dan nutrisi tersebut tak heran jika ikan yang sering di sebut ikan kutuk ini berbagai khasiat yang cukup melimpah dan lengkap baik untuk kesehatan tubuh, anak maupun ibu hamil.


    Berikut adalah bermangai manfaat dari ikan gabus bagi kesehatan secara menyeluruh yang patut anda ketahui.


    1. Meningkatkan albumin tubuh

    Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya, bahwa manfaat ikan gabus merupakan sumber protein albumin yang cukup tinggi, sehingga bisa membantu meningkatkan kadar albumin didalam darah.


    2. Membantu pembentukan dan pertumbuhan otot

    Kandungan protein yang terdapat di dalam ikan gabus di ketahui lebih tinggi di bandinkan ikan lele, daging ayam dan daging sapi. Adapun hal tersebut tentunta menguntungkan bagi anda sebab banyak membantu dalam proses pembentukan otot pada tubuh anda.


    3. Mempercepat penyembuhan luka

    Daging ikan gabus yang kaya akan kandungan protein albumin juga memiliki peranan penting dalam proses penyembuhan luka tubuh khususnya bekas luka operasi maupun caesar. Kandungan tersebut mampu membantu pembentukan sel dan jaringan baru pada bagian tubuh yang telah ruusak akibat operasi dan lainnya.


    4. Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh

    Zat albumin juga diktahui berfungsi dalam menjaga kestabilan regulasi cairan di dalam tubuh. Jika tubuh anda mengalami kekurangan cairan, maka protein yang masuk ke dalam tubuh akan pecah dan tidak dapat berfungsi secara normal.


    5. Menyehatkan pencernaan

    Tak hanya lezat untuk di santap, ikan yang memiliki struktur daging yang lebih empuk ini sehat untuk dikonsumsi tanpa perlu mengkhawatirkan pencernaan karena ia sangat mudah dicerna. Hal tersebut lantaran manfaat ikan gabus sendiri mengandung protein kolagen yang lebih rendah dibandingkan kadar protein yang terdapat didalam ternak ikan lainnya. Tepatnya hanya 3% hingga 5% dari total kandungan protein kolagen.


    6. Membantu penyembuhan penyakit

    Beberapa ahli menyebutkan bahwasannya dengan mengonsumsi ikan yang kaya albumin ini bisa membantu mempercepat proses penyembuhan berbagai jenis penyakit seperti hepatitis, infeksi paru, thyous, diabetes, stroke dan masih banyak lagi yang lainnya.


    7. Nutrisi pendamping anak autis

    Manfaat ikan gabus juga diketahui memiliki kandungan senyawa yang berfungsi sebagai asupan nutrisi sampingan untuk membantu penyembuhan anak pengidap autis.


    8. Mengatasi pembengkakan pada tubuh

    Selain untuk mempercepat luka, kadar albumin yang terdapat di dalam ikan gabus juga membantu mengatasi pembengkakan yang terjadi pada tubuh anda.


    9. Meningkatkan daya tahan tubuh

    Jika belakangan ini anda memiliki memiliki daya tahan tubuh yang kurang baik, sebaiknya anda rajin mengonsumsi ikan bogo ini. Hal tersebut di ketahui ikan ini dapt membantu tubuh anda meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga anda tidak akan mudah terserang berbagai jenis penyakit baik akibat faktor cuaca mapun lainnya.


    10. Menjaga kesehatan mata

    Jika anda ingin memiliki mata yang sehat, maka rajin-rajinlah mengonsumsi vitamin A. Adapun salah satu sumber vitamin A yang cukup tinggi adalah terdapat didalam ikan gabus. Didalamnya di ketahui terkandung 150 g vitamin, yang ini tentu saja sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata anda.


    11. Baik untuk penderi diabetes

    Penderita diabetes sering kali bingun untuk mengonsumsi makanan yang dapat memenuhi kalori sehari-harinya. Sebab, penderita diabetes sendiri sudah tidak diperbolehkan makan nasi putih sebab di khawatirkan mampu menaikan kadar gula darah. Namun ternyata dengan mengonsumsi ikan gabus bisa memenuhi kebutuhan kalori anda sebagai penderita diabetes.


    12. Baik untuk ibu hamil

    Bagi wanita yang tengah hamil, biasanya banyak yang menyarankan untuk banyak mengonsumsi protein hewani seperti ati ayam, ikan dan juga telur. Adapun dari sekian banyak jenis ikan air tawar, ikan gabus di ketahui lebih banyak memiliki khasiat dan manfaat. Kandungan proteinnya yang cukup tinggi di percaya sangat bagus untuk pertumbuhan rahim ibu hamil dan juga sang janin.


    13. Mendorong pertumbuhan tulang dan gigi

    Kalsium dan fosfor merupakan jenis mineral yang amat dibutuhkan oleh manusia, supaya dapat mencapai pertumbuhan tulang dan gigi secara maksimal. Adapun ikan gabus sendiri mengandung banyak kalsium sekitar 60 mg/100 gram dan juga fosfor sekitar 70 mg/100 gram. Sehingga tak jarang hal ini di sebut-sebut sebagai manfaat ikan gabus untuk anak. Dan oleh sebab itu, daging dari ikan gabus ini sangat cocok di konsumsi oleh balita hingga lansia, agat pertumbuhan dan kepadatan tulang mereka maksimal terjaga.


    14. Meningkatkan berat badan

    Salah satu faktor untuk bisa menambah berat badan adalah dengan banyak makaN. Dan banyak mengonsumi protein hewani di percaya sangat baik dalam meningkatkan berat badan. Kombinasi antara karbohidrat dan juga protein dapat memicu pembentukan sel. Namun tetap berhati-hati terhadap lemak alias kolesterol jahat. Adapun ikan gabus sendiri memiliki khasiat meningkatkan berat badan tanpa lemak berlebih.


    Adapun selain beberapa manfaat diatas, ikan gabuspun ternyata masih memiliki banyak manfaat lainnya seperti hanya baik untuk penderita penyakit ginjal, asam urat,tbc, memberantas kolesterol jahat LDL, mengurangi rasa lelah akibat depresi, mengatasi alergi hingga mencegah kanker.


    Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar khasiat dan manfaat ikan gabus bagi kesehatan. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda tentunya. Salam sehat!




    Uji Kandungan Ekstrak Ikan Gabus Terhadap Penyembuhan Luka

    Kapsul kutuk – atau ekstrak ikan gabus salah satu produk unggulan dari para pesaingnya, memiliki khasiat yang menakjubkan untuk kesehatan dan terapi penyembuhan luka yang akan dipaparkan di bawah ini.

    Tidak sedikit orang yang tahu tentang khasiat ikan gabus, tetapi banyak dari mereka tidak tahu kandungan yang ada pada ikan gabus. Yuk, baca lebih lanjut tentang kandungan dibalik ikan gabus yang memiliki khasiat yang menakjubkan.

    Apakah protein ikan gabus setara dengan susu sapi ?? atau bahkan melebihi ?

    Pengantar – Kekurangan Zn dapat menyebabkan lesio pada kulit, dermatitis, pertumbuhan lambat, kematangan
    seksual lambat, infertilitas dan imunodefisiensi.

    Defisiensi Zn yang parah dicirikan dengan menurunnya fungsi sel imun dan meningkatnya kejadian infeksi. Defisiensi Zn dikaitkan dengan perubahan fungsi sistem tanggap kebal, seperti menurunnya fungsi sel B dan T, menurunnya fagositosis dan menurunnya produksi sitokin.

    Kekurangan Zn juga menyebabkan terganggunya perusakan mikroba dan proses penyembuhan luka.

    Pemberian Zn meningkatkan dan mempercepat proses penyembuhan luka bedah. Ini bisa jadi karena fakta bahwa Zn ber-peran penting dalam sintesis protein dan dalam perkalian sel.

    Kekurangan Zn juga terkait dengan gangguan selera. Anak-anak yang memiliki kadar Zn rendah di rambut mereka memiliki kelainan dalam arti rasa.

    Zinc hadir dalam segelas susu yang diminum kalian setiap hari. Namun. tahukah kamu Kandungan protein ekstrak snakehead adalah 3: 37% dan sebanding dengan kandungan protein susu sapi (3,2%). Berarti hal diatas bisa diatasi dengan pemberian suplemen dengan kandungan Zn di dalamnya (Kapsul Kutuk).



    Kandungan protein didalamnya dikalahkan oleh putih telur ?? Benarkah ?

    Meskipun protein pada ekstrak ikan gabus sebanding dengan protein susu, dalam penelitiannya membuktikan  lebih rendah dari protein putih telur (10,8%). Ekstrak tersebut mengandung Zn 3,43 ± 0,28 mg / 100ml.


    Ekstrak ikan gabus telah diuji secara klinis pada pasien pasca – bedah dengan tingkat albumin rendah ( 1,8 g / dl ). Di Rumah Sakit Umum Dr Syaiful Anwar Malang , Jawa Timur .

    Pemberian ekstrak ikan gabus diperoleh dari 2kg ikan setiap hari meningkatkan albumin ke tingkat normal ( 3,5-5,5 g / dl ) dan lukanya sembuh selama 8 hari tanpa efek samping.

    Penelitian ini juga menunjukkan bahwa diet dari 15 telur per hari selama 8 hari memberikan albumin yang sama meningkat, namun kadar kolesterol juga mengangkat . Ini membahayakan kesehatan pasien dengan kolesterol tinggi

    Khasiat ekstrak ikan gabus – Kedua albumin dan Zn penting untuk penyembuhan luka karena protein mampu mengikat Zn dan transport dalam plasma darah. Defisiensi Zn menurun proses penyembuhan luka. Sebagai nutrisi , dan lainnya vitamin , hadir dalam ekstrak ikan gabus , ekstrak dapat memicu pembentukan endotel nenek moyang Cell (EPC) dan mempercepat penyembuhan luka.

     

    Kehadiran Zn dalam ekstrak Ikan Gabus kemungkinan menjadi faktor kunci yang memainkan peran dalam penyembuhan luka dan anak nafsu makan.

    Nah, fakta menunjukkan ekstrak gabus lebih baik ketimbang telur untuk terapi penyembuhan luka / penyakit, walaupun proteinnya lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan Zn beberapa makanan, Zn ekstrak ikan gabus masih lebih tinggi.


    Kesimpulan & arah lebih lanjut

    Penggunaan ekstrak ikan gabus untuk pasien pasca operasi mempercepat proses pembentukan jaringan. Tingkat albumin serum secara signifikan berkorelasi dengan tingkat penyembuhan luka.

    Kesembuhan luka sangat mungkin membutuhkan protein, antara zat penting lainnya, sebagai dasar pembentukan jaringan kolagen.

    Studi menunjukkan hubungan yang signifikan antara pemberian albumin serum dan lamanya penyembuhan luka (p=0,001).

    Albumin berfungsi sebagai zat pengikat dan transport, regulasi tekanan osmotik, penghambatan pembentukan trombosit  dan anti-trombosis, meningkatkan permeabilitas sel, dan sebagai antioksidan.

    Objek penelitian lain menunjukkan bahwa bubuk albumin ikan gabus lebih efektif menyembuhkan luka tikus putih (Rattus novergicus) dibandingkan dengan bubuk yang diperoleh dari ikan mas (Cyprinus carpio), ikan lele (Clarias gariepinus) dan bandeng (Chanos chanos).

    Tingkat albumin rendah menyebabkan darah osmotik tekanan menurun, menyebabkan rembesan cairan melalui pembuluh darah yang dapat menyebabkan edema (pembengkakan).

    Kesimpulan penelitian khasiat ekstrak ikan gabus:

    1. Ekstrak ikan gabus merupakan sumber nutrisi penting, terutama albumin dan Zn. Setiap 100mL dari ekstrak mengandung 3,37 g protein, 2,17 g albumin, gabuh 0,77 g, 0,07 g glukosa, 3,34 mg Zn, 2,34 mg Cu, dan 0,20 mg Fe.
    2. Ekstrak ikan gabus memiliki potensi bagus untuk meningkatkan serum albumin penderita pasca-bedah. Ini  juga memiliki antioksidan yang menekan produksi radikal bebas.
    3. Peningkatan albumin serum berkorelasi positif dengan proses penyembuhan luka.
    4. Pemberian ekstrak ikan gabus 100mL memberikan 10% kebutuhan protein dan Fe harian dan 20% Zn.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Wisata

    +