• Jelajahi

    Copyright © 2015-Bedadung
    Bedadung

    Iklan

    Opini

    Puger, Tradisi Larung Sesaji dan Garis Pantai yang Panjang di Patai Selatan

    Minggu, Januari 23, 2022 WIB Last Updated 2022-01-24T07:59:20Z

      

    Pelabuhan Kapal Nelayan di Puger (jembertourism.com)

    Jember -- Pesona TPI Puger sebenarnya juga menari untuk wisata apabila dikelola dengan baik. Bisa jadi pelabuhan, bukan hanya tempat bersandarnya kapal iklan, tetapi bisa juga para wisatawan.


    Potensi itu berada di Desa Pugerkulon terletak di ujung selatan Kabupaten Jember,  sebelah Utara berbatasan dengan Desa Grenden, Sebelah Timur Desa Puger Wetan, selatan dengan Samudera Hiinda, dan Sebelah Barat Dengan Desa Mojosari.

     

    Masyarakat Desa Pugerkulon mayoritas bermata pencahaian sebagai Nelayan dengan sebagian sebagai petani. Produk unggulan dari desa Pugerkulon adalah Terasi Udang yang sudah dikenal luas, sebagai bahan olahan yang memiliki cita rasa khas sebagai pelengkap sambal.

     

    Desa Pugerkulon memiliki tradisi unik yang telah di lakukan secara turun temurun yaitu Tradisi PETIK LAUT, Petik Laut sendiri diadakan tiap tanggal 15 bulan suro setiap tahunnya.

     

    Puger memiliki pantai unik yang mempunyai panjang pantai sekitar 3 km ini menjadi tempat diselenggarakannya ritual larung sesaji. Dalam ritual ini masyarakat setempat melarung nasi tumpeng beserta buah-buahan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rezeki yang diberikan.

     

    Pantai Puger juga dikenal dengan hasil lautnya yang kaya. Tidak jarang kita melihat pemandangan kapal-kapal nelayan yang mencari ikan di sekitar perairan ini. Tidak hanya nelayan, para pemancing ikan juga menjadikan pantai ini sebagai tempat mereka untuk mendapatkan ikan.

     

    Bagi pengunjung yang memiliki hobi memancing, pantai ini menjadi tempat yang pas untuk memanjakan hobi karena di sisi sebelah dalam airnya cukup tenang dan menjadi tempat yang tepat untuk memancing sambil bersantai menunggu umpan disantap ikan. Selain itu, pengunjung juga bisa menyewa perahu Nelayan berlayar ke Pulau Nusa Barong untuk sensasi memancing yang lebih menantang.

     

    Pantai yang terletak di 35 km arah barat laut Kota Jember ini juga dikenal sebagai salah satu tempat pelelangan ikan di Jember, Jawa Timur. Bagi pengunjung yang gemar menikmati ikan laut, berkunjung ke area pantai ini menjadi lebih menyenangkan karena bisa mendapatkan ikan segar. Tidak hanya ikan segar, tempat pelelangan ini juga menjual hasil olahan seperti ikan asin dan terasi.(*)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Iklan

    Wisata

    +

    Iklan