• Jelajahi

    Copyright © 2015-Bedadung
    Bedadung

    Iklan

    Opini

    Merek Kopi yang Enak Rasanya dan Perlu Dicoba

    Minggu, Januari 16, 2022 WIB Last Updated 2022-01-16T12:59:46Z

     


    Sudah menjadi hal umum jika kualitas pertanian kopi di Indonesia menjadi salah satu yang terbaik yang ada di dunia. Kopi yang dihasilkan dari pertanian kopi Indonesia bisa memenuhi tujuh persen kebutuhan kopi di seluruh dunia. Indonesia mampu menghasilkan atau memproduksi kopi bisa mencapai 600 ribu ton, banyak sekali bukan?

    Anda Mungkin Juga Menyukai

    Saat ini, siapa yang tidak mengenal kopi, mulai dari kalangan anak muda hingga tua. Kopi selalu cocok untuk menemanu kita di kala sedang sedih, membaca buku, mengerjakan tugas atau pekerjaan, dan sebagainya. Maka dari itu, kopi dapat dijadikan sebagai salah satu minuman yang cocok untuk membangun mood  kita saat mengerjakan aktivitas, menambahkan energi, hingga meningkatkan konsentrasi.

    Banyaknya penggemar kopi saat ini, sehingga perkembangan kopi sudah tak bisa dianggap remeh. Perkembangan kopi di Indonesia dibuktikan melalui semakin marak coffee shop, baik di kota-kota besar ataupun kecil. Minum kopi di coffee shop memang sangat menyenangkan karena kita bisa merasakan kopi yang dibuat langsung oleh sang barista. Beberapa orang ada yang senang pergi coffee shop sendiri dan ada juga yang lebih senang pergi bersama coffee shop.

    Namun, bagi sebagian orang ada yang lebih suka meminum kopi di rumah dengan racikan sendiri atau orang tersayang. Di Indonesia, sudah banyak sekali merek biji kopi yang sudah dihaluskan menjadi bubuk. Kopi bubuk ini sangat mudah penggunaannya karena hanya cukup menyeduh air panas dan tambahkan gula (sesuai selera) atau bisa juga tidak perlu memakai gula.

    Di warung-warung sudah banyak sekali yang menjual kopi sachet, mulai dari kopi hitam biasa hingga kopi cappucino. Namun, pernahkah kamu merasakan kopi sachet yang berasal dari daerah? Meskipun belum banyak menjual kopi bubuk sachet daerah, tetapi rasa kopi bubuk dari daerah tak kalah nikmat dengan kopi-kopi yang dijual di warung-warung.

    Supaya tidak bingung ketika memilih dan menikmati kopi bubuk unggulan, kamu bisa membaca artikel ini sampai habis, Grameds. Di bawah ini akan dijelaskan lebih lanjut tentang merk-merk kopi bubuk yang perlu kamu rasakan kenikmatannya. Jadi, baca sampai artikel ini sampai habis ya.

    Rekomendasi Merk Kopi

    Beberapa daerah memiliki kopi bubuk yang cita rasanya sangat khas. Berikut ini kopi bubuk daerah Indonesia yang perlu dinikmati.

     

    1. Kapal Api Drip Flores Manggarai

    Rekomendasi merek kopi dan biji kopi
    ceklist.id

    Siapa yang tak kenal dengan merek kopi “Kapal Api”. Salah merek kopi yang sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia. Namun, apakah kamu tahu, kalau merek “Kapal Api” yang berasal dari biji kopi asal Flores? “Kapal Api Drip Flores Manggarai” adalah salah satu produk “Kapal Api” yang menggunakan biji kopi terbaik yang berasal Flores sebagai bahan dasarnya.

    Kopi “Kapal Api” jenis ini sering diseduh oleh barista-barista yang ada di coffee shop.Namun, berkat adanya kemasan kopi bubuk ini, kamu tidak perlu repot-repot untuk datang ke coffee shop karena kamu bisa menyeduhnya dengan racikan kamu sendiri atau racikan orang terkasih. Kopi ini memiliki cita rasa yang sangat khas yaitu fruity.

    2. Otten Coffee Flores Bajawa

    Rekomendasi merek kopi dan biji kopi
    ceklist.id

    Nusa Tenggara Timur atau lebih tepatnya daerah Flores sangat dikenal dengan keindahan alamnya, baik yang ada di daratan ataupun di lautan. Namun, Flores juga dikenal sebagai suatu daerah penghasil biji kopi berkualitas. Biji kopi yang dihasilkan dari Flores ini sudah banyak digunakan oleh berbagai macam merek kopi sebagai bahan dasarnya.

    Otten Coffee Flores Bajawa merupakan salah satu merek kopi yang menjadikan biji kopi Flores sebagai bahan dasarnya. Proses produksi yang digunakan pada kopi jenis ini yaitu Full Washed Dry Hulling. Proses ini bisa dibilang suatu proses pencucian biji kopi yang dilakukan selama beberapa kali.

    Kopi dengan merek Otten Coffee Flores Bajawa mempunyai beragam macam pilihan, sehingga kamu bisa membelinya sesuai dengan selera kamu. Setiap pilihan pada jenis kopi ini menggunakan beberapa tingkatan, seperti Super Fine: Turkish Coffee, Fine: Espresso, Medium Fine: Mokapot, Medium: Pour Over, Medium Coarse: French Press, dan Coarse Drip: Cold Brew.

    3. Supresso Sumatra Mandheling

    Rekomendasi merek kopi dan biji kopi
    ceklist.id

    Indonesia bukan hanya dikenal dengan jenis kopi robusta saja, tetapi juga dikenal dengan kopi arabika. Pulau Sumatera ini bisa dibilang salah satu pulau di Indonesia yang menghasilkan biji kopi berkualitas. Salah satu daerah yang menghasilkan biji kopi arabika adalah Tapanuli. Kandungan gula pada kopi arabica ini lebih rendah dibandingkan dengan kopi robusta.

    Pada dasarnya banyak sekali merek kopi yang menggunakan biji kopi arabika Tapanuli. Akan tetapi, dari sekian banyak merek tersebut, kamu boleh mencoba Supresso Sumatra Mandheling. Kopi ini melalui berbagai macam proses yang dapat menambahkan kenikmatan kopi ini. Kopi ini menggabungkan metode pengolahan semi-wet yang kemudian disangrai dengan kematangan yang full city roast.

    Kopi ini sangat terkenal dengan aromanya yang seperti aroma buah. Bahkan, kopi Supresso Sumatra Mandheling menyediakan beberapa bentuk kopi agar kamu bisa merasakan sensasi yang berbeda sangat menikmatinya. Produk itu berupa supresso coffee beans, supresso coffee capsules, supresso coffee drip, dan supresso coffee ground.

    banner-promo-gramedia

    4. Woca Robusta Gayo

    Rekomendasi merek kopi dan biji kopi
    ceklist.id

    Indonesia sangat dikenal dengan robusta terutama di daerah Sumatera Utara dan Aceh Tengah. Kopi robusta yang berasal dari daerah tersebut oleh para pecinta kopi dikenal dengan sebutan kopi robusta Gayo. Kopi jenis ini, rasa khas dari kopi jenis tak perlu diragukan lagi, bahkan berkat rasanya yang sangat nikmat, kopi robusta Gayo mendapatkan sebuah sertifikasi atau pengakuan dari Fair Trade dari International Organization of Fair Trade. Selain itu, kopi robusta ini pernah masuk ke dalam nominasi kopi terbaik pada ajang International Conference on Coffee Science.

    Salah satu merik robusta Gayo yang perlu kamu nikmati adalah Woca Robusta Gayo. Kopi merk ini memiliki cita rasa yang kopi yang khas, bahkan ketika kamu menyeduh kopi merek kopi ini akan tercium berbagai macam aroma, seperti gula merah, manis, tembakau, dan kayu. Kopi ini juga cocok dengan kamu yang tidak begitu suka dengan rasa asam pada kopi karena keasaman pada Woca Robusta Gayo sangat rendah.

    Lebih istimewanya lagi, merk kopi ini menyediakan produk kopi dengan jenis masih berbentuk biji atau bean. Kopi yang masih berbentuk biji ini dapat disimpan dalam waktu yang cukup lama. Namun, ketika ingin menyeduhnya, kamu harus menggiling kopi ini terlebih dahulu. Meskipun digiling sendiri, rasa dan aroma kopi ini tetap dan tak akan berubah.

    5. Kupu-Kupu Bola Dunia Bali Kintamani

    Rekomendasi merek kopi dan biji kopi
    ceklist.id

    Bukan hanya pulau Sumatera, Pulau Nusa Tenggara Timur, Aceh, dan Jawa saja yang memiliki kualitas biji kopi terbaik yang bisa diekspor, Bali juga mempunyai biji kopi yang berkualitas. Ternyata di balik keindahan wisata alam yang dimiliki, Bali memiliki salah satu daerah yang menghasilkan biji kopi dengan kualitas terbaik. Daerah itu bernama Kintamani.

    Daerah Kintamani yang ada di daerah Bali adalah dataran tinggi yang berada di sebelah utara pulau bali. Biji kopi Kintamani ditanam menggunakan metode tradisional. Biji kopi yang dihasilkan dari Kintamani merupakan jenis kopi arabica dengan ukuran biji kopi yang cukup besar. Salah satu merek kopi yang menjadikan biji kopi Kintamani sebagai bahan dasarnya adalah Kupu-Kupu Bola Dunia Bali Kintamani. Karena kenikmatannya, sehingga kopi ini sudah cukup terkenal.

    Kopi Kupu-Kupu Bola Dunia Bali Kintamani mempunyai tiga jenis produk yang diunggulkan, yaitu kopi bubuk, kopi bubuk kasar, dan kopi yang masih dalam bentuk biji kopi. Ketiga jenis itu wajib kamu coba!

    6. Artcofie Java Robusta

    Rekomendasi merek kopi dan biji kopi
    ceklist.id

    Penasaran dengan bagaimana rasanya kopi arabika yang dipadukan dengan kopi robusta? Kamu bisa merasakan itu dalam satu bungkus kopi dengan merek Artcofie Java Robusta. Karena paduan kopi arabika dan kopi robusta, sehingga kopi ini menghasilkan cita rasa yang berbeda dari kopi-kopi pada umumnya, serta aroma pada kopi ini menjadi sangat khas.

    Meskipun, kopi ini merupakan perpaduan antara kopi arabika dan kopi robusta, tetapi cita rasa pada kopi ini tetap nikmat. Hal ini dikarenakan kopi ini melewati beberapa pengecekan sebelum dijual kepada konsumen. Dengan pengecekan inilah, maka kualitas kopi ini jadi terjaga, sehingga para konsumen tidak mengalami kekecewaan.

    Kopi ini dibuat atau diproduksi oleh salah satu perusahaan yang sudah bergerak cukup lama dalam bidang Coffee Roastery. Sayangnya, kopi ini tidak menyediakan berbagai macam produk, hanya ada dua produk saja dalam kopi ini yaitu kopi yang masih dalam bentuk biji dan biji kopi yang sudah dihaluskan atau sudah dalam bentuk bubuk.

    7. El’s Coffee Arabika Wamena

    Rekomendasi merek kopi dan biji kopi
    ceklist.id

    Papua adalah pulau paling Timur Indonesia. Pulau Papua ini bisa dikatakan sebagai salah satu pulau penghasil biji kopi berkualitas. Salah satu daerah di Papua yang terkenal dengan hasil kopi arabika adalah daerah Wamena. Kopi yang ditanam pada daerah ini menjadi sangat berkualitas karena cara penanamannya tidak memakai bahan-bahan kimia atau bisa dibilang hanya menggunakan bahan organik saja.

    Berkat kualitas yang dijaga oleh para petani, biji kopi ini mempunyai cita rasa yang khas, sehingga biji kopi Wamena juga diekspor. Salah satu merek kopi yang berbahan dasar biji kopi Wamena adalah El’s Coffee Arabika Wamena.

    Kopi ini ketika diseduh akan mengeluarkan aroma yang dapat menambahkan kenikmatan saat menyeruputnya. Selain itu, kekentalan pada kopi ini tidak begitu kental, dan rasanya tidak begitu pahit, sehingga tanpa ditambahkan gula pun akan tetap nikmat.

    8. Opal Coffee Drip Coffee Toraja

    Rekomendasi merek kopi dan biji kopi
    ceklist.id

    Pulau Sulawesi merupakan pulau yang menghasilkan biji kopi yang istimewa. Keistimewaan pada kopi ini berasal dari rasanya yang manis tetapi medium serta herbal dan earthly. Daerah yang menjadi biji kopi berkualitas di Sulawesi adalah daerah Toraja, sehingga biji kopi ini sering dikenal sebagai kopi Tana Toraja.

    Kopi Tana Toraja dipanen dan ditanam oleh para petani yang menggunakan bahan-bahan organik, sehingga menghasilkan biji kopi dengan cita rasa yang kuat. Dalam mengolah biji-biji kopi, para petani menggunakan metode penggilingan basah.

    Salah satu merek kopi Tana Toraja adalah Opal Coffee Drip Coffee Toraja. Tana Toraja yang dikenal dengan rempah-rempahnya, maka kopi jenis ini juga memiliki rasa dan aroma rempah-rempah yang cukup kuat. Kamu harus mencoba kopi dengan aroma dan cita rasa rempah-rempah yang sangat khas dengan Indonesia.

    9. Seven Bika Horeca Wild Luwak Pure Arabika

    Rekomendasi merek kopi dan biji kopi

    Luwak adalah salah satu hewan pemakan biji kopi, sehingga kopi yang berasal dari “kotoran” luwak mempunyai cita rasa dan aroma yang berbeda dan khas. Karena aroma dan cita rasa yang khas membuat harga kopi ini sangat mahal. Bahkan, bisa dibilang sebagai kopi termahal di dunia. Pada zaman penjajahan Belanda, yang dapat meminum kopi luwak ini hanya bangsawan-bangsawan Belanda.

    Akan tetapi, tidak luwak mampu menghasilkan biji kopi yang berkualitas. Dengan kata lain, hanya luwak yang memakan biji kopi terbaiklah yang akan menghasilkan biji kopi luwak berkualitas. Salah satu kopi luwak yang perlu kamu coba adalah Seven Bika Horeca Wild Luwak Pure Arabika.

    Tingkat keasaman yang ada di dalam kopi luwak cukup rendah, sehingga cocok diminum oleh seseorang yang sakit maag. Bukan hanya itu, penderita penyakit jantung bisa merasakan kenikmatan kopi luwak karena protein dan kafeinnya cukup rendah.


    10. Peluru Coffee Arabica Halu Honey Banana Bean

    Rekomendasi merek kopi dan biji kopi

    Kopi dengan sentuhan rasa buah pisang? Pertanyaan itu bagi sebagian orang memang tak masuk akal karena menganggap bahwa kopi dan pisang merupakan dua tumbuhan yang berbeda. Namun, ternyata anggapan itu salah, ada sebuah biji kopi yang yang berasal dari Gunung Halu dan  kopi yang dihasilkan adalah kopi arabika.. Gunung Halu ini merupakan salah satu gunung yang letaknya ada di Jawa Barat.

    Jika kamu ingin merasakan sensasi rasa yang berbeda ketika menikmati kopi, maka kamu bisa merasakan sensasi itu dari kopi “Peluru Coffee”. Kopi ini akan membuat kamu merasakan rasa manis yang mirip dengan manis buah pisang. Rasa manis pada kopi ini berasal dari proses pengeringan honey. Maka dari itu, jangan menunda untuk membeli kopi ini agar kamu segera mengetahui kenikmatan kopi ini.

    Rekomendasi Buku Terkait Kopi

    Seruput Kopi Cantik

    tombol beli buku

    Home Brewing Coffee; Cara Mudah Membuat Sajian Kopi Ala Bari.

    tombol beli buku

    banner-promo-gramedia

    Cara Memilih Biji Kopi dan Bubuk Kopi

    Setelah membahas merek biji kopi yang perlu kamu nikmati, kini saatnya membahas pentingnya memilih biji kopi dan bubuk kopi. Simak cara-cara memilih biji kopi dan bubuk kopi sebagai berikut.

    1. Legalitas Dari Merek Kopi

    Legalitas dalam merek kopi sangat perlu untuk diperhatikan karena dengan legalitas itu menandakan bahwa kopi itu sudah aman untuk dikonsumsi. Dalam hal ini, legalitas yang dimaksud, seperti lembaga halal MUI, nomor registrasi BPOM, dan nomor PIRT.

    2. Perhatikan Tanggal Kedaluwarsa

    Setiap merek kopi kemasan pasti memiliki tanggal kedaluwarsa. Tanggal kedaluwarsa menunjukkan apakah kopi tersebut layak untuk diminum atau tidak. Jika kamu tidak melihat tanggal kedaluwarsa, maka kopi yang kamu minum dapat membahayakan kondisi tubuh.

    3. Pilih Bubuk Kopi atau Biji Kopi Sesuai Selera

    Pilih kopi bubuk atau biji kopi yang sesuai selera kamu. Minum kopi yang sesuai dengan selera akan menambahkan kenikmatan dari kopi itu sendiri.

    Kesimpulan

    Beberapa pulau di Indonesia dapat menghasilkan biji kopi yang berkualitas yang dapat diekspor. Setiap orang punya cara tersendiri untuk minum kopi. Dimanapun kamu meminum kopi, diminum sendiri atau bersama dengan orang lain, sebaiknya minumlah dengan secukupnya karena jika diminum secara berlebihan tidak baik bagi kesehatan. Sebaiknya memilih kopi yang sesuai selera agar kenikmatan kopi yang diminum semakin bertambah.

    Sumber: Dari segala macam sumber

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Iklan

    Wisata

    +

    Iklan