• Jelajahi

    Copyright © 2015-Bedadung
    Bedadung

    Iklan

    Opini

    Disuntik Rp1,3 Triliun, Kopi Kenangan Jadi Unicorn

    Rabu, Desember 29, 2021 WIB Last Updated 2021-12-29T05:23:54Z

    Kopi Kenangan  umumnya menyuguhkan menu es kopi dengan berbagai macam variasi. Ada juga es teh dan susu.

    Anda bisa membeli satu gelas kopi dengan harga 15 rb hingga 30 ribu saja. Jika Anda penasaran  apa saja varian kopi yang ada di kedai ini. berikut ini beberapa daftar menunya:

    • Kopi Kenangan mantan, misalnya dua shot iced shaken.
    • Kopi mantan menikah, misalnya saja seperti kopi klasik, latte, capuccino, hazelnutt late, salted caramel macchiato, dan lain lain.
    • Kopi Kenangan masa lalu, contohnya kopi kelapa, americano /long black.
    • Es teh nostalgia, berupa lemon black tea, milk tea boba gula aren, teh tarik ulur, dan sebagainya.
    • Kenangan baru, seperti Thai tea, green tea, susu boba gula aren dan lain-lain.
    • Paket kopi Pesta kenangan (peka), peka 1 (2 es Kopi Kenangan mantan, 3 es milo dinosaurus), peka 2 (2 es Kopi Kenangan  mantan dan 3 es thai tea), peka 3 (5 es Kopi Kenangan  mantan).


    Startup yang bergerak di bidang makanan dan minuman asal Indonesia, Kopi Kenangan, kini resmi menyandang status sebagai perusahaan unicorn.

    Status baru ini diraih oleh Kopi Kenangan setelah mendapatkan suntikan pendanaan Seri Nc Tahap Pertama senilai Rp1,3 triliun.

    Pendanaan tersebut membuat valuasi (nilai ekonomi) perusahaan Kopi Kenangan kini mencapai 1 miliar dolar AS.

    Dengan meningkatnya valuasi perusahaan dan status baru sebagai unicorn, CEO dan Co-Founder Kopi Kenangan Edward Tirtanata mengatakan bahwa pihaknya akan segera memperbanyak gerai kopi hingga di kawasan Asia Tenggara.

    Terus, apa itu unicorn?

    Melansir Alphajwc.com, Selasa (28/12/2021), istilah unicorn pertama kali digaungkan pada 2013 silam oleh Aileen Lee, pendiri Cowboy Ventures yang merupakan perusahaan modal ventura tahap benih yang berbasis di Amerika Serikat (AS).

    Aileen Lee menyebutkan istilah unicorn ini untuk merujuk pada perusahaan startup yang memiliki valuasi sebanyak 1 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 14,2 triliun.
    Fitur unicorn

    Mengutip Razorpay, terdapat beberapa hal yang umumnya ada pada startup berstatus unicorn ini, yakni inovasi disruptif, memiliki teknologi tinggi, berfokus pada konsumen, dan dimiliki secara pribadi.

    Hampir semua unicorn memiliki inovasi disruptif, inovasi yang membantu membuat atau menciptakan pasar baru, misalnya 'Uber' yang dapat mengubah cara orang bepergian, atau 'Traveloka' yang mengubah cara orang merencanakan liburan orang lain.

    Perusahaan unicorn juga umumnya memiliki model bisnis yang berjalan di atas teknologi. 'Uber' membuat model bisnis mereka diterima dengan aplikasi yang ramah.




    Sebuah laporan menunjukkan bahwa 87 persen produk unicorn startup adalah perangkat lunak, 7 persen adalah perangkat keras, dan sisanya produk dan layanan lainnya.

    Selain itu, laporan juga menunjukkan bahwa 62 persen unicorn adalah perusahaan B2C atau Business to Customer yang melakukan pelayanan atau penjualan barang/jasa kepada konsumen.

    Dengan berfokus pada konsumen, perusahaan ini  memiliki tujuan untuk mempermudah konsumen untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

    Sebagian besar unicorn startup juga dimiliki secara pribadi sehingga mereka mendapat penilaian yang lebih besar saat ada perusahaan yang besar berinvestasi di perusahaannya.

     


    Dikutip dari laman Economic Times, Selasa (28/12/2021) berikut adalah deretan kriteria suatu perusahaaan menjadi Unicorn :

    1. Dalam industri modal ventura, istilah unicorn mengacu pada setiap perusahaan startup yang mencapai valuasi senilai USD 1 miliar.

    2. Hanya startup swasta yang bisa menjadi unicorn.

    3. Istilah ini awalnya digunakan untuk menekankan kelangkaan startup seperti itu.

    4. Inovasi disruptif, teknologi tinggi, ide-ide baru, fokus konsumen adalah beberapa fitur umum unicorn.

    Edward Tirtanata, CEO dan Co-Founder Kopi Kenangan mengatakan, pendanaan sekaligus memotivasi untuk terus fokus dalam meningkatkan produktivitas gerai dengan memanfaatkan teknologi demi mewujudkan pengalaman terbaik bagi setiap pelanggan.



    "Rencana 5 tahun ke depan, kami berkomitmen untuk memperluas jangkauan secara cepat hingga mencapai ribuan gerai di Asia Tenggara, sekaligus melengkapi portfolio kami dengan produk-produk yang dapat memenuhi kebutuhan pasar," jelas dia dalam keterangannya, Selasa (28/12/2021).

    Dikatakan jika pendanaan ini diperoleh setelah Kopi Kenangan mengukuhkan posisinya sebagai brand dengan permintaan domestik yang tinggi, termasuk dari beberapa portfolio barunya.

    Seperti brand roti bernama Cerita Roti, ayam goreng Chigo, soft-cookies Kenangan Manis, sekaligus menghadirkan berbagai inovasi baru seperti menu topping Sultan Boba.

    Managing Director, Tybourne Capital Management, Bosun Hau mengatakan, pendanaan diberikan dengan melihat dalam waktu singkat, Edward dan James, didukung dengan tim manajemen yang berpengalaman, berhasil mengembangkan bisnis secara signifikan, sekaligus mengatasi berbagai tantangan dan krisis akibat pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.

    "Kami sangat menantikan dapat melihat potensi Kopi Kenangan dan visinya untuk menjangkau pasar F&B yang berkembang pesat di Asia Tenggara," tegas dia.

    Menurut dia, keunggulan tim Kopi Kenangan, dipadukan dengan jiwa wiraswasta dan pemahaman yang luas tentang industri F&B, serta kemampuan dalam pemanfaatan teknologi guna menjaga dan menjangkau pelanggan, sekaligus meningkatkan efisiensi dan penjualan merupakan hal-hal yang dapat menopang masa depan unicorn baru asal Indonesia ini.

     


     

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Wisata

    +