• Jelajahi

    Copyright © 2015-Bedadung
    Bedadung

    Iklan

    Opini

    Desa Kemiri dan Pantai Papuma Raih East Java Tourism Award 2021

    Selasa, Desember 14, 2021 WIB Last Updated 2021-12-13T22:42:49Z

    Jember -- Kebangkitan pariwisata di Kabupaten Jember mulai nampak, hal itu ditunjukkan oleh penghargaan yang didapat pada ajang East Java Tourism Award 2021 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

     

    East Java Tourism Award 2021 yang digelar di Malang pada 10 Desember 2021, ada tujuh kategori penghargaan. Dalam ajang tersebut Kabupaten Jember meraih dua penghargaan dan diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.


    Dua destinasi dari Kabupaten Jember yang mendapat penghargaan adalah Desa Kemiri Kecamatan Panti dan Pantai Tanjung Papuma. Pantai Papuma sebagai pemenang daya tarik wisata alam terbaik di Jawa Timur. Sedangkan Desa Kemiri mendapat penghargaan sebagai penyaji terbaik Virtual Tour Desa Wisata.

     

    Muhammad Ilham Felani selaku ketua dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) desa Kemiri mengatakan  bersyukur dengan didapatkannya perhargaan oleh desa Kemiri.


    "Alhamdulillah dengan adanya penghargaan East Java Tourism Award 2021 memberikan semangat baru bagi kami pengelola desa wisata kemiri untuk dapat berkembang lagi" kata Ilham.

     

    "Kebanggan tersendiri bagi Desa Kemiri, walaupun masih termasuk kategori desa wisata berkembang, tetapi sudah mampu bersaing dengan desa wisata yang lain untuk memberikan pelayanan terbaik kepada wisatawan," tambah Ilham.


    Ilham menceritakan awal mula membangun desa wisata dengan modal nol rupiah. 

     

    "Warga dan pengelola bahu membahu untuk melakukan pembangunan dengan menyumbangkan barang, tenaga dan waktu yg bisa digunakan untuk pembangunan awal, " ungkap Ilham.

     

    Selain itu, Ilham juga menyampaikan untuk rencana kedepan akan meningkatkan fasilitas dan pelayanan serta berkolaborasi dengan pengelola wisata dan menggencarkan promosi.

     

    "Kita akan terus meningkatkan pelayanan-pelayanan dan fasilitas, serta berkolaborasi dengan pengelola wisata di kecamatan panti, selai itu juga akan menggencarkan promosi," Tambah Ilham.


    Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa mengucapakan selamat atas prestasi yang diperoleh oleh para pemenang. "Selamat kepada para pemenang dalam East Java Tourism Award 2021. Penghargaan ini agar menjadi motivasi pelaku pelaku industri wisata di Jawa Timur, untuk terus melakukan inovasi-inovasi agar ekonomi terus tumbuh positif, untuk menyongsong Jatim Bangkit," kata Khofifah.

     

    Khofifah mengungkapkan kesadaran generasi muda penerus bangsa akan potensi yang dimiliki perlu untuk ditingkatkan.Hal tersebut akan mampu menumbuhkan rasa bangga akan kekayaan negeri. Sehingga mendorong mereka tumbuh menjadi generasi yang percaya diri, memiliki moral dan mental yang mumpuni. 

     

    "Ini menjadi modal penting dalam menghadapi persaingan global agar mampu berkompetisi sesuai kompetensi masing-masing," ungkapnya.

     

    Gubernur Khofifah mendorong agar pemerintah daerah menginventarisir catatan kebudayaan maupun manuskrip lain di wilayahnya. Mengingat banyak kerajaan yang pernah berdiri di Provinsi Jawa Timur. "Berseiring dengan diraihnya Anugerah Terbaik Pertama Kearsipan dan Identifikasi Karya-Karya Klasik di Jawa Timur diserahkan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia beberapa waktu lalu," terangnya. 

     

    Lebih lanjut, penguatan sektor pariwisata dan kebudayaan memerlukan dukungan dari semua pihak, di antaranya pegiat seni budaya, designer, hingga pengelola usaha wisata. Kolaborasi yang terbangun, semacam pada pagelaran ini diharapkan dapat terus berlanjut. sehingga menciptakan tren-tren fashion yang menjadi favorit wisatawan baik nusantara maupun mancanegara.

     

    Gubernur Khofifah menyampaikan apresiasi kepada insan pariwisata Jawa Timur, pemerintah daerah dan pihak terkait yang mendukung upaya pemulihan pariwisata melalui pengembangan pariwisata berkelanjutan. Salah satunya melalui pengelolaan daya tarik wisata maupun industri pariwisata secara maksimal. (*)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Wisata

    +