• Jelajahi

    Copyright © Bedadung
    media news network

    Iklan

    Iklan Beranda

    Sekolah Desa Cerdas Untuk Sekdes

    , September 08, 2021 WIB

     


    Jember -- Bupati Jember Ir. Hendy Siswanto membuka kegiatan Sekolah Desa Cerdas untuk Sekretaris Desa (Sekdes) yang bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah (UM Jember, Rabu (08/09/2021). Program Sekolah Desa Cerdas ini merupakan inisiasi dari P2EKLM (Pusat Pengembangan Ekonomi Kreatif & Layanan Masyarakat) Fakultas Ekonomi dan Bisnis UM Jember dalam membantu Pemkab Jember.

     

    Bupati Hendy menyampaikan, membangun Kabupaten Jember harus dilakukan semua pihak. Dia menegaskan Pemkab Jember siap berkolaborasi dengan siapapun, termasuk pihak perguruan tinggi.

     

    “Kalau SDM perangkat desanya berkualitas, tentunya program desa yang dihasilkan nantinya. Semua harus ikut andil, seperti UM Jember ini bergerak untuk memperbaiki SDM Sekdes lebih baik lagi,”ungkap Bupati Hendy.

     

    Bupati Hendy juga mengatakan kepada 28 sekretaris desa yang hadir secara luring, Sekdes merupakan motorik penggerak utama.

     

    “Apabila pembangunannya bagus, masyarakatnya juga ikut bagus.” sambungnya.

     

    Dari 2,5 juta masyarakat Jember, 70% merupakan masyarakat desa yang mempunyai potensi luar biasa. Sekdes harus mempunyai daya dorong untuk menggali kekayaan alam dan Sumber Daya Manusia, “Jangan sampai salah langkah dan salah program, Sekdes harus bisa membaca potensi dari desanya,” pesannya.

     

    Sementara Rektor UM Jember Dr Hanafi M.Pd berujar, program Sekolah Desa Cerdas merupakan salah satu kewajiban dari tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat.

     

    “Di samping yang lainnya adalah pendidikan dan penelitian. UM Jember sangat mendukung dengan menyediakan SDM yang ada,” ungkap Dr. Hanafi. Hanafi berharap program ini memberikan dampak positif bagi pembangunan desa di Kabupaten Jember.(*)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Wisata

    +