• Jelajahi

    Copyright © Bedadung
    media news network

    Iklan

    Iklan Beranda

    Manfaat Penting dari Daun Sirih Merah

    , September 16, 2021 WIB


     Daun sirih merah ternyata bagus dan cantik jika dijadikan tanaman hias. Tetapi, selain itu daun sirih merah juga kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan. 

     

    Berikut ini merupakan manfaat daun sirih merah untuk kesehatan. Daun sirih merah masuk dalam jajaran Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Jadi, jangan heran bila banyak orang yang menanam daun sirih merah di halaman rumahnya.

     

    Daun sirih merah populer di dunia pengobatan herbal sejak dahulu kala. Mengutip dari buku Daun Ajaib Tumpas Penyakit, karya Lina Mardiana masyarakat Keraton Yogyakarta menggunakan daun sirih merah secara turun temurun untuk menyembuhkan sejumlah penyakit. 



    Untuk Anda yang belum familiar, daun sirih merah memiliki daun berbentuk hati dengan warna merah keperakan. Bila disobek, daun sirih merah berlendir dan mengeluarkan aroma wangi.  

    Batang daun sirih merah berbentuk bulat berwarna hijau keunguan. Daun sirih merah, merupakan tanaman herbal rambat.  

    Daun sirih merah dianggap ampuh menumpas sejumlah penyakit.

    Daun sirih merah mengandung alkaloid, flavonoid, saponin, tanin, karvakol, dan eugenol. Tidak hanya itu, daun sirih merah bersifat antiflamasi, antioksidan, antikanker, dan antiseptik. 

     

    Apa saja kandungan daun sirih?

    Daun sirih tergolong sebagai tanaman yang mengandung banyak air. Sekitar 85-90% daun sirih terdiri dari air. Karena itulah daun sirih juga rendah kalori dan rendah lemak. Per 100 gram daun sirih hanya mengandung 44 kalori dan 0,4-1% lemak.

    Kandungan daun sirih lainnya Berdasar Penelitian:

    • Protein: 3 persen per 100 gram.
    • Iodin: 3,4 mcg per 100 gram.
    • Sodium: 1,1-4,6% per 100 gram.
    • Vitamin A: 1,9-2,9 mg per 100 gram.
    • Vitamin B1: 13-70 mcg per 100 gram.
    • Vitamin B2: 1,9-30 mcg per 100 gram.
    • Asam nikotinat: 0,63-0,89 mg per 100 gram.

    Inilah yang membuat daun sirih merah kerab dijadikan sebagai obat herbal untuk mengobati sejumlah penyakit. Belakangan obat herbal jadi idola sebagian orang. Sebab, obat herbal dipercaya lebih aman dan minim efek samping. Mengandung cukup banyak senyawa aktif, daun sirih merah diklaim sebagai tanaman herbal yang mampu menyembuhkan sejumlah penyakit.   


    1. Menurunkan gula darah pada penderita diabetes tipe 2

    gaya hidup untuk prediabetes adalah

    Peneliti melaporkan bahwa minum air rebusan daun sirih, atau daun sirih yang dikeringkan kemudian digerus menjadi bubuk, bisa membantu menurunkan kadar gula darah pada orang yang baru terdiagnosis diabetes tipe 2. Daun sirih juga melindungi kesehatan hati.

    Manfaat daun sirih untuk diabetes ini datang dari kandungan antioksidan tingginya yang bisa mengurangi stres oksidatif penyebab kerusakan sel-sel tubuh pemicu ketidakseimbangan hormon insulin. Penelitian yang sama juga melaporkan bahwa daun sirih tidak mempunyai efek samping apapun yang perlu dikhawatirkan.

    Meski begitu, ini bukan berarti daun sirih adalah satu-satunya pengobatan diabetes yang harus Anda jalani. Jika Anda telah diresepkan obat diabetes, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum minum rebusan daun sirih untuk memastikan tidak ada risiko efek samping atau interaksi yang bertabrakan dengan kerja obat. Dauh sirih hanya dipakai sebagai pengobatan pendamping obat medis untuk mengendalikan gejalanya, bersama dengan mengubah pola makan dan rajin olahraga.
    2. Menurunkan kolesterol dan tekanan darah

    Seperti yang telah disebutkan di atas, daun sirih mengandung tinggi antioksidan. Dalam tubuh, antioksidan eugenol yang bekerja melawan radikal bebas pemicu stres oksidatif penyebab berbagai penyakit kronis. Salah satu manfaat daun sirih yang terkait hal ini adalah menurunkan kadar tigliserida dan kolesterol LDL, lemak jahat dalam tubuh. Daun sirih juga diketahui dapat membantu mengurangi jumlah lemak total dalam darah.

    Kolesterol dan trigliserida tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, hipertensi, stroke, penyakit jantung koroner, dan gagal jantung. Sebagai gantinya, daun sirih merah dan daun sirih hijau bekerja meningkatkan kolesterol baik dalam darah yang menjaga kesehatan jantung.

    Untuk membantu dengan tekanan darah tinggi, Anda bisa mencoba rebus 3-4 lebar daun sirih merah dan minum air rebusan daun sirih tersebut untuk dua kali sehari.
    3. Penangkal kanker

    pasien kanker

    Antioksidan eugenol yang terkandung dalam rebusan dauh sirih hijau dan merah dapat membantu memerangi radikal bebas yang menjadi pemicu kanker pada penderita diabetes tipe 2.
    4. Mempercepat penyembuhan luka bakar

    obat luka bakar

    Manfaat daun sirih lainnya adalah mempercepat penyembuhan luka, terutama luka bakar. Hal ini masih dikaitkan dengan kandungan antioksidannya. Seseorang yang mengalami luka bakar juga mengalami stres oksidatif yang cukup tinggi dalam tubuhnya. Stres oksidatif akan menghambat proses penyembuhan luka.

    Daun sirih adalah antiseptik yang luar biasa, yang juga mampu memberikan perlindungan ganda dari infeksi kuman karena tinggi kandungan polifenolnya.
    5. Membantu menurunkan depresi

    gangguan skizoafektif

    Beberapa riset menunjukkan bahwa daun sirih bisa membantu mengendalikan gejala depresi pada orang-orang yang memilikinya. Salah satu penelitian melaporkan, mengunyah dauh sirih atau meminum air rebusan daun sirih dapat memicu otak untuk memproduksi hormon bahagia serotonin yang lebih banyak.
    6. Menjaga kesehatan mulut dan gigi

    terkena diabetes gejala awal diabetes

    Mulut adalah salah satu bagian tubuh yang rentan akan pertumbuhan bakteri dari apa yang Anda makan. Mengunyah daunnya dan/atau berkumur dengan air rebusan daun sirih telah terbukti dapat menghambat pertumbuhan bakteri mulut. Tidak hanya itu, daun sirih juga bermanfaat untuk mencegah gigi berlubang dengan melawan asam yang dihasilkan bakteri.

    Mengunyah daun sirih dan biji pinang bisa memicu produksi air liur. Air liur mengandung beragam jenis protein dan mineral yang baik untuk menjaga kekuatan gigi serta mencegah penyakit gusi. Selain itu, air liur juga membantu membersihkan gigi dan gusi dari sisa-sisa makanan atau kotoran yang menempel.
    7. Menjaga saluran pencernaan

    puasa saat diare

    Daun sirih hijau dan daun sirih merah diketahui dapat membantu meningkatkan produksi lendir yang melindungi kesehatan saluran cerna. Produksi lendir akan mencegah luka pada dinding usus dan lambung yang dapat terjadi karena berbagai hal.

    Daun sirih sangat efektif dalam mengurangi nyeri lambung dan meredakan gejala GERD dan melindungi usus dari racun dan radikal bebas yang berbahaya. Manfaat daun sirih lainnya terhadap kesehatan saluran cerna adalah menormalkan kembali tingkat pH lambung untuk meredakan maag, refluks asam lambung (asam lambung naik), dan rasa sakit yang timbul karena perut kembung.

    Selain itu, daun sirih juga bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme saluran cerna untuk bekerja lebih baik lagi ketika membuang semua materi limbah yang ada di dalam tubuh. Mengunyah daun sirih dapat meningkatkan produksi air liur yang bisa mengikat dan melembutkan makanan. Dengan begitu, Anda bisa menelan dan mengirimkan makanan menuju saluran cerna dengan lebih lancar. Hal ini tentu membantu memudahkan kerja sistem pencernaan Anda.

    Artinya, mengonsumsi daun sirih dapat membantu Anda terhindar dari sembelit dan diare. Daun sirih juga merangsang usus untuk menyerap nutrisi dan mineral penting untuk kesehatan tubuh.
    8. Meningkatkan energi

    otot lebih kuat

    Mengunyah daun sirih dan biji pinang khususnya diketahui dapat meningkatkan energi. Ini karena biji pinang mengandung berbagai zat aktif yang bekerja mirip dengan nikotin, alkohol, dan kafein untuk merangsang tubuh memproduksi hormon adrenalin. Peningkatan hormon adrenalin membuat Anda jadi lebih fikus dan waspada serta lebih berenergi.
    9. Mengobati mimisan

    Anda pasti sudah sangat akrab dengan manfaat daun sirih yang satu ini sejak kecil dulu. Cara kerja daun sirih menyembuhkan mimisan mirip dengan bagaimana daun ini menyembuhkan luka bakar.

    Antioksidan tannin dalam sirih mempercepat respon tubuh untuk menyembuhkan luka, dengan membekukan darah lebih cepat dan menutup sobekan pada pembuluh darah dalam hidung.

    Tak hanya itu. Sebuah penelitian yang dilaporkan dalam Phyto Journal menemukan daun sirih juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Semakin kuat daya tubuh Anda, maka akan semakin cepat luka atau peradangan bisa sembuh.
    10. Obat radang prostat

    pengobatan kanker prostat selain kemoterapi dan operasi

    Daun sirih merah, khususnya, bisa Anda jadikan alternatif untuk mengobati masalah peradangan prostat. Daun sirih merah mengandung antioksidan tanin dan saponin, serta zat aktif hydroxychavicol yang membantu memperbaiki sel-sel di kelenjar prostat agar dapat kembali berfungsi seperti biasa.

    Caranya adalah dengan merebus 3 sampai 5 lembar daun sirih merah yang masih muda dan minum air rebusan daun sirih tersebut sebanyak 3 kali sehari.
    11. Obat batuk

    batuk tidak sembuh

    Rebusan daun sirih merah dipercaya mampu meringankan batuk. Pasalnya, sirih merah mengandung vitamin B dan C serta alkaloid yang meredakan peradangan di tenggorokan penyebab batuk dan tenggorokan gatal.

    Untuk mengobati batuk, Anda bisa mengolah daun sirih merah dengan cara:

        Siapkan 5 lembar daun sirih merah yang sudah dicuci bersih
        Rebus dengan 300 ml air selama 15-20 menit
        Minum 1 kali dalam sehari

    Apa benar ada manfaat daun sirih untuk kewanitaaan?

    Banyak produk pembersih yang mengiklankan manfaat daun sirih untuk kewanitaan. Namun begitu, vagina sebenarnya tidak perlu dibersihkan dengan sabun kewanitaan, vaginal douche, atau dibasuh dengan air rebusan daun sirih alami. Pasalnya, vagina Anda sudah memiliki sistem pembersih otomatisnya sendiri.

    Membersihkan vagina cukup dilakukan satu kali sehari dengan membilasnya pakai waslap yang dibasahi air dan sabun netral (tidak berpewangi dan tidak berbahan kimia keras), atau basuh dengan tangan Anda. angkah selanjutnya cukup dengan menjaga area kewanitaan Anda agar selalu kering dan bersih, serta pakai celana dalam yang tidak ketat, dan pastikan juga bahannya dapat menyerap keringat dengan baik.

    Jika Anda ingin mencuci vagina pakai sabun kewanitaan yang mengandung daun sirih, pastikan juga produk tersebut mengandung povidone iodine dan tidak berpewangi. Bersihkan area vagina dari arah depan ke belakang untuk menghindari kuman dari anus masuk ke vagina. Dan saat Anda menstruasi, sebaiknya Anda rutin ganti pembalut setidaknya 2-3 kali sehari.
    Adakah manfaat daun sirih untuk wajah?

    Kadang, beberapa orang menggunakan rebusan daun sirih sebagai pembilas saat cuci muka demi mendapatkan manfaat daun sirih untuk wajah. Ini karena daun sirih mengandung antioksidan chavicol, zat antiradang, dan antibakteri yang bisa mengobati jerawat meradang serta rasa gatal-gatal di wajah yang mungkin diakibatkannya. Manfaat daun sirih untuk wajah juga dilaporkan dapat mengatasi bintik-bintik hitam di.

    Selain itu, kandungan antimikroba pada daun sirih dipercaya dapat membantu mengatasi alergi, gatal, dan bau badan. Untuk menggunakannya, hancurkan beberapa daun sirih dan ambil ekstrak jusnya. Kemudian, campurkan dengan sedikit kunyit. Setelahnya, Anda bisa mengoleskan di sekitar jerawat atau badan yang gatal. Namun, ada baiknya konsultasikan pada dokter dan ahli herbal untuk penggunaan lebih lanjut.

    Chavicol pada daun sirih juga sering dimanfaatkan untuk mengatasi peradangan, seperti arthritis dan orkitis.
    Meski banyak manfaat daun sirih, waspada juga risiko bahayanya

    Manfaat daun sirih sangat berpotensi untuk menjaga kesehatan tubuh. Mesk begitu, para ahli kesehatan masyarakat dan laporan dari berbagai penelitian medis mulai menyuarakan kekhawatiran terkait berbagai risiko bahaya menyirih.

    Terlalu sering menyirih ditemukan berisiko tinggi memicu kanker mulut dan kanker tenggorokan, ungkap rilis media resmi dari Badan Kesehatan Dunia. Pasalnya, campuran daun sirih, biji pinang, kapur, dan tembakau yang biasa dikunyah bersifat karsinogenik (memicu kanker). Kesimpulan ini diperoleh berdasarkan penelitian dari International Agency for Research on Cancer di Asia Selatan dan Asia Tenggara, yang penduduknya notabene masih sering menyirih.

    Bahan-bahan yang dipakai menyirih juga bersifat keras sehingga bisa menyebabkan luka di mulut. Apalagi kalau menyirih sudah jadi kebiasaan yang tidak bisa dihentikan. Efek buruknya pun jadi makin cepat timbul dan sulit ditangani. Jika sudah cukup parah, kondisi ini menyebabkan mulut dan rahang terasa kaku sehingga sulit digerakkan. Hingga saat ini belum ada obat yang bisa menyembuhkan lesi mukosa mulut. Pengobatan yang ditawarkan hanya mampu meringankan gejala yang muncul.

    Terakhir, manfaat daun sirih juga belum bisa dipastikan sepenuhnya aman untuk ibu hamil. Beberapa penelitian melaporkan bahwa menyirih dapat menyebabkan perubahan genetik pada DNA janin yang dapat membahayakan kandungan, seperti halnya merokok bisa mengakibatkan kecacatan janin. Ibu hamil yang menyirih juga berisiko melahirkan bayi dengan berat badan di bawah normal. Oleh sebab itu, WHO dan para ahli kesehatan masyarakat menghimbau agar ibu hamil tidak menyirih.
     

    Berikut manfaat daun sirih sebagai obat herbal yang bisa menyembuhkan sejumlah penyakit.

     

    1. Batuk

    Melansir dari Kompas.com, daun sirih merah efektif mengobati batuk. Untuk merasakan manfaatnya, Anda perlu siapkan 10 lembar daun sirih merah segar yang tidak terlalu tua.

    Anda rendam daun sirih merah di dalam alkohol 70% selama 30 menit agar bakteri mati.

    Setelah itu, Anda rebus daun sirih merah dengan 4 gelas air dan tambahkan 100 gram gula.

    Anda rebus sampai mendidih dan menyisahkan air satu gelas. Anda minum ramuan tersebut satu sendok tiga kali sehari.

     

    2. Sariawan dan gusi berdarah

    Mengutip dari Kompas.com, daun sirih merah juga bermanfaat sebagai obat herbal sariawan dan gusi berdarah.

    Untuk mendapatkan manfaatnya Anda cukup menyiapkan daun sirih merah lima lembar. Anda cuci daun sirih merah sampai bersih lalu rebus dengan dua gelas air.

    Setelah air rebusan daun sirih merah mendidih dan menyisahkan satu gelas air, Anda dinginkan. Setelah itu Anda gunakan air rebusan daun sirih merah untuk kumur-kumur tiga kali sehari.

     

    3. Obat diabetes

    Diabetes, salah satu penyakit yang umum diderita masyarakat tanah air. Seseorang yang menderita diabetes harus segera diobati agar penyakitnya tidak semakin parah.

    Daun sirih merah bermanfaat sebagai obat herbal diabetes. Hal ini disebabkan daun sirih merah mengandung alkaloid dan flavonoid yang berfungsi menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

    Untuk mendapatkan manfaatnya Anda cukup menyiapkan tiga lembar daun sirih merah setengah tua dan daun keenam atau ketujuh dari pucuk.

    Anda iris daun sirih merah tipis-tipis lalu rebus dengan tiga gelas air atau 600 ml. Anda rebus daun sirih merah sampai mendidih dan menyisahkan air sekitar 1,5 gelas.

    Anda minum 1/2 gelas air rebusan daun sirih merah tiga kali sehari setelah makan.

     

    4. Obat sakit jantung

    Daun sirih merah dipercaya efektif mengobati penyakit jantung. Mengutip dari buku berjudul Sehat Alami dengan Herbal: 250 Tanaman Berkhasiat Obat, Anda hanya perlu menyiapkan bahan-bahan berikut ini untuk mengobati penyakit jantung.

    Bahan:

        Daun sirih segar berukuran sedang 3-4 lembar
        Air 4 gelas atau 800 ml

    Anda cuci bersih daun sirih merah lalu rebus dengan air sampai mendidih dan menyisahkan air dua gelas. Anda saring air rebusan daun sirih merah.

    Anda minum segelas air rebusan daun sirih merah selagi hangat dua kali sehari sebelum makan.

     

    5. Merawat organ kewanitaan

    Sejak zaman dahulu, daun sirih merah dipercaya efektif mengobati keputihan dan merawat organ kewanitaan. Hal ini disebabkan daun sirih merah bersifat antiseptik.

    Bila Anda ingin mencoba merawat organ kewanitaan, Anda rebus delapan daun sirih merah tua yang sudah dipotong kecil-kecil dengan 800 ml air.

    Setelah mendidih, Anda dinginkan air rebusan daun sirih merah. Lalu, Anda gunakan untuk membersihkan organ kewanitaan dua kali sehari.

     

    6. Obat kanker dan tumor

    Daun sirih merah bersifat antikanker dan mengandung alkaloid yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Hal inilah yang membuat daun sirih merah dipercaya mampu menumpas penyakit kanker dan tumor.

    Melansir buku berjudul Kitab Tumbuhan Obat, karya Ir. R. Syamsul Hidayat, M.Si., Rodame M. Napitupulu, S.P.,M.M ada dua cara mengolah daun sirih merah sebagai obat herbal kanker dan tumor.

    Pertama, daun sirih merah segar direndam di dalam air selama 30 menit. Setelah itu dikeringkan selama satu jam. Saat sudah kering Anda simpan daun sirih merah ditempat kedap udara.

    Kedua, Anda rebus daun sirih merah segar dengan dua gelas air. Anda rebus daun sirih merah sampai mendidih dan menyisahkan air sekitar satu gelas.

    Anda bagi air rebusan daun sirih merah menjadi tiga dalam ukuran yang sama. Anda minum air rebusan daun sirih merah tersebut tiga kali sehari sebelum makan.

    Sekedar info, cara kedua di atas khusus untuk mengobati penyakit tumor payudara.

     

    7. Radang mata

    Daun sirih merah juga efektif meredakan radang mata. Untuk merasakan manfaatnya, Anda siapkan 4 lembar daun sirih merah agak muda.

    Anda cuci lalu rebus dengan dua gelas air sampai mendidih dan menyisahkan air satu gelas.

    Setelah dingin, Anda gunakan air tersebut untuk merendam mata yang sakit. 




    Manfaat daun sirih merah bagi kesehatan sudah diketahui sejak dahulu kala. Berkat manfaatnya ini, daun sirih merah digunakan secara turun-temurun di Indonesia sebagai salah satu obat tradisional untuk menangani sejumlah masalah kesehatan.

    Di Indonesia, daun sirih merah (Piper crocatum) biasanya dikonsumsi dengan cara diminum air rebusannya atau dikunyah langsung. Selain itu, ada juga suplemen yang dibuat dari ekstrak daun sirih merah.

    6 Manfaat Daun Sirih Merah bagi Kesehatan - Alodokter
    Manfaat Daun Sirih Merah bagi Kesehatan

    Anda bisa mendapatkan manfaat daun sirih merah berkat beragam senyawa yang terkandung di dalamnya, seperti flavonoid, fenol, alkaloid, polifenolat, tanin, saponin, dan senyawa minyak atsiri.

    Berikut adalah beragam manfaat daun sirih merah bagi kesehatan:
    1. Mempercepat penyembuhan luka

    Sirih merah mengandung senyawa saponin. Sifat antiseptik yang dimiliki senyawa ini bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka terbuka.

    Selain itu, senyawa tanin di dalam daun sirih merah juga dapat memicu terbentuknya kolagen (protein yang memberi tekstur elastis pada kulit). Kolagen dapat membuat tepi luka untuk menyusut dan menutup. Dengan begitu, luka bisa sembuh dengan lebih cepat.
    2. Mencegah infeksi bakteri

    Mencegah infeksi bakteri juga merupakan manfaat daun sirih merah lainnya. Penelitian menyebutkan bahwa fenol dan flavonoid dalam daun sirih merah memiliki sifat antibakteri, sehingga mampu menghambat perkembangan bakteri Staphylococcus, yang dapat menyebabkan infeksi methicillin-resistant Staphylococcus aereus (MRSA).
    3. Mengobati rheumatoid arthritis

    Penelitian menyatakan bahwa ekstrak daun sirih merah memiliki potensi untuk digunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan rheumatoid arthritis.

    Pasalnya, berbagai senyawa di dalam daun sirih merah, seperti flavonoid dan fenol memiliki sifat antiinflamasi, yang bermanfaat unuk meredakan peradangan akibat penyakit rheumatoid arthritis.
    4. Melawan radikal bebas

    Kandungan flavonoid, tanin, polifenol, dan alkaloid dalam daun sirih merah memiliki sifat antioksidan yang sangat baik. Sifat antioksidan ini bermanfaat untuk melawan radikal bebas berlebih yang berpotensi menyebabkan kerusakan sel-sel dalam tubuh.

    Dengan begitu, Anda juga akan terhindar dari risiko mengalami berbagai penyakit kronis akibat radikal bebas berlebih, seperti aterosklerosis, penyakit jantung iskemik, penyakit Alzheimer, dan kanker.
    5. Mengobati diabetes

    Daun sirih merah juga sudah lama digunakan sebagai salah satu obat tradisional untuk mengatasi penyakit diabetes. Penelitian menyebutkan bahwa daun sirih merah mampu menurunkan kadar gula berlebih dalam darah sebesar 10–38%.

    Manfaat daun sirih merah yang satu ini diduga didapat dari kandungan alkaloid, flavonoid, dan tanin yang ada di dalamnya.
    6. Mencegah pembentukan plak gigi

    Daun sirih merah juga bermanfaat untuk mencegah pembentukan dan mengurangi penumpukan plak gigi. Manfaat daun sirih merah ini didapatkan dari minyak atsiri yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab plak gigi, seperti Streptococcus mutans, Lactobacillus caesal, dan Actinomices viscosus.

    Meski memang ada banyak manfaat daun sirih merah, tetapi beragam manfaat tersebut masih perlu diteliti lebih lanjut.

    Jadi, jika Anda ingin menggunakan daun sirih merah sebagai obat untuk mengatasi penyakit tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter. Dengan begitu, dokter bisa merekomendasikan pengobatan yang tepat, sesuai kondisi kesehatan Anda.

     

     

    Perhatian!!

    Perlu Anda ketahui, ibu menyusui dan perempuan hamil sebaiknya menghindari untuk menggunakan daun sirih merah. Sedangkan, untuk anak-anak sebaiknya tidak menggunakan daun dirih merah secara berlebihan.  

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Wisata

    +