• Jelajahi

    Copyright © 2015-Bedadung
    Bedadung

    Iklan

    Opini

    Bupati Hendy: Tugas Paskibraka Bukan Hanya Pengibar Bendera

    Jumat, Agustus 13, 2021 WIB Last Updated 2021-08-12T22:48:15Z


    Jember -- Bupati Hendy Siswanto mengatakan bahwa Paskibraka bukan hanya sebagai pasukan pengibar bendera saja, tetapi juga sebagai panutan dan harus memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi. Hal itu dikatakan Bupati Hendy Siswanto saat mengukuhkan 73 orang pelajar sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Jember yang berlangsung di Aula PB Sudirman Gedung Pemkab Jember, Kamis (12/08/2021).


    Bupati juga menyampaikan tugas Paskibraka bukan hanya pengibar bendera, tetapi Paskibra juga harus mampu menjadi panutan, keteladanan sebagai pelajar berprestasi, disiplin dan bermoral.


    “Kalian sebagai anggota Paskibraka adalah siswa-siswi terpilih, tugas kalian bukan hanya sebagai pasukan pengibar bendera pada upacara HUT ke 76 Republik Indonesia pada 17 Agustus mendatang, akan tetapi kalian juga harus mampu jadi panutan, keteladanan sebagai pelajar yang berprestasi, displin dan bermoral serta memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi, laksanakanlah tugas kalian sebagai Paskibraka dengan penuh semangat dan dedikasi yang tinggi,” pesan Bupati Hendy Siswanto.

     

    Dalam upacara pengukuhan tersebut para paskibraka membacakan ikrar Paskibraka dengan dipimpin oleh Bupati Jember Ir. Hendy Siswanto sebagai janji penghormatan dan pernyataan pengabdian serta kesetiaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

     

    Paskibra yang dikukuhkan tersebut merupakan pelajar dari beberapa sekolah tingkat menengah atas (SMA, MA, SMK) baik negeri maupun swasta dari dari 36 lembaga sekolah untuk mengawal dan mengibarkan merah putih pada acara upacara peringatan HUT ke-76 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2021 mendatang.

     

    Upacara diawali dengan pembacaan laporan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga, bahwa penjaringan Paskibraka ini dilaksanakan secara terbuka bagi pelajar sekolah menengah atas yang telah dimulai sejak 1 April 2021 lalu. Dalam penjaringan tersebut sebanyak 75 pelajar dinyatakan lulus seleksi Paskibraka, dimana dua orang pelajar dikirim untuk bertugas menjadi Paskibraka tingkat Provinsi dan 73 orang pelajar bertugas menjadi Paskibraka tingkat Kabupaten Jember. Mereka yang dikukuhkan itu telah dinyatakan melewati seleksi administrasi, tinggi badan, fisik dan pemahaman baris-berbaris, serta telah mengikuti pembinaan tahap 1 dan tahap 2. (*)

    Komentar

    Tampilkan

    Terupdate

    Wisata

    +