• Jelajahi

    Copyright © Bedadung
    media news network

    Iklan

    Iklan Beranda

    Upaya Lestarikan Musik Patrol Khas Jember

    , Juni 23, 2021 WIB

     

    Jember -- Musik Patrol merupakan warisan budaya asli milik Kabupaten Jember, oleh karena itu masyarakat Jember harus terus melestarikan dan mempertahankan agar tidak di klaim oleh pihak lain. 
     
     “Warga Jember harus paham tentang apa yang dimiliki Kabupaten Jember ini bahwa Musik Patrol ini memang warisan budaya kita. Ini langkah kami untuk meningkatkan kesadaran akan budaya milik kita sendiri supaya tidak diambil pihak lain,” jelas Bupati Hendy dalam sambutannya di acara diskusi publik terkait Musik Patrol yang diselenggarakan Pemkab Jember. 
     
    Bupati Jember Hendy Siswanto didampingi Wakil Bupati Jember MB Firjaun, Jajaran Forkopimda, Kepala Disparbud Jember, Kepala Diskominfo serta Para Budayawan, menghadiri diskusi publik bertajuk.

     “Meneropong Warisan Budaya Tak Benda” dengan pembahasan utama mengenai Musik Patrol yang diselenggarakan oleh Pemkab jember di kawasan Wisata Puncak Rembangan, Selasa (22/06/2021).

     Diskusi digelar dengan menerapkan protokol CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment), dan ditayangkan secara langsung sehingga dapat disaksikan seluruh warga Jember. Dalam sambutannya, Bupati menceritakan bahwa dirinya bermain Musik Patrol sejak duduk di bangku SD sampai remaja. 

    "Awalnya di Jember ini hanya ada dua kampung yang ada grup musik patrolnya, yakni kampung Ledok dan kampung Kauman, lainnya belum ada. Dan terus berkembang sampai saat ini menjadi warisan budaya Jember," papar H. Hendy. Lebih lanjut H. Hendy mengatakan Musik 

    Patrol dimainkan setiap bulan Ramadhan, berjalan dari kampung ke kampung untuk membangunkan serta memberikan hiburan menjelang waktu sahur, dan itu turun temurun menjadi tradisi hingga sekarang. Bupati Jember, Hendy berharap Musik Patrol nantinya tidak hanya ditampilkan saat bulan Ramadhan saja, tetapi ditampilkan sepanjang tahun dan harus bisa menggerakkan perekonomian juga. 

     Di sela-sela acara tersebut, Bupati Hendy didampingi Wabup Jember KH. MB. Firjaun Barlaman juga menyerahkan penghargaan kepada Misnawar sang maestro pencipta lagu Watu Ulo. (lum/hms)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Wisata

    +