• Jelajahi

    Copyright © 2015-Bedadung
    Bedadung

    Iklan

    Opini

    Aspal Diuji Coba Dulu, Selanjutnya 1080 Km Jalan

    Rabu, Juni 02, 2021 WIB Last Updated 2021-06-25T00:59:22Z

     


    Jember -- Dinas PU Bina Marga dan SDA Jember mempublish kepada publik pelaksanaan trial atau uji coba kualitas aspal jalan, produk beberapa perusahaan AMP (Asphalt Mixing Plant) yang nantinya akan menjadi rekanan Pemkab Jember untuk memuluskan jalanan di wilayah Jember.


    Pengamparan aspal sudah dilakukan di Jalan Tidar, tepatnya di depan markas Yonif Raider 509 Kostrad, dan di ruas Jalan Udang Windu, Kelurahan Mangli, Kecamatan Kaliwates, Jember, Senin (31/05/2021).


    Direncanakan untuk hari Rabu (02/06/2021) pengamparan aspal di Jalan Teratai, kemudian berikutnya hari Kamis di Jalan Pajajaran. Total direncanakan sebanyak 11 titik ruas jalan yang akan dijadikan lahan uji coba.


    Menurut Plt Kadis Pekerjaan Umum Bina Marga Sumber Daya Air (PU BMSDA) Rahman Anda ada 12 perusahaan AMP yang akan melakukan trial. "Dari 12 perusahaan tersebut 5 perusahaan lokal, 7 perusahaan dari luar Jember," ungkap Rahman.


    Kepada sejumlah wartawan di lokasi, Rahman Anda mengatakan uji coba dilakukan dengan maksud untuk mengetahui kualitas produksi dari masing-masing perusahaan yang nantinya akan ditunjuk sebagai supplier bahan AMP yang akan digunakan dalam semua proyek-proyek pengerjaan jalan di Kabupaten Jember. 


    "Ini tahap awal untuk mengetahui kualitas apakah aspal produk AMP, secara teknis masuk di dalam spesifikasi kriteria teknis sesuai persyaratan. Kita akan lakukan uji laboratorium untuk mengetahui kaitan dengan kadar aspal, kepadatan, gradasi dan uji ketebalan," jelasnya.


    "Masing-masing perusahaan AMP juga diminta untuk melakukan pengujian di laboratorium yang  independen, seperti di (Universitas) Petra, ITS, Unej, ITN mereka (boleh) milih sendiri,” pungkasnya.


    Rahman menambahkan, masing-masing perusahaan yang memproduksi hotmix (aspal panas) ini diwajibkan untuk melakukan trial/ujicoba dengan menghampar hotmix masing-masing sebanyak 50 ton berjenis Lapisan Aspal Beton (Laston) Asphalt Concrete - Binder Course (AC-BC) dengan ketebalan 6 cm dan Laston Lapis Aus ( Asphalt Concrete-Wearing Course (AC-WC) dengan ketebalan 4 cm.


    Sementara itu Ketua Komisi C DPRD Jember David Handoko Seto yang datang di lokasi mengatakan, trial ini menunjukkan upaya pemerintahan Bupati Hendy dan Wabup Gus Firjaun memenuhi janji selama masa kampanye. 


    "Awal yang baik bentuk komitmen bupati dan wakil bupati merealisasikan janji kerjanya. Meskipun ini trial masyarakat Jember boleh senang hati, bahwa mulai hari ini pengaspalan jalan sepanjang 1080 Km akan dilakukan, dan diselesaikan tahun ini,” katanya.  


    David menyatakan akan menjalankan fungsi pengawasan yang dimilikinya sebagai anggota dewan terhadap pelaksanaan uji coba ini.


    “Kalau nanti ada perusahaan AMP yang main-main dengan uji coba ini, maka kami akan merekomendasikan untuk tidak dipakai," tegasnya.


    Sebagai wakil rakyat David mengatakan "Saya akan tetap  mengawasi proses pembangunan infrastruktur yang menggunakan dua skema anggaran tahun tunggal dan tahun jamak (multi years)."  Pungkasnya. (lum/hms)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Wisata

    +