• Jelajahi

    Copyright © Bedadung
    media news network

    Iklan

    Iklan Beranda

    Sejarah Terowongan Mrawan Panjang 690 m Selesai tahun 1910

    , Maret 10, 2021 WIB
    Pembangunan Terowongan Mrawan


    Terowongan Mrawan adalah terowongan yang menghubungkan Jalur Kereta Api antara Jember dan Banyuwangi. Lokasi Terowongan Mrawan ini terletak di dekat Stasiun Mrawan, termasuk wilayah Sidomulyo, Silo, Kabupaten Jember. 


    Pembangunan Terowongan Mrawan


    Terowongan Mrawan ini dibangun tahun 1901-1902 dan selesai tahun 1910 oleh Staatsspoorwegen (SS), perusahaan kereta api Hindia Belanda, dengan panjang 690 m. Di sebelah barat lautnya, terletak Terowongan Garahan.


    Pembangunan Terowongan Mrawan



    Letak terowongan ini berdekatan dengan Stasiun Mrawan dan kawasan wisata Gumitir. Pemandangan di sekitar terowongan ini sangat indah. Terowongan ini menembus Gunung Gumitir yang membatasi Kabupaten Jember dengan Kabupaten Banyuwangi. Pada saat terowongan ini dibangun, bagian yang terlebih dahulu dibangun adalah tembok sebelah kiri dan kanan pada tahun 1901-1902, kemudian dilanjutkan dengan konstruksi lengkung penutup terowongan yang memakan waktu sekitar delapan tahun, hingga akhirnya rampung pada tahun 1910.

     



    Terowongan ini dikelola oleh Daerah Operasi IX Jember dan dijaga oleh petugas jaga terowongan (PJTW) yang bermarkas di Stasiun Mrawan yang terletak tidak jauh dari terowongan ini. Nama Mrawan berasal dari sungai yang mengalir di dekat kompleks stasiun maupun terowongan ini. Arsitektur terowongan ini sekilas mirip dengan Terowongan Sasaksaat di Cipatat, Bandung Barat. 













    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Wisata

    +