• Jelajahi

    Copyright © Bedadung
    media news network

    Iklan

    Iklan Beranda

    Universitas Jember Targetkan Akreditasi Secara Internasional

    , November 10, 2020 WIB
    Foto: Upacara peringatan Dies Natalis Universitas Jember Ke 56 (UNEJ for bedadung.com)

    Jember, bedadung.com -- Rektor Universitas Jember targetkan akreditasi Universitas Jember secara Internasioal. Hal itu disampaikan saat melakukan pidato peringatan ambutan dalam upacara peringatan Dies Natalis Universitas Jember ke 56 yang digelar di auditorium Universitas Jember (10/11).. Dihari yang istimewa itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim turut hadir secara daring.

    Menteri Pendidikan dan Kebudayan, Nadiem Makarim minta agar Universitas Jember menjadi perguruan tinggi yang adaptif, fleksibel dan berorientasi masa depan. Untuk itu perguruan tinggi harus berani mendisrupsi dirinya dengan memberikan bekal pengalaman kehidupan di luar kampus kepada mahasiswanya sesuai dengan kondisi saat ini. Seperti yang dicanangkan oleh Kemendikbud melalui program Kampus Merdeka. 

    Foto: Upacara peringatan Dies Natalis Universitas Jember 56 Tahun (UNEJ for bedadung.com)

    “Saat ini dunia pendidikan tinggi di seluruh dunia tengah menghadapi tantangan karena kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, serta gegara pandemi Covid-19 sehingga proses belajar mengajar dilakukan secara daring. Jika perguruan tinggi tidak memberikan bekal tambahan bagi mahasiswa maka akan sulit bagi kita untuk menyediakan sumber daya manusia yang unggul yang bisa membawa Indonesia melompat maju. Untuk itu melalui program Kampus Merdeka  kami memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk merasakan dunia kerja semasa masih belajar di kampus,” jelas Nadiem Makarim.

    Kesempatan tersebut juga diberikan kepada dosen sehingga nantinya diharapkan mampu menggali pengalaman yang nantinya membawa ilmu yang dimanfaatkan di kampus. Kampus pun diminta membuka kesempatan bagi praktisi untuk mengajar di perguruan tinggi. “Kampus juga harus bertransformasi agar mampu mengantisipasi tantangan jaman dan bersinergi dengan ekosistem dunia kerja, institusi riset dan perguruan tinggi kelas dunia. Untuk mengakselerasi transformasi perguruan tinggi di Indonesia Presiden Joko Widodo bersama Kemendikbud telah meluncurkan inisiatif Merdeka Belajar episode enam yang berisi transformasi pendanaan bagi perguruan tinggi di Indonesia,” imbuh Mas Menteri.

    Foto: Upacara peringatan Dies Natalis Universitas Jember 56 Tahun (UNEJ for bedadung.com)

    Harapan Mendikbud disambut oleh Rektor Universitas Jember, Iwan Taruna. Dalam pidato diesnya, selain memaparkan kondisi terkini Kampus Tegalboto, Iwan Taruna menyatakan kesiapan Universitas Jember menjalankan program Kampus Merdeka. “Universitas Jember telah menjalin kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi dan institusi pendukung lainnya, tahun depan kami juga akan beralih status menjadi Badan Layanan Umum, termasuk mencapai target lima persen dari program studi yang terakreditasi A, akan terakreditasi secara internasional,” tutur Iwan Taruna.

    Sebelum pelaksanaan acara peringatan dies natalis dilaksanakan, keluarga besar Universitas Jember terlebih dahulu mengikuti upacara bendera di Gedung Soetardjo yang dilakukan dengan mengikuti protokol Covid-19, di antaranya hanya boleh diikuti oleh dua perwakilan dari tiap fakultas dan unit kerja. “Mengingat masih dalam kondisi pandemi Covid-19, maka rangkaian peringatan Dies Natalis Universitas Jember ke 56 dilaksanakan secara sederhana dan meminimalkan tatap muka serta pengumpulan massa,” pungkas Iwan Taruna. (*)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Wisata

    +