Peringati Hari Jadi Provinsi Jatim, Pemkab Jember Gelar Upacara

Peringati Hari Jadi Provinsi Jatim, Pemkab Jember Gelar Upacara

Selasa, Oktober 13, 2020


Jember,--Dalam rangka  memperingati Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke 75, Pemerintah Kabupaten Jember menggelar upacara sederhana di depan Kantor Pemkab Jember, jalan Soedarman no. 1 Kabupaten Jember, Senin ,(12/10/2020). 

Plt Bupati Jember,  Drs. KH. A Muqit  bertindak sebagai Inspektur Upacara. 


Selain Plt Bupati Jember, upacara kali ini juga dihadiri Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin, Kapolres Jember, AKBP Aris Supriyono, Kejaksaan Negeri Jember, DPRD Jember, serta tamu undangan.

Dalam amanatnya, Plt Bupati Muqit Arief membacakan Sambutan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa. Menurutnya, Peringatan Hari Jadi Provinsi sejatinya merupakan penghormatan terhadap lahirnya pemerintahan Provinsi Jawa Timur yang ditandai dengan dimulainya penyelenggaraan pemerintahan pada 12 Oktober 1945 dengan Gubernur Pertama, yakni Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo dan penerusnya.

Masyarakat Jawa Timur yang kental dengan semangat gotong royong, kepeloporan dan kejuangan, toleran, santun dan agamis menjadi modal dasar pembangunan yang sangat fundamental sebagaimana tercatat dalam perjalanan sejarah Provinsi Jawa Timur.

Untuk tahun ini, Peringatan Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke 75 bertema “Semangat Nawa Bhakti Satya untuk Jatim Maju”. Tema tersebut berisikan tekad bahwa di tengah Pandemi Covid-19, semangat untuk mewujudkan masyarakat Jawa Timur yang terdepan, religious dan sejahtera lahir batin melalui 9 bhakti bagi Jawa Timur, tetap terjaga.

“Provinsi Jatim punya 9 bhakti, yakni Jatim sejahtera, Jatim kerja, Jatim cerdas dan sehat, Jatim akses, Jatim berkah, Jatim agro, Jatim berdaya, Jatim amanah,dan  Jatim harmoni. Mari kita jaga semua ini dengan sebaik-baiknya,” ucap Khofifah dalam teks sambutannya.

Di akhir sambutannya, Gubernur Jatim mengajak seluruh masyarakat untuk mensukseskan 4 hal penting. Diantaranya mensukseskan Pilkada serentak di 19 Kabupaten di Jatim, merapatkan barisan untuk mencapai target kualitatif dan kuantitatif Nawa Bhakti Satya sebagaimana RPJMD yang telah terancang dan disepakati, Konsistensi dan kesiapsiagaan dalam mengatasi dampak Pandemi Covid-19, serta tetap menjadikan Jawa Timur tetap aman dan kondusif.

Sementara itu, usai upacara digelar, Plt Bupati Muqit Arief kepada awak media yang mewawancarainya menyampaikan,  terkait dengan tekadnya untuk menyelesaikan APBD. "Insyaallah dalam waktu dekat (Gubernur dan Sekda Prov) akan mendampingi  kami untuk melangjah yang memang harys diselesaikan, terutana yang berkenaan dengan APBD, Pemprov sangat respek tentang hal tersebut," tutur Plt Bupati Jember. (mst) 


TerPopuler