Kartu Tani Diharapkan Bermanfaat Bagi Petani

Kartu Tani Diharapkan Bermanfaat Bagi Petani

Jumat, September 11, 2020
 

Jember, kabarejember.com 

---Di tengah pandemi covid -19, yang memporakpmemporak porandakan semua sendi perekononian,  Wakil Bupati Jember Drs. KH. A. Muqit Arief mendorong semua pihak untuk terus menyosialisasikan kepemilikan kartu tani. Sebab, kartu itu sangat bermanfaat bagi petani.

Keberadaan Kartu Tani diharapkan membawa dampak yang positif terutama bagi petani.  


“PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan), gapoktan, poktan, perangkat desa, perangkat kecamatan hendaknya terus proaktif untuk menyampaikan kepada para petani, agar segera daftar kartu tani, dan membantu kelancaran pendaftarannya,” harap Wabup.


Selain menyosialisasikan kepemilikan kartu, wabup berharap juga menyosialisasikan manfaat dan akses yang didapat dengan menggunakan kartu tani itu.


Dengan menggunakan Kartu Tani, para petani dapat mengajukan kredit usaha di lembaga perbankan dan keuangan yang telah ditunjuk oleh pemerintah.


Harapan itu disampaikan Wabup Muqit saat menyalurkan kartu tani di Kecamatan Sumberjambe, Kamis, 10 September 2020. Total kartu tani yang disalurkan sejumlah 811.


Dari sejumlah desa di Kecamatan Sumberjambe, Desa Jambearum tercatat paling banyak mendapatkan kartu tani, yakni 501.


Sementara desa lainnya, Desa Plerean mendapat 63 kartu, Jambearum mendapat 501 kartu, Pringgodani mendapat 7 kartu, serta Rowosari mendapat 209 kartu.


“Jambearum salah satu desa yang paling banyak mendapatkan kartu tani, sejumlah 501. Ini menunjukkan kekompakan para petani,” ujar Muqit Aeief 


Wabup mengingatkan, bagi yang belum mendapatkan agar segera mendaftar. Sebab, Kartu Tani ini sangat penting untuk memenuhi hak-hak petani dalam mengelola pertanian.


Dengan kartu itu, hak mendapatkan pupuk bersubsidi dapat tersalurkan dengan baik dan tepat sasaran.


“Langsung tersalurkan ke petani, tidak melalui orang-orang yang tidak bertanggungjawab,” ucapnya.


Selain untuk mendapatkan pupuk itu, kartu tersebut juga bisa untuk mengajukan KUR (Kredit Usaha Rakyat). “Serta dapat digunakan untuk menabung, seperti hasil panen dapat ditabung,” katanya, seraya berpesan agar menyimpan kartu dengan baik.


Sementara itu, Kepala Desa Jambearum Sutikno, menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran wabup. “Akhirnya Desa Jambearum dihadiri Kiai Muqit, dan kartu tani dapat diserahkan langsung,” katanya.


Menurutnya, mayoritas masyarakat Desa Jambearum adalah petani. “Alhamdulillah sebagian sudah mendapatkan kartu tani. Untuk ke depan, semoga semua para petani lainnya dapat segera mendaftar untuk dapat kartu tani, dan semoga perangkat desa siap melayani para petani,” kata Sutikno. (SGM) 


TerPopuler