Cegah Covid-19, Operasikan Smartphone dengan Sensor Gerak Tangan

Cegah Covid-19, Operasikan Smartphone dengan Sensor Gerak Tangan

Minggu, Agustus 16, 2020
Minimalkan Sentuh Layar, Pakai Sensor Smart Air Control

idealoka.com (Surabaya) – Beragam kecanggihan teknologi smartphone baru mulai bermunculan dan kian marak di pasaran. Bahkan, seiring dengan meningkatnya kebutuhan terhadap kecanggihan teknologi tersebut, tak jarang membuat produsen smartphone bersaing mengeluarkan produk dengan inovasi dan fitur-fitur terbaru yang menarik dan menjadi andalan.

Sama halnya yang tengah dilakukan oleh salah satu produsen smartphone di Indonesia, OPPO. Sebuah produk dengan teknologi baru, yakni OPPO Reno 4 telah diciptakan dan dikeluarkan. Produk yang diusung tersebut memiliki beragam feature dan teknologi khusus yang disematkan di dalamnya.

Regional Manager OPPO Surabaya City, Tao Yang, mengatakan Reno 4 memberikan banyak solusi kebutuhan untuk user. Selain ditunjang dari segi desain Ultra Slim Body dan Dual Punch Hole Display, Reno 4 juga memberikan berbagai feature baru di bagian kameranya.

BACA : 3Dentist, Startup Produksi Gigi Tiruan Berbasis 3D Printer

“Di antaranya A.I Colour Portrait, A.I Monochrome Video, 960fps Smart Slow Motion, Night Flare Potrait, dan Ultra Steady Video 3.0,” kata Tao di Pakuwon Mall, Surabaya, dikutip dari jatimnet.com, Sabtu, 15 Februari 2020.

A.I Colour Portrait adalah teknologi terbaru yang memberikan hasil foto dan merekam video dengan background hitam putih, namun obyek tetap terlihat berwarna. Sedangkan A.I Monochrome Video akan membuat hasil video lebih artistik karena semua warna akan dibuat hitam putih kecuali 3 warna RGB (Red, Green, Blue).

“Kemudian feature 960fps Smart Slow Motion akan membuat video pendek dengan efek slow motion dan hasilnya terlihat lebih detail, Night Flare Potrait menjadikan hasil foto di malam hari minim noise, dan Ultra Steady Video 3.0 yang membuat hasil video akan tetap stabil meski tanpa menggunakan stabilizier atau alat bantu lain,” ia menerangkan.

Menariknya lagi, Reno 4 juga menghadirkan Smart Spying Prevention yang membuat orang lain tidak bisa melihat pesan notifikasi masuk di smartphone user. Bahkan, kemudahan yang lain juga diberikan dengan hadirnya teknologi Smart Air Control menggunakan AON Smart Sensor hingga membuat pengguna lebih mudah untuk menggunakan smartphonenya.

“Sensor ini akan bertugas ketika tangan kita kotor atau kita sedang makan tiba-tiba ada panggilan masuk. Maka dengan gestur (gerak) tangan saja, kita bisa menerima panggilan telepon dengan mudah,” ia menuturkan.

Sementara itu, Head Trainer OPPO Surabaya City, Yuyun, menambahkan Smart Air Control juga bisa digunakan untuk user saat bersosial media. Pasalnya, ketika user ingin berpindah konten, cukup dengan menggunakan gestur tangan saja dan konten akan berpindah. Ini membuat user jauh lebih mudah menggunakan smartphonenya tanpa menyentuh layar.

BACA : Mahasiswa PENS Ciptakan “Gena”, Gelang Pendeteksi Pasien Corona

“Ini ada beberapa aplikasi seperti TikTok, Youtube, Instagram, dan Facebook yang bisa dijalankan ketika air gesture (sensor gerak tangan) kita aktifkan. Karena dia (Smart Air Control) itu ikut sensor ya, jadi kalau misalnya sensor itu dekat sama tangan kita maka sensor itu akan langsung bekerja. Jarak sensor bekerja bisa sampai dua meter,” kata Yuyun.

Dengan meminimalkan sentuh layar smartphone, maka akan memperkecil potensi penularan mikroba termasuk Covid-19 yang mungkin menempel di telapak tangan maupun layar smartphone.

Dibandrol dengan harga Rp5 jutaan, penjualan perdana smartphone dengan waktu pengecasan hanya 56 menit saja itu dilakukan mulai, Sabtu, 15 Agustus 2020, dengan menyasar segmen user berusia 25-35 tahun. Meski diluncurkan di tengah pandemi seperti sekarang ini, Tao optimistis produk yang ditawarkan bisa laku keras.

“Pasti optimis karena semenjak kita mulai pre-order itu kelihatan sangat ramai (peminatnya). Kategori orang yang sudah mulai bekerja namun masih sangat tertarik dengan sejumlah fitur barunya (produk) itu juga masih banyak,” Tao memungkasi. (*)

TerPopuler