UNEJ Kembali Luncurkan Beasiswa Berkarya 2020

UNEJ Kembali Luncurkan Beasiswa Berkarya 2020

Selasa, Mei 19, 2020


Jember,kabarejember.com
---Universitas Jember kembali meluncurkan Program Beasiswa Berkarya 2020 bagi mahasiswa, kali ini untuk bidang Tracer Study. Menurut Iwan Taruna, Rektor Universitas Jember, Program Beasiswa Berkarya adalah beasiswa yang bertujuan membantu para mahasiswa, khususnya yang berasal dari keluarga kurang mampu dan sekaligus memberikan pengalaman kerja yang diharapkan dapat menjadi bekal saat mereka lulus nanti. Bagi mahasiswa yang lolos seleksi akan menjalani magang membantu Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan SDM, Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Jember dalam melaksanakan tracer study.

“Kami berharap adanya Program Beasiswa Berkarya di masa pandemi Covid-19 dapat meringankan beban finansial mahasiswa. Oleh karena itu dalam proses seleksinya, kami mengutamakan mahasiswa Universitas Jember yang kurang mampu yang mendapatkan Uang Kuliah Tunggal di kelompok pertama dan kedua, memiliki IPK minimal 3, dan saat ini sedang tidak menerima beasiswa. Selama magang dari bulan Juni hingga Desember nanti, mereka akan menerima beasiswa sebesar 400 ribu rupiah per bulannya,” jelas Iwan Taruna.

Sementara itu Rokhmad Hidayanto, Kepala Sub Bagian Humas, menambahkan, semua mahasiswa yang memenuhi persyaratan, hari ini (19/5) telah menerima notifikasi melalui akun Sistem Informasi Terpadu (Sister) masing-masing. “Silahkan mahasiswa yang menerima notifikasi melakukan pendaftaran dengan mengikuti petunjuk yang ada. Jangan lupa menyertakan surat pernyataan sedang tidak menerima beasiswa dan surat pernyataan sanggup mematuhi aturan yang ada. Kedua surat pernyataan tadi cukup diketik dan ditandatangani oleh pendaftar, tidak perlu meminta tandatangan dari fakultas mengingat kondisi saat ini dimana mahasiswa tengah study from home,” imbuhnya.

Untuk diketahui, Program Beasiswa Berkarya tahun ini memasuki pelaksanaan tahun ketiga semenjak dimulai tahun 2018 lalu. Selain bidang tracer study, bidang lain yang pernah membuka  kesempatan magang mahasiswa diantaranya kehumasan, layanan perpustakaan, layanan laboratorium dan lainnya.  Menurut rencana Universitas Jember akan merekrut 83 mahasiswa yang akan membantu Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan SDM, Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Jember dalam melaksanakan tracer study. Sebelum melakukan magang, nantinya mahasiswa akan mendapatkan pelatihan dari LP3M. “Program Beasiswa Berkarya Bidang tahun ini memang baru di bidang tracer study, namun tidak menutup kemungkinan akan dibuka untuk bidang layanan lainnya,” pungkas Rokhmad Hidayanto. (mia/iza/iim/hms)

TerPopuler