Satgas Covid-19 Muspika Puger Lakukan Rapid Test Covid-19

Satgas Covid-19 Muspika Puger Lakukan Rapid Test Covid-19

Kamis, Mei 21, 2020

Jember, kabarejember.com
--- Tindakan preventif  penyebaran covid-19 dilakukan Pemkab Jember dengan mengadakan rapid test covid-19  terhadap personil satgas covid-19 Muspika Puger yang terlibat aktif  penanganan dan pencegahan covid-19, Rabu (20/05)pagi.

Pelaksanaan rapid test covid-19 bertempat di Puskesmas Puger, diikuti oleh personil dari Polsek Puger, Koramil 0824/21 Puger, Polisi PP, dan sopir ambulans, dengan menerapkan prosedur covid-19, menggunakan masker dan menjaga jarak. Mereka adalah personil satgas covid-19 yang selama ini aktif dalam penanganan pencegahan covid-19, seperti terlibat dalam posko covid-19 di perbatasan, menangani ODP atau PDP, mengantar pasien ke JSG, ataupun kegiatan lain yang berkaitan dengan covid-19.

Petugas medis yang bertugas melakukan test menggunakan APD lengkap sesuai prosedur penanganan covid-19,  mengambil sampel darah peserta test satu persatu. Sampel darah diambil  melalui ujung jari yang kemudian diteteskan ke alat rapid test. Selanjutnya cairan untuk menandai antibodi diteteskan ke alat rapid test.

Camat Puger, Drs. Mohammad Winardi yang juga mengikuti rapid test, kepada kabarejember.com menyatakan, hasil dari rapid test covid-19 tersebut adalah nihil atau tidak ada satupun peserta yang dinyatakan positif reaktif covid-19. "Alhamdulillah semuanya dinyatakan sehat dan hasilnya negatif," ujarnya.

Winardi menambahkan,  langkah preventif yang dilakukan Pemkab. Jember dengan menyelenggarakan rapid test covid-19 sangatlah tepat. Dengan rapid test covid-19 bisa terdeteksi sejak dini apakah para peserta  reaktif covid-19 atau tidak.

Winardi berharap langkah preventif yang dilakukan oleh Pemkab Jember, tidak hanya berhenti sampai di sini. "Semoga nantinya dapat dilakukan rapid test kepada instansi lainnya," ujarnya.(heri)

TerPopuler