Universitas Jember Tawarkan KKN Tematik Pemberdayaan Masyarakat Hadapi Covid-19

Universitas Jember Tawarkan KKN Tematik Pemberdayaan Masyarakat Hadapi Covid-19

Rabu, April 22, 2020
idealoka.com (Jember) – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Jember (Unej) selalu fleksibel dan tanggap membuat program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan menyesuaikan konteks kondisi di lapangan termasuk saat pandemi Covid-19.

Meski pandemi Covid-19, kegiatan KKN terus berjalan dengan menghadirkan konsep KKN tematik yang berkaitan dengan program-program pencegahan dari Covid-19 hingga pemberdayaan masyarakat selama pandemi Covid-19.

“Salah satu yang akan kami konsep dalam model KKN ini dilakukan secara mandiri (individu) dan dilakukan di lokasi domisili mahasiswa atau di luar domisili dengan alasan tertentu. Program dan kegiatan difokuskan pada upaya mendukung penanganan saat pandemi Covid-19 melalui beberapa opsi tematik,” kata Koordinator Pusat Program KKN LP2M UNEJ Ali Badrudin, Rabu, 22 April 2020.

BACA : Kreatif, Mahasiswa KKN Unej Gelar Fashion Show Busana Daur Ulang di Desa Ngimbangan

Beberapa pilihan tema kegiatan KKN yang ditawarkan di antaranya aktivitas edukasi kesehatan dan bakti sosial kepada masyarakat saat pandemi; pemberdayaan wirausaha masyarakat; menyiapkan aplikasi teknologi informasi, pertanian, dan kesehatan yang dapat diterapkan pada masyarakat  terdampak; pemberdayaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes); dan inovasi pembelajaran siswa pendidikan dasar dan menengah yang terdampak.

Konsep dan teknis kegiatan yang akan dijalankan mahasiswa tersebut diwajibkan mengikuti protokol kesehatan dalam penanganan Covid-19 sebagaimana diatur oleh pemerintah termasuk jaga jarak (physical distancing) dan meminimalisir pertemuan fisik.

“LP2M UNEJ akan menerbitkan pedoman dan protokol kesehatan selama kegiatan KKN dan menyiapkan infrastruktur sistem aplikasi untuk pembekalan, pemantauan mahasiswa dan bahkan pelatihan masyarakat secara online,” kata Ali yang juga staf pengajar di Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unej ini.

BACA : KKN Mahasiswa Unej, Launching Bank Sampah dan Spot Edukasi Lingkungan

Program KKN tetap menggunakan durasi waktu 45 hari dengan perkiraan waktu antara bulan Juni hingga Juli 2020 dan mengikuti pedoman yang telah ditetapkan.

Saat ini sedang dilakukan registrasi ulang kurang lebih 4.000 mahasiswa yang sudah terdaftar sebagai calon peserta KKN sebelum pandemi Covid-19 terjadi. Registrasi ulang ini untuk mengetahui pilihan program KKN yang diambil  mahasiswa beserta gambaran umumnya yang akan dilakukan dan  sebaran lokasi atau domisili mahasiswa saat ini yang akan dipilih sebagai lokasi KKN.

“Setelah ada peta sebaran, maka akan ditentukan dosen pembimbing dan sekaligus distribusi materi pembekalan dan juga kelas pembekalan secara online berdasarkan opsi tema yang dipilih,” ujar Ali.

BACA : KKN Tematik Mahasiswa Unej, Gali Potensi Wisata dan Edukasi Desa Berbasis Lingkungan

LP2M Unej telah menerapkan KKN tematik sejak tahun 2017. KKN tematik diisi dengan konsep kegiatan yang menyesuaikan kebutuhan desa atau lokasi KKN dan menyesuaikan karakter masyarakat setempat. “Output dan outcome bisa diukur dan terasa di masyarakat,” ujar Ali.

Output atau hasil dari pemberdayaan masyarakat melalui KKN tematik ini adalah peningkatan kualitas hidup masyarakat dan potensi desa untuk memajukan kehidupan desa dan masyarakatnya. Bidang kegiatan yang digarap dalam KKN tematik tidak terbatas, mulai dari pemberdayaan sosial, ekonomi, seni, budaya, wisata, hingga teknologi informasi. (*)

TerPopuler