Terapkan SOP Kebersihan Tangan Sebelum Masuk Kantor

Terapkan SOP Kebersihan Tangan Sebelum Masuk Kantor

Rabu, Maret 18, 2020

Lumajang, Kabarelumajang.com
---- Sejumlah Kantor Instansi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lumajang mulai menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) kebersihan sebelum memasuki kantor dengan cuci tangan baik menggunakan sabun maupun hand sanitizer.

Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang, Agus Triyono penerapan SOP tersebut sebagai langkah antisipatif serta menjaga kebersihan tangan.

"Harapan saya di semua OPD sudah menerapkan, di setiap pintu masuk ada Hand Sanitizer, yang bisa dipergunakan baik untuk staf maupun tamu yang mau masuk ke ruangan, mudah-mudahan OPD menerapkannya, saya yakin ini secara bertahap," terangnya saat dikonformasi di Kantornya. Selasa (17/3/2020).

Sementara, menyikapi terkait kelangkaan masker dan antiseptik di beberapa Apotik di wilayah Lumajang, Sekda menyampaikan Pemerintah melalui jajaran kesehatan telah menghubungi distributor untuk menambah pasokan di Apotik dan toko kesehatan di Kabupaten Lumajang.

Sebagai langkah awal untuk menyiasati kondisi tersebut, Sekda menjelaskan penggunaan antiseptik bisa juga diganti dengan wastafel sederhana dari galon namun juga harus menyediakan sabun.

"Bisa menyiapkan antiseptik sederhana, misalnya bisa menggunakan sabun dengan wastafel sederhana dengan memanfaatkan galon, banyak yang sudah berkreasi hal itu," pungkasnya. 

Sekda juga mengapresiasi langkah-langkah yang sudah dilakukan oleh OPD. Menurutnya, apa yang sudah dilakukan sudah baik sebagai langkah antisipatif menyebarnya virus Corona serta menjaga kebersihan. 
Reporter : Suatman 

TerPopuler