Pascasarjana Hadirkan Pakar Dari Jepang Dalam Kuliah Perdana

Pascasarjana Hadirkan Pakar Dari Jepang Dalam Kuliah Perdana

Senin, Maret 02, 2020
Jember, Kabarejember.com 
2 Februari 2020 --- Pascasarjana Universitas Jember gelar kuliah perdana di aula lantai 3 Gedung Pascasarjana Universitas Jember, (02/3). Kuliah yang diikuti tidak kurang dari 100 orang mahasiswa baru program magister dan program doktor ini menghadirkan Prof. Kenji Arakawa. Dia adalah ahli biologi dari Hiroshima University Jepang.

“Ini merupakan hari pertama kuliah bagi teman-teman mahasiswa Pascasarjana di Universitas Jember. Kegiatan ini semacam pemanasan agar mahasiswa baru lebih bersemangat dalam melakukan riset yang mendalam,” ujar Direktur Pascasarjana Universitas Jember Prof.  Rudi Wibowo saat membuka acara.

Dalam sesi wawancara Rudi mengatakan, selama ini Pascasarjana Universitas Jember terus mendorong pembelajaran dengan pola riset yang mendalam. Untuk mendukung hal ini Pascasarjana menerapkan pola pembelajaran yang tidak terkungkung pada pembelajaran tatap muka.

Menurutnya, sistem ini akan lebih mempermudah dalam memberikan pemahaman kepada mahasiswa bahwa riset yang mendanlam amat sangat berguna bagi pengembangan ilmu pengetahuan maupun kesejateraan masyarakat.

“Kita sudah memulai beberapa pembelajaran jarak jauh melalui sitem distance conference. Salah satunya bersama salah satu Profesor dari Jerman. Ini sudah kami lakukan beberapa kali bersama para pakar dari beberapa kampus ternama di luar negeri,” tambah Prof.  Rudi.

Menurut Rudi, teknologi yang dimiliki Universitas Jember saat ini benar-benar memberikan kemudahan untuk dilakukan sistem pembelajaran jarak jauh (teleconference). 

“Oleh karena itu kami telah melakukan kesepakatan bersama beberapa kampus yang ada di Jepang untuk melakukan teleconference. Jadi ke depan kita bisa melakukan perkuliahan bersama teman-teman di Hirosima maupun Osaka dengan memanfaatkan kemudahan teknologi,” pungkas Rudi. (Mia/mun/hms)

TerPopuler