Bupati Kediri Resmikan Sentra Industri Kreatif (SIK) Papar

Bupati Kediri Resmikan Sentra Industri Kreatif (SIK) Papar

Jumat, Maret 13, 2020
idealoka.com (Kediri) – Bupati Kediri Haryanti Sutrisno meresmikan Sentra Industri Kreatif (SIK) Papar dan dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Kediri Dede Sujana serta para Kepala SKPD dan Camat se-Kabupaten Kediri, Jumat, 13 Maret 2020.

Bangunan SIK Papar merupakan kantor eks-Karesiden Papar dan dimanfaatkan sebagai wadah pemasaran produk-produk UMKM Kabupaten Kediri. Selain itu, SIK Papar ini juga menjadi lokasi edukasi batik Kabupaten Kediri.

[caption id="attachment_5430" align="alignright" width="300"] Bupati Kediri Haryanti Sutrisno meresmikan SIK Papar, Jumat, 13 Maret 2020.[/caption]

BACA: Pemkab Kediri Perbanyak RTH, Bermanfaat untuk Lingkungan dan UMKM

Haryanti mengatakan pemerintah telah menjaring 500 pelaku UMKM untuk ikut memasarkan produk mereka di SIK Papar. Dia berharap fasilitas yang telah disediakan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Terlebih dengan lokasinya yang strategis akan memudahkan bagi pengunjung atau wisatawan untuk mendapatkan oleh-oleh khas Kabupaten Kediri.

“Saya harap teman-teman UMKM juga pro aktif, misalnya kalau barang habis segera dikirim. Kualitas tetap terjaga dengan harga yang terjangkau dan bersaing. Saat ini ada 6.000 UMKM di Kabupaten Kediri, akan terus kami kembangkan,” katanya.

SIK Papar beralamat di Jalan Raya Papar Nomor 136 Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri, berada di pinggir jalan raya arah Kertosono. Di sini tersedia aneka ragam produk mulai dari olahan makanan dan minuman, kerajinan tangan (handycraft), batik, sembako, hingga peralatan rumah tangga.

BACA: Pemkab Kediri Bakal Daftarkan Hak Paten Bengkuang Luk Songo Super (LSS)

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Kediri Tutik Purwaningsih mengatakan yang tidak kalah penting dari SIK Papar ini adalah pengelolaannya, agar terus ada dan bisa dimanfaatkan masyarakat luas.

“Keberadaan SIK ini harus didukung dengan produk-produk yang kontinuitasnya perlu kita support (dukung). Tentu saja pendampingan dan pembinaan terus dilakukan agar teman-teman terus berproduksi,” ujarnya.

Sebagai informasi, bersamaan dengan peresmian SIK Papar juga digelar pameran UMKM selama tiga hari. Hari ini pameran mulai pukul 07.00-22.00 WIB dan besok tanggal 14-15 Maret 2020 pameran mulai pukul 16.00 - 22.00 WIB. (*)

TerPopuler