Antisipasi Corona, Unej Tunda Wisuda dan Kegiatan Massal Lainnya

Antisipasi Corona, Unej Tunda Wisuda dan Kegiatan Massal Lainnya

Sabtu, Maret 14, 2020
idealoka.com - Pencegahan penularan virus corona atau covid-19 terus berlanjut. Universitas Jember (Unej) memutuskan untuk menunda pelaksanaan Wisuda Periode 5 Tahun Akademik 2019/2020. Wisuda tersebut rencananya akan digelar 28 Maret 2020.

Keputusan itu dikeluarkan pada Jumat,13 Maret 2020 dan ditandatangani Wakil Rektor 1 Unej, Zulfikar, atas nama Rektor Unej, Iwan Taruna.

"Penundaan wisuda akan dilakukan sampai batas waktu yang belum ditentukan. Mungkin nanti kalau sudah mereda bisa wisuda lagi," kata Kasubag Humas Unej Rokhmad Hidayanto saat dikonfirmasi.

BACA : Edukasi Corona, Universitas Jember Buka Pojok Siaga Corona

Keputusan penundaan wisuda ini sebagai tindak lanjut surat edaran dari Mendikbud Nadiem Makarim yang meminta kalangan institusi pendidikan membatasi kegiatan-kegiatan yang melibatkan banyak orang. Hal ini sebagai antisipasi penyebaran virus corona.

Walau ditunda, Unej memastikan para lulusannya tetap mendapatkan hak-haknya. Mereka hanya tidak merasakan seremoni wisuda sebagai tanda kelulusan. "Para wisudawan tetap akan mendapatkan copy ijazah dan transkrip yang telah dilegalisir. "Nanti perhitungan masa studi tetap didasarkan sesuai tanggal wisuda 28 Maret 2020," ujar Rokhmad.

Untuk menghindari pengumpulan massa, pengambilan copy ijazah dan transkrip akan dilakukan di fakultas masing-masing setelah 28 Maret 2020.

Tak hanya menunda pelaksanaan wisuda, surat itu juga memberitahukan penundaan kegiatan akademik dan kemahasiswaan yang melibatkan banyak peserta di antaranya seminar dan workshop. "Kita juga belum bisa menerima kunjungan dari SMA/SMK/MA," ujar Rokhmad.

BACA : Batuk Jangan Ditutup Pakai Telapak Tangan, Tapi …

Salah satu kegiatan yang juga ditunda adalah Kreanova atau ajang bazar dan car free day yang rutin diadakan setiap hari Minggu pagi di Lapangan Unej. Padahal, pada hari Minggu, 15 Maret 2020, akan dilakukan sosialisasi Perilaku Sehat Antisipasi Covid-19.

Acara kampanye kesehatan itu digelar oleh Pasca Sarjana Unej didukung Fakultas Kedokteran Universitas Jember (FK Unej), Dinas Kesehatan Kabupaten Jember dan beberapa pihak lain. "Ditunda juga," kata Rokhmad. (*)

Sumber: https://jatimnet.com/antisipasi-corona-unej-tunda-wisuda-dan-kegiatan-massal-lainnya

TerPopuler