Musim Penghujan, Produksi Bee Pollen Lebah Madu Melimpah

Musim Penghujan, Produksi Bee Pollen Lebah Madu Melimpah

Jumat, Februari 07, 2020
idealoka.com (Kediri) – Musim penghujan ternyata tidak hanya bermanfaat bagi tumbuhan, namun juga bermanfaat bagi hewan lebah, karena banyak tumbuhan yang tumbuh subur sehingga membuat bunga bermekaran dan diambil serbuk sarinya sebagai makanan lebah madu. Serbuk sari bunga yang dibawa oleh lebah madu itu disebut Bee Pollen.

Peternak Lebah Ratu Kelir, Desa Joho, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, Imam Musolikin  mengatakan dalam panen Bee Pollen kali ini, para lebah paling banyak memproduksinya dengan mengambil serbuk sari dari bunga jagung.

"Untuk saat ini karena memang di daerah tempat lebah-lebah memproduksi Bee Pollen, terdapat banyak sekali petani jagung, jadi secara tidak langsung produksi lebah semakin meningkat drastis dan mempunyai kualitas yang bagus," katanya, Jum’at, 7 Februari 2020.

BACA: Musim Semi, Saatnya Datang ke Kebun Bunga Matahari Ini

Imam menjelaskan bahwa memasuki musim penghujan, ratu lebah membutuhkan banyak sekali makanan di antaranya Bee Pollen. Oleh karena itu, para pasukan lebah secara bersamaan keluar mencari makanan untuk beregenerasi.

"Mulai pukul 6.30 saya membuka pintu keluar lebah dan memasangkan panyaring, agar tidak banyak Bee Pollen masuk kedalam, kemudian hasilnya akan kita kumpulkan dan akan dilakukan pengeringan sehingga dapat dikonsumsi secara langsung ata disimpan," tuturrnya

Imam menambahkan hasil panen Bee Pollen setiap hari bisa mencapai 5 kilogram dari ratusan ribu lebah. Karena harganya yang mahal, ia menjualnya dalam wadah botol ukuran sedang dengan harga Rp50 ribu dan memiliki banyak sekali manfaat.

"Banyaknya manfaat Bee Pollen yang pernah saya coba sendiri khasiatnya seperti menyembuhkan sakit maag, penguatan otot, menambah daya ingat serta masih banyak yang lainnya dan bisa dikonsumsi anak-anak serta orang dewasa," katanya. (*)

  • Penulis: Mahendra

  • Editor: Ishomuddin

TerPopuler