Lomba Masak Pepes Ikan Desa Ngimbangan, Ingatkan Ibu Penuhi Gizi Keluarga

Lomba Masak Pepes Ikan Desa Ngimbangan, Ingatkan Ibu Penuhi Gizi Keluarga

Sabtu, Februari 15, 2020
idealoka.com (Mojokerto) – KKN Kolaborasi “Brantas Tuntas” Universitas Jember mengadakan lomba masak serba pepes ikan untuk mengingatkan peran penting ibu memenuhi gizi keluarga dengan makanan yang sehat.

Seorang ibu memiliki peran yang sangat penting dalam pemenuhan gizi keluarga. Semakin baik pengetahuan ibu mengenai nutrisi, tentunya akan berdampak pula pada pemilihan menu makanan keluarga. Tidak boleh asal-asalan, karena akan mempengaruhi kualitas pertumbuhan dan kesehatan anak.

Hal ini diungkapkan juri lomba memasak saat membuka Lomba Masak Serba Pepes Ikan Tingkat Desa yang diwakili oleh setiap RW di Desa Ngimbangan, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto, Sabtu, 15 Februari 2020.

“Ikan ini Bu, salah satu makanan bergizi tinggi. Bagus untuk anak-anak kita khususnya di usia-usia pertumbuhan. Memang kadang ada rasa bosan memasak ini, tak terpikir lagi soal gizi. Tapi, demi keluarga harus dilawan itu rasa malas dan bosan. Kita upgrade pengetahuan kita tentang gizi,” kata Ketua PKK Desa Ngimbangan, Yuli.

Lomba memasak ini menjadi ajang bagi para ibu untuk berkreasi dalam menciptakan aneka hidangan dengan bahan dasar pepes ikan. Tidak hanya itu, tentu ada menu tambahan yang wajib dipilih oleh peserta yaitu menu appetizer dan menu dessert. Sehingga, tidak timbul rasa jenuh bagi keluarga saat mengonsumsi ikan. Apalagi, ikan memiliki kandungan protein yang tinggi dan baik untuk tumbuh kembang anak.

“Hal yang paling penting adalah pengetahuan dan wawasan kita bertambah. Semangat ikuti lomba, mudah-mudahan ini menjadi upaya kita untuk mendukung ketahanan pangan dan gizi nasional,” kata salah satu peserta, Arsih.

Kegiatan memasak dilaksanakan di rumah masing-masing perwakilan RW. Kemudian, perwakilan mahasiswa KKN Universitas Jember dan para dewan juri melanjutkan dengan meninjau para peserta yang sedang sibuk memasak di masing-masing titik.

Masakan yang sudah selesai langsung dibawa ke titik utama yaitu Balai Desa untuk dipresentasikan dan dinilai dewan juri.

Lomba memasak ini mengangkat tema “Ragam Menu Masakan Pepes Ikan untuk Menyehatkan Masyarakat Mencegah Stunting dan Mencerdaskan Anak”. Turut hadir anggota PKK Desa Ngimbangan, Kepala Desa, Ibu Camat , dan anggota Dharma Wanita Desa Ngimbangan. (*)

TerPopuler