KPU Kediri Pastikan Tak Ada Calon Perseorangan di Pilbup Kediri 2020

KPU Kediri Pastikan Tak Ada Calon Perseorangan di Pilbup Kediri 2020

Senin, Februari 24, 2020
idealoka.com (Kediri) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri memastikan tidak ada calon perseorangan yang memenuhi syarat pencalonan dalam Pilbup Kediri 2020.

Hingga batas waktu terakhir penyerahan syarat minimal bukti dukungan melalui aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon), Minggu, 23 Februari 2020 pukul 24.00, tidak ada calon perseorangan yang memenuhi syarat.

Sesuai ketentuan, syarat minimal dukungan calon perseorangan untuk daerah dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) diatas 1 juta orang adalah 6,5 persen dari jumlah DPT terakhir. Dari DPT sebanyak 1.260.382 orang, maka syarat minimal dukungan calon bupati dan wakil bupati jalur perseorangan untuk Pilbup Kediri 2020 adalah 79.715 orang.

Dukungan tersebut juga harus tersebar minimal lebih dari separo atau 50 persen dari 26 kecamatan yang ada di Kabupaten Kediri sehingga minimal dukungan tersebar di 14 kecamatan.

“Hari ini (Minggu, 23 Februari 2020) adalah hari terakhir batas pengumpulan jumlah dukungan yang menjadi syarat utama dari jalur perseorangan. Namun hingga detik ini KPU Kabupaten Kediri masih belum menerima sama sekali berkas dukungan dari bakal pasangan calon yang sebelumnya telah mendaftarkan diri," kata Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Kediri Anwar Anshori, Minggu, 23 Februari 2020.

KPU sempat menunggu hingga batas terakhir pukul 24.00 namun tidak ada yang memenuhi syarat dukungan minimal.

Sebelumnya, ada tiga pasangan bakal calon perseorangan yang sempat mendaftarkan diri dan mengambil formulir. Ketiga pasangan tersebut antara lain Subani Suryo Atmojo-Burhanudin, Joko Riyanto-Edy Purnomo, dan Rahmad Mahmudi-Khalid Suharto.

"Subani Suryo Atmojo-Burhanudin dan Joko Riyanto-Edy Purnomo pada 10 Februari 2020 telah menyatakan mengundurkan diri dari jalur perseorangan dengan alasan tak mampu memenuhi syarat dukungan. Sedangkan Rahmad Mahmudi-Khalid Suharto pada hari terakhir batas pengumpulan dukungan datang ke KPU namun bukan untuk mengumpulkan syarat dukungan melainkan memberitahukan jika tak mampu memenuhi syarat dukungan," kata Anwar. Sehingga dipastikan tidak ada calon perseorangan dalam Pilbup Kediri 2020. (*)

  • Penulis : Mahendra

  • Editor    : Ishomuddin

TerPopuler