KORPASKHAS TNI AU Kibarkan Lumajang Eksotik Di Langit Lumajang

KORPASKHAS TNI AU Kibarkan Lumajang Eksotik Di Langit Lumajang

Senin, Februari 17, 2020

Lumajang, Kabarejember.com
------  Bendera Lumajang Eksotik berkibar di langit Lumajang dibawa oleh Serda Amin, anggota Korp Pasukan Khas (Korpspaskhas) TNI AU asal Lumajang, Senin (17/02/2020). Ia bersama 20 rekannya terbang dari Pangkalan Udara Abdul Rahman Saleh dan mendarat di Stadion Semeru Lumajang.

Pertunjukan udara yang diperagakan oleh Korpaskhas TNI AU ini mengundang ratusan pelajar dan masyarakat berkumpul di Stadion Semeru Lumajang. Tidak hanya atraksi terjun bebas, 2 pesawat tempur milik TNI AU juga terbang rendah di atas Stadion Semeru Lumajang.

"Bagi kami tentu ini membantu pemerintah, kita terus mengoptimalkan keterlibatan pihak lain untuk pengembangan Kabupaten Lumajang, hari ini ada 20 penerjun, bagi kami ini surprise, anak - anak sekolah yang hadir disini tentu kecintaannya terhadap TNI semakin tumbuh," ujar Bupati Lumajang, Thoriqul Haq yang turut menyaksikan kehebatan TNI AU.

Bupati menjelaskan bahwa kegiatan  seperti ini diharapkan menjadi sarana hiburan bagi masyarakat Lumajang. Selain sebagai hiburan, kegiatan ini  juga dapat menjadi wadah edukasi tentang kemiliteran khususnya TNI Angkatan Udara.

"Ini akan menjadi  inspirasi terhadap masyarakat khususnya pelajar, terhadap cita-citanya kedepan menjadi  bagian dari TNI Angkatan Udara," ujarnya.

Sementara itu , Kadis Ops Lanud Abdul Rahman Saleh, Kol. (Pnb) Erwin Sugiandi menjelaskan bahwa latihan seperti ini menjadi kegiatan rutin Pangkalan Udara Abdul Rahman Saleh. Lumajang dipilih menjadi salah satu tempat latihan karena memiliki potensi kedirgantaraan yang besar bagi TNI AU.

"Lumajang sebagai selah satu potensi dirgantara yang besar bagi Angkatan Udara, dimana salah satunya Lumajang punya Air Weapon Range atau lapangan udara tembak yang digunakan oleh pesawat tempur AU tidak hanya di Jawa Timur, tetapi dari Sabang sampai Merauke selalu latihan di Lumajang," jelasnya.

Ia juga menjelaskan bahwa Air Weapon Range (AWR) Pandanwangi menjadi pusat latihan tempur prioritas. Kegiatan latihan tempur TNI Angkatan Udara seperti Sikatan Daya, Fire Power Demo dan Angkasa Yudha juga rutin digelar di AWR Pandanwangi.

"Seperti tahun lalu, tidak hanya pesawat tempur yang latihan disini (AWR Pandanwangi,red) tetapi juga pesawat angutnya, penerjunnya, maupun helikopternya," jelasnya.
Reporter : Suatman

TerPopuler