Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang Berharap Kampung Anggur Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang Berharap Kampung Anggur Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Jumat, Februari 28, 2020

Lumajang, Kabarelumajang.com
-- Ketua TP. PKK Kabupaten Lumajang, Musfarinah Thoriq, berharap penanaman bibit pohon anggur dan sayur ini menjadi program yang mampu memberdayakan masyarakat, juga dapat memberikan keamanan dan ketenangan bagi warga, dengan harapan utamanya adalah peningkatan ekonomi masyarakat sekitar.

Hal itu diutarakannya, saat melaksanakan kegiatan Tanam Bersama Pohon Anggur dan Sayur di RT 3 dan RT 4 Dusun Suko Desa Sumbersuko, Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang, Jum'at (28/2/2019) pagi.

"Mudah-mudahan kampung ini akan menjadi percontohan masyarakat Lumajang dan luar Lumajang, untuk mencari ilmu bagaimana kampung ini sukses menjadi kampung anggur dan sayur," ujarnya.

Lebih jauh, Musfarinah Thoriq menyampaikan bahwa lokalisasi di daerah tersebut sudah lama ditutup, dan dirinya meyakini bahwa masyarakat Sumbersuko punya harapan yang sama seperti desa-desa lain yaitu punya kebanggan terhadap desanya yang akan menjadi kampung anggur dan sayur.

Untuk itu, dirinya berharap kedepannya masyarakat RT 3 dan RT 4 Dusun Suko dapat mewujudkan menjadi masyarakat yang berdaya saing, bangga akan dirinya, tidak ada batasan dan tidak ada pandangan berbeda dari masyarakat yang lain.

"Saya yakin semua itu punya sejarah, sekelam apapun sejarah itu pasti nantinya bisa keluar dari masa itu, asal ada niatan untuk memperbaikinya. Ini semua tidak akan menjadi sesuai yang kita harapkan, tanpa ada komitmen bersama baik dari tingkat desa, kecamatan maupun kabupaten, dan kuncinya ada pada warga masyarakat Desa Sumbersuko khususnya warga RT 4 dan RT 4 Dusun Suko," jelasnya.

Sementara itu, Camat Sumbersuko, Hertutik mengatakan bahwa pemanfaatan lahan yang berada di sekitar eks lokalisasi menjadi lahan yang produktif dengan ditanami bibit pohon anggur dan sayuran. Dengan begitu, diharapkan nantinya eks lokalisasi menjadi kampung anggur dan sayuran, sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat. 
Reporter : Suatman 

TerPopuler