Dandim 0824 Tanam Rumput Vestiver Cegah Erosi

Dandim 0824 Tanam Rumput Vestiver Cegah Erosi

Kamis, Februari 20, 2020


Jember, Kabarejember.com
----Rabu 19 February 2020 dilakukan penanaman pohon jenis rumput Vestiver di Dusun Gendir Desa Klungkung  Kecamatan Sukorambi yang dihadiri perwakilan Bupati Jember, Kodim 0824 Jember, Polres Jember, Kejaksaan, BPBD, PMI, Camat Sukorambi, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, RAPI, siswa SMK dan seluruh elemen masyarakat.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol inf La Ode Muhammad Nurdin mengatakan, pihaknya melaksanakan kegiatan penanaman rumput Vestiver ini merupakan sinergitas seluruh komponen yang ada.

Komponen yang ikut hadir jajaran Kostrad kemudian jajaran Kepolisian, BPBD dan masyarakat yang ada, untuk melaksanakan penghijauan.

Lokasinya yang pernah terjadi bencana dan pihaknya  hadir di sini untuk melaksanakan penghijauan bersama unsur unsur pejabat yang ada diwilayah jember sehingga kita bisa melihat bagaimana manfaat ke depan rumput vestiver ini.

Penanaman rumput vestiver ini manfaatnya bisa menahan erosi dan ke depan dengan jangka panjang  rumput ini luar biasa,pada tahun pertama tumbuh akarnya bisa mencapai 3 sampai 4 meter kalau nanti dilakukan terus menerus akan mengurangi dampak erosi karena akar tanaman ini akan mencengkram tanah.

Pihaknya berharap lokasi lokasi yang rawan erosi,  akan dilaksanakan penanaman dan  sudah dilaksanakan pembibitan ke tempat tempat lain. Bahkan, dari unsur BPBD juga telah memberikan titik titik rawan  longsor. "Kita , Danramil, Camat, akan melihat ke lapangan titik titik longsor tersebut dan nantinya akan  dilaksanakan penanaman kembali, " ujarnya.

"Hari ada 3000 rumput vestiver dan alhamdulillah dari kecamatan dari desa luar biasa, hadir disini dan anak anak pelajar juga. Kita memberikan edukasi kepada pelajar, cintailah lingkungan, cintailah yang ada di sekitar kita, meskipun ini adalah tanaman rumput. Masyarakat diminta untuk tidak menggunakan sebagai makanan ternak. Karena saat ini jenis rumput Vestiver ini difokuskan untuk mencegah erosi," ungkapnya. ( Mul )

TerPopuler