Walikota Habib Hadi Aktifkan Bike To Work

Walikota Habib Hadi Aktifkan Bike To Work

Minggu, Januari 26, 2020

Lumajang, Kabarelumajang.com
-– Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin kembali mengaktifkan instruksi yang sebelumnya pernah berjalan, yakni Bike to Work untuk semua ASN, karyawan, guru dan siswa di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo. Aturan ini berlaku setiap hari Jumat di Minggu pertama.

Instruksi Bike to Work untuk mendukung implementasi Perwali 37 tahun 2013 tentang Rencana Aksi Daerah penurunan emisi gas rumah kaca dan adaptasi perubahan iklim di Kota Probolinggo. Dalam instruksi wali kota, Bike to Workdilaksanakan bagi jarak tempuh antara kantor ke rumah kurang lebih 4 KM. Jika jarak tidak memungkinkan (terlalu jauh) jaraknya dapat menggunakan kendaraan umum atau becak.

Jumat (24/1) pagi, Wali Kota Habib Hadi melakukan pemanasan sebelum Bike to Work dilaksanakan pada Februari mendatang. Ia gowes bareng Wawali Mochammad Soufis Subri, sejumlah kepala OPD, karyawan hingga komunitas bersepeda.

Rute yang ditempuh sepanjang 12 KM itu start di kantor Bakesbangpol Jalan Mawar – Jalan Panjaitan – Jalan Achmad Yani – Jalan KH Agus Salim – Jalan KH Mansyur – Jalan Patiunus – Jalan Achmad Yani - Jalan Gatot Subroto – Jalan Panglima Sudirman – Jalan Pahlawan – Jalan Cokroaminoto – Gladak Serang -  Jalan Slamet Riyadi – Taman Maramis – Perum Asabri – Jalan Gubernur Suryo – Jalan Supriyadi – Jalan Soekarno Hatta  finish kembali Jalan Mawar.

“Tentunya gowes itu sepele tapi sangat bermanfaat untuk kesehatan. Untuk itu, kami mengajak semua masyarakat bersepeda, mengaktifkan kembali yang ditetapkan sejak dulu melalui surat edaran,” ujar Habib Hadi, ditemui usai kelar gowes.

Menurutnya, meski punya kesibukan jangan lupa berolah fisik untuk tetap menjaga kesehatan dan secara tidak langsung berdampak pada lingkungan. “Kami akan menggalakkan kembali, bersepeda dengan enjoy. Gowes bisa menghilangkan kejenuhan, bersilaturahmi dan bisa menemukan hal-hal baru saat bersepeda,” imbuhnya.

Sebagai tanda kembali digalakkannya Bike to Work, Pemerintah Kota Probolinggo akan menggelar gowes bareng pada 31 Januari mendatang di depan Kantor Wali Kota sebagai salah satu rangkaian peringatan satu tahun kepemimpinan Wali Kota Habib Hadi – Wawali Subri.

“Saya mengajak semuanya untuk bergabung, bersepeda bersama sekaligus bersilaturahmi dengan semua elemen masyarakat,” ajak Habib Hadi yang menempuh jarak 12 KM dengan perkiraan waktu 26 menit.

Heri, salah satu anggota Komunitas Orseda Probolinggo mengaku senang dan lebih bersemangat mengikuti gowes pagi itu. “Kalau gowes bareng orang nomor 1 di Kota Probolinggo kelihatan nyumanak (berbaur) di semua elemen, apalagi tanggal 31 Januari ada kegiatan. Di Kota Probolinggo ini banyak komunitas sepeda, jika wali kota menggerakkan pasti lebih bersemangat,” ungkap pemilik usaha pangkas rambut tersebut.
Reporter  : Atman/Tim

TerPopuler