Terkait Keberadaan Politikus PDIP Harun Masiku, Ini Kata Dirjen Imigrasi

Terkait Keberadaan Politikus PDIP Harun Masiku, Ini Kata Dirjen Imigrasi

Jumat, Januari 24, 2020
idealoka.com (Kediri) - Direktur Jendral (Dirjen) Imigrasi Ronny Franky Sompie memastikan keberadaan Harun Masiku telah berada di Indonesia sejak 7 Januari 2020 lalu. Harun adalah politikus PDI Perjuangan tersangka korupsi suap yang melibatkan Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan.

"Berdasarkan pendalaman Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian dan IT di Bandara Soekarno Hatta serta sejumlah petinggi bandara diketahui Harun Masiku, pada sore hari (7 Januari 2020) telah masuk ke Bandara Soekarno Hatta," kata Ronny usai peresmian tiga Kantor Imigrasi di Jawa Timur yang dipusatkan di Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kediri, Kamis, 23 Januari 2020.

[caption id="attachment_5032" align="alignleft" width="151"] Dirjen Imigrasi Ronny Franky Sompie.[/caption]

Ronny menambahkan informasi itu telah dilaporkan ke Menteri Hukum dan HAM dan pimpinan KPK.

Ronny menampik adaanya dualisme informasi terkait keberadaan Harun. Ronny mengaku telah meluruskan informasi keberadaan Harun dan tidak ada dualisme informasi. “Karena informasi mulai awal berasal dari imigrasi,” katanya.

Harun jadi tersangka kasus suap yang melibatkan Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan. Harun menyuap Wahyu yang menjanjikan akan mengupayakan Pergantian Antar Waktu (PAW) sebagai Anggota DPR RI hasil Pileg 2019. KPK meminta Harun menyerahkan diri. (*)

Penulis: Mahendra

Editor: Ishomuddin

TerPopuler