Pemkab Kediri Terapkan 'Sahaja Keliling', Mempermudah Masyarakat Urus Administrasi Kependudukan di Balai Desa

Pemkab Kediri Terapkan 'Sahaja Keliling', Mempermudah Masyarakat Urus Administrasi Kependudukan di Balai Desa

Jumat, Januari 17, 2020
idealoka.com (Kediri) – Masyarakat Kabupaten Kediri yang akan melakukan pengurusan administrasi kependudukan kini semakin dipermudah. Pemkab Kediri melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) setempat meluncurkan program pelayanan Satu Hari Saja (Sahaja) Keliling. Dengan terobosan baru ini, warga tak perlu susah payah datang ke kantor Dispendukcapil karena pelayanan didekatkan ke desa masing-masing.

Ratusan masyarakat Desa Sumberagung, Kecamatan Wates, langsung menyerbu pelayanan Sahaja ini di kantor desa setempat. Pelayanan Sahaja keliling ini merupakan program baru untuk mempermudah masyarakat.

[caption id="attachment_4946" align="alignright" width="300"] Pelayanan Satu Hari Saja (Sahaja) Keliling yang diterapkan Pemkab Kediri melalui Dispendukcapil Kabupaten Kediri. Program ini mempermudah masyarakat mengurus administrasi kependudukan langsung di tingkat desa.[/caption]

Layanan administrasi yang diberikan berupa pencetakan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran dan Akta Kematian. Seluruhnya dilayani oleh petugas dalam waktu yang tidak terlalu lama.

“Program Sahaja Keliling ini dalam rangka mempermudah masyarakat dalam memperoleh pelayanan administrasi kependudukan. Barangkali ada yang tidak bisa pergi ke Kantor Dispendukcapil karena suatu hal atau kondisi kesehatannya sedang tidak memungkinkan, bisa mendapatkan pelayanan di desanya,” kata Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil Dispendukcapil Kabupaten Kediri Randy Agatha, Jum’at, 17 Januari 2020.

Pelayanan Sahaja Keliling ini disambut antusias masyarakat. Seperti yang dikatakan Sawirudin, warga Desa Sumberagun. Kini, ia tidak harus pergi ke kantor Dispendukcapil dalam mengurus KTP dan Akta Kematian karena cukup datang ke balai desa.

Untuk awal tahun 2020 ini, program Sahaja Keliling baru dilaksanakan dua kali di Desa Ngasem dan Sumberagung. Dispendukcapil menerjunkan sembilan orang petugas dalam pemberian pelayanan di luar kantor tersebut. Sementara itu, selain layanan ‘jemput bola’ tersebut, masyarakat masih dimudahkan dengan fasilitas layanan online yang bisa diakses setiap saat. (*)

TerPopuler