Bupati Kediri Apresiasi Peresmian Kantor Imigrasi Kediri oleh Irjen Kemenkum HAM

Bupati Kediri Apresiasi Peresmian Kantor Imigrasi Kediri oleh Irjen Kemenkum HAM

Kamis, Januari 23, 2020
idealoka.com (Kediri) – Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) Jawa Timur menggelar peresmian gedung baru tiga Kantor Imigrasi yang dipusatkan di gedung baru Kantor Imigrasi Kelas II Non Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Kediri di Jalan Jawa, Bedrek Selatan, Desa/Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri, Kamis, 23 Januari 2020.

Sejumlah pejabat terkait hadir antara lain Irjen Kemenkum HAM Jhoni Ginting, Dirjen Imigrasi Ronny Franky Sompie, Bupati Kediri Haryanti Sutrisno, Asisten Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Pemkab Pamekasan Budi Irianto, dan Kepala Kantor Imigrasi Ponorogo.

Haryanti mendukung penuh adanya Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kediri. Haryanti mengatakan keberadan kantor imigrasi sangat penting, mengingat kebutuhan masyarakat terkait layanan keimigrasian semakin meningkat. Selain itu, peran imigrasi diharapkan bisa mengawasi orang asing yang ada di daerahnya.

[caption id="attachment_5021" align="alignright" width="300"] Bupati Kediri Haryanti Sutrisno menerima penghargaan dari Kemenkum HAM.[/caption]

Haryanti berharap agar jajaran imigrasi terus berinovasi terutama dengan adanya gedung baru, dapat memberikan pelayanan berkualitas, modern, dan dapat dirasakan masyarakat. "Terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, semoga kita bisa memberikan yang terbaik bagi masyarakat," katanya.

Haryanti mengaku sangat senang mendapat apresiasi yang telah diberikan Kemenkum HAM  pada Pemkab Kediri. Dia sempat berkisah bahwa pihaknya selama ini memang berkomitmen untuk meningkatkan sektor layanan publik. Dia berkisah bahwa sejarah berdirinya Kantor Imigrasi Kediri tidaklah mudah. Tahun 2011 saat masih jadi Kantor Imigrasi Kelas III yang dipimpin Mulkan Lekat, menurutnya, keberadaannya sangat istimewa.

"Masyarakat langsung antusias, terbukti dari luar daerah juga pergi ke Kediri untuk mengurus paspor," katanya.

[caption id="attachment_5022" align="alignright" width="300"] Peresmian gedung baru tiga Kantor Imigrasi di Jawa Timur yang dipusatkan di Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kediri, Kamis, 23 Januari 2020.[/caption]

Keberadaan Kantor Imigrasi yang baru ini menjadi lebih istimewa karena lokasinya sangat berdekatan dengan calon lokasi bandara yang masuk Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dicanangkan Presiden Joko Widodo. "Keberadaannya sangat penting, mengingat bisa mengawasi lalu lintas orang asing yang melewati bandara internasional," ujarnya

Dalam acara tersebut, Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly diwakili Irjen Kemenkum HAM Jhoni Ginting memberikan piagam penghargaan kepada tiga pemerintah daerah di Jawa Timur antara lain Pemkab Kediri, Ponorogo, dan Pamekasan yang dianggap punya peran penting dalam memajukan dan meningkatkan layanan keimigrasian di Indonesia khususnya Jawa Timur. (*)

TerPopuler