Basmi Hama Tikus, Petani di Kediri Gunakan Mercon Asap dan Racun

Basmi Hama Tikus, Petani di Kediri Gunakan Mercon Asap dan Racun

Kamis, Januari 23, 2020
idealoka.com (Kediri) – Untuk membasmi hama tikus yang memakan tanaman pertanian, petani di Desa Paron, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, menggunakan mercon asap dan racun. Kamis, 23 Januari 2020, para petani dibantu lurah dan camat setempat bergotong royong melakukan pembasmian.

Hama tikus menjadi salah satu hama yang bisa menimbulkan kerugian bagi petani. Pembasmian ini untuk mencegah agar populasi hama tikus tak semakin berkembang. Apalagi jumlah lahan pertanian di Desa Paron terbilang cukup luas yakni memiliki total sekitar 90 hektar dengan beberapa jenis tanaman seperti padi, cabai rawit, hingga jagung.

BACA: Tanaman Cabai di Kediri Terserang Virus, Ini Penyebabnya

“Pembasmian hama tikus ini dilakukan sebagai antisipasi untuk menanggulangi hama tikus agar tidak merambah lebih banyak. Meski jumlah penyebarannya masih belum terlalu banyak, namun ini langkah kita untuk antisipasi di awal," kata Camat Ngasem, Ary Budianto.

Menurutnya,  mercon asap bantuan Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri itu diletakkan di lubang-lubang tempat tikus bersembunyi.

“Harapannya dengan adanya pembasmian ini mampu mengatasi permasalahan terkait hama tikus dan produksi lahan pertanian di Desa Paron  semakin produktif dan meningkat," tuturnya. (*)

Penulis: Mahendra

Editor: Ishomuddin

TerPopuler