• Jelajahi

    Copyright © Bedadung
    media news network

    Iklan

    Iklan Beranda

    Wakapolda Tinjau Titik Api di Kawasan Gunung Semeru

    , Oktober 01, 2019 WIB

    Lumajang, Kabarejember,com
    (30 September 2019) -- Kebakaran hutan di kawasan Gunung Semeru yang beberapa hari lalu berhasil dipadamkan, Senin (30/09/2019) pagi titik api muncul lagi.  Brigjen Toni Hartanto, Wakapolda Jawa Timur turun langsung ke Ranupani untuk meninjau sekaligus mengkoordinasikan proses penanganan titik api.

    Dari hasil pantauan udara, Brijen Toni Hartanto menjelaskan bahwa beberapa titik api terlihat di daerah yang curam. “Kalo kami melihat pantauan dari heli, dari hot spot (titik panas,red) posisinya ada yang di tebing curam,” jelasnya.

    Wakapolda menyampaikan bahwa pihaknya masih memastikan apakah titik api yang terjadi di lereng Gunung Semeru dan di daerah bantengan merupakan faktor alam atau ulah manusia. Namun, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pangdam V Brawijaya dan Gubernur Jawa Timur agar kebakaran yang terjadi segera dapat ditangani.

    “Tentu kita akan informasikan, berkoordinasi dengan Pangdam, Gubernur, menginformasikan kesulitan disini untuk bisa kita menyikapi masalah hot spot ini,” ujarnya.

    Sementara itu, Bupati Lumajang, Thoriqul Haq yang turut mendampingi kehadiran Wakapolda bersama Kapolres Lumajang dan Dandim 0821/Lumajang menyampaikan bahwa perlu penanganan yang terukur agar proses pemadaman api yang membakar kawasan Gunung Semeru segera diatasi, mengingat titik api yang terjadi di daerah yang sulit dijangkau.

    “Medan yang berat menjadi kendala, tim dari mitigasi bencana saja menuju ke titik api rasanya sangat terbatas, oleh karena itu beberapa yang sekiranya perlu mendapatkan peralatan yang memadai itu yang kami harapkan,” ujar Bupati.

    Hingga Senin sore, titik api semakin meluas, namun karena keterbatasan personil, pemadaman baru dilakukan di area bantengan. Bupati memastikan bahwa pihaknya akan mengerahkan personil dan berkoordinasi dengan jajaran Kodim 0821/Lumajang dan Polres Lumajang.

    "Kami berharap, Pak Dandim dan Pak Kapolres bisa terus berkomunikasi dengan saya untuk supaya koordinasi semakin cepat, kita berharap hujan segera turun. Sekiranya tidak terkendali, perlu penanganan yang lebih ditingkatkan," ujar Bupati.

    Sementara itu, Dandim 0821/Lumajang, Letkol. Inf. Ahmad Fauzi yang ditunjuk sebagai Kepala Kendali Operasi Pemadaman akan segera mengerahkan personilnya dibantu dengan jajaran BPBD Lumajang, Polres Lumajang dan masyarakat untuk segera menjangkau titik api.

    Ia juga dijadwalkan memimpin Sholat Istisqo’ Selasa (01/10/2019) pagi, seraya memanjatkan do’a kepada Tuhan Yang Maha Esa agar hujan segera turun di kawasan Gunung Semeru. “Insya Allah besok akan bergerak bersama, mudah-mudahan dengan pemadaman ini tidak ada lagi kebakaran, kita berdoa semoga hujan segera turun,” harapnya.  (Suatman)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Wisata

    +