• Jelajahi

    Copyright © 2015-Bedadung
    Bedadung

    Iklan

    Opini

    Pemkab Selenggarakan Pembinaan Kafilah Tahap Akhir

    Sabtu, September 28, 2019 WIB Last Updated 2020-10-15T16:17:39Z
    Jember, Kabarejember.com
    ----Persiapkan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Jatim 2019, Pemkab Jember menyelenggarakan pembinaan Kafilah tahap akhir. Pembinaan ini merupakan salah satu bentuk persiapan untuk kafilah dalam mengikuti Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Jawa Timur yang akan diselenggarakan di Tuban.

    Persiapan kali ini telah memasuki tahap III atau tahap akhir yang diikuti oleh 46 peserta yang diselenggarakan di lingkungan Pemkab Jember Jalan Sudarman, Sabtu 28 September 2019 pukul 08.00 WIB. Terdapat beberapa kategori pembinaan berdasarkan cabang lomba dan golingan, diantaranya adalah Tartil dan Tilawah anak-anak, cabang lomba tilawah remaja dan remaja dewasa, tafsir dan Qiro’ah Sab’ah, Syahril Qur’an di, cabang lomba Khotlil Qur’an, cabang lomba Fahmil Qur’an dan cabang lomba M2IQ (karya ilmiah).

    Sebelumnya, seleksi tahap I dan II telah dilaksanakan untuk menyeleksi peserta. Tahap I dilaksanakan pada tanggal 2-3 Maret 2019 di Badan Diklat Komplek GOR Kaliwates Jember, dengan jumlah total peserta 147 orang, dan 74 orang dinyatakan lolos untuk mengikuti pembinaan tahap II yang diselenggarakan di Badan Diklat Komplek GOR Kaliwates pada 6-7 Juli 2019. Dari tahap II ini, hanya 46 peserta saja yang dinyatakan lolos dan berhak mengikuti pembinaan tahap akhir.

    Dalam lomba MTQ ini ada 7 cabang yang dilombakan dengan kategori cabang masing-masing, diantaranya cabang tilawah dengan kategori dewasa, remaja, anak-anak, tartil, hingga golongan untuk cacat netra. Kemudian ada pula cabang hifdzil Qur’an, cabang tafsir, khotlil, fahmil, syarhil dan cabang M2IQ atau makalah ilmiah Al-Qur’an.

    Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR berharap dengan diselenggarakannya pembinaan tahap III ini akan semakin memantapkan peserta untuk berkompetisi dalam MTQ Jawa Timur di Tuban beberapa saat mendatang. Selain itu, dengan pembinaan ini diharapkan ada peningkatan mutu dan kualitas seni baca dan pemahaman Al Qur’an agar bisa lebih mematangkan persiapan qori dan qori’ah peserta MTQ Jawa Timur dan sekaligus dapat memotivasi masyarakat pada umumnya. (mul/mia/hms)


    Komentar

    Tampilkan

    Terupdate

    Wisata

    +