• Jelajahi

    Copyright © 2015-Bedadung
    Bedadung

    Iklan

    Opini

    Maraknya Kriminalitas di Wilayah Utara, Kapolres dan Dandim 0821 Gagas Patroli Desa

    Senin, Juni 03, 2019 WIB Last Updated 2020-10-15T16:20:56Z

    Lumajang, Kabarejember.com
    (03/06/2019) ---Kapolres Lumajang dan Dandim 0821 kumpulkan Kepala desa Klakah dan Ranuyoso serta Satgas Keamanan Desa terkait maraknya kriminalitas di wilayah utara. Dalam 1 bulan terakhir terjadi kasus begal di dua wilayah tersebut yaitu, motor korban dirampas lalu korban dilukai menggunakan celurit.

    Atas dasar kejadian tersebut, bertempat di Kantor Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang, Kapolres Lumajang memaparkan konsep patroli desa yang harus dilaksanakan oleh satgas keamanan Desa  (SKD) dan juga oleh masyarakat untuk mengantisipasi kriminalitas, khususnya menjelang hari Raya Idul Fitri.

    Secara teknis kapolres menyampaikan agar setiap desa wajib melaksanakan Patroli Desa setiap hari dengan konsep 2 Satgas Keamanan Desa bersama 10 masyarakat. dari Perhitungan yang dibuat Kapolres, terlihat kalau setiap masyarakat akan dapat giliran 4,5 bulan sekali.
    Ditingkat Kecamatan, Patroli dilaksanakan oleh 1 bhabinkamtibmas, 1 Babinsa dan 5 orang Satgas Keamanan Desa serta ditambah perangkat kecamatan.

    melihat dari sistem yang digagas Oleh Kapolres Lumajang, merupakan sistem yang menggerakkan masyarakat secara masif untuk menjaga kamtibmas.

    Kapolres Lumajang AKBP DR Muhammad Arsal Sahban SH SIK MM MH menjelaskan,  “
    patroli desa merupakan sistem keamanan lingkungan yang  digagas dengan menggerakkan semua lapis masyarakat. Ditingkat kecamatan patroli digerakkan oleh kapolsek, Koramil dan kecamatan yang disebut 3 pilar dengan mengajak SKD secara bergiliran. Kemudian di tingkat desa, patroli digerakkan oleh Satgas Keamanan Desa dengan menggerakkan masyarakat. " Ditingkat Kabupaten Tim Cobra bersama Kodim akan melaksanakan Patroli secara rutin. dengan sistem ini, akan terjadi Crossing antar Tim Patroli dilapangan, sehinga ruang pelaku kejahatan akan semakin sempit," ungkap Arsal

    Dandim 0821 Letkol Inf Ahmad Fauzi SE menyatakan, bahwa patroli desa yang digagas  Kapolres sudah sangat teknis. "Dan menurut saya tinggal dilaksanakan saja oleh para kepala desa dengan menggerakkan Satgas Keamanan Desa nya. saya sangat mendukung kebijakan Kapolres, kami akan terus bersinergi menciptakan stabilitas Kamtibmas di Lumajang,” ujar Fauzi. (Suatman)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Iklan

    Wisata

    +

    Iklan

    CLOSE ADS
    CLOSE ADS
    close