Hadirkan Kesenian Bernuansa Islami, Semarakkan Bulan Ramadhan

58

Ada sedikit yang berbeda dimalam hari di areal pintu masuk dobleway Universitas Negeri Jember dibanding hari biasanya. Yang mana tempat tersebtut hanya digunakan untuk bersantai, namu kali ini berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa dari perguruan negeri maupun swasta di Kabupaten Jember menggelar kegiatan kesenian bernuansa Bulan Ramadhan. Menurut Kuspitasari Mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember selaku Ketua Panitia Talenta dan Ruang Seni. Mengatakan acara ini baru kali ini diadakan. Namun, sambutan masyarakat sangat bagus, hal itu dibuktikan dengan banyaknya penonton yang ingin melihat dari dekat acara tersebut.

Dijelaskan oleh Kuspita Unit Kegiatan Mahasiswa UKM itu berasal dari POLTEK JEMBER, UNMUH JEMBER dan UNIVERSITAS JEMBER. Kegiatan ini hanya diadakan satu hari saja. Pagelaran seni ini berlangsung mulai pukul 16.00 menjelang buka puasa sampai pukul 23.00 WIB.

Penonton juga bisa melihat pameran foto hasil bidikan mahasiswa yang sengaja diletakkan secara melingkar dan keberadaan karya foto tersebut mampu mengundang minat warga untuk melihat.

Selain itu penampilan acara musik, tari, puisi, serta life art. Diakui oleh Kuspita untuk mempersiapkan kegiatan tersebut cukup singkat, yakni tidak lebih dari seminggu. Namun, acara talenta dan ruang seni itu dinilai cukup berhasil.

Dengan respon masyarskat yang cukup positif tersebut, tidak menutup kemungkinan acara serupa akan digelar kembali pada Bulan Ramadhan tahun depan. Agar Ramadhan lebih ramai dan semarak dipenuhi oleh hasil karya seni mahasiswa di Jember. (win)