Mendadak Menjadi Tren, Ikan Cupang Semakin Diburu

Advertisement

Mendadak Menjadi Tren, Ikan Cupang Semakin Diburu

04 Oktober 2020

 

Kembalinya aktifitas warga ditengah pandemi yang masih belum mereda. Warga mulai banyak mencari kesibukan, salah satunya dengan memelihara ikan hias. Ikan hias menjadi primadona saat ini adalah ikan cupang, sempat meredup tren memelihara cupang menjadi populer.

Betta fish merupakan hewan yang dikenal dengan nama ikan cupang. Ikan ini hidup di air tawar yang berada di negara Asia Tenggara, seperti Indonesia, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, hingga Vietnam.

Selama pandemi virus corona, ikan cupang menjadi populer sebagai hewan peliharaan. Ikan ini menjadi populer karena mempunyai sirip dan warna yang indah.

Sambil melakukan kegiatan WFH (Work From Home) bisa sekalian memelihara ikan cupang karena perawatannya yang mudah.

Beragam warna menjadikan ikan cupang banyak diincar dan diburu. Bahkan tidak hanya orang dewasa, banyak anak-anak yang ikut membudidayakan dan memelihara ikan hias tersebut.

Umumnya orang memilih memelihara ikan bersirip warna-warni ini karena dinilai hanya butuh perawatan yang relatif mudah dan anti mahal.

Tren memelihara ikan cupang yang banyak dicari oleh sejumlah kalangan dan kini harganya mencapai ratusan hingga jutaan Rupiah.

Namun, bagi kalian yang sudah menggandrungi atau baru saja memulai hobi ini ternyata banyak fakta-fakta tentang ikan cupang yang jarang diketahui orang.

7 Fakta menarik ikan cupang yang jarang diketahui orang

1. Ikan cupang jantan mengeluarkan gelembung udara sebagai peletakan telur segera carikan ikan cupang betina untuk memijah ikan.

2. Ikan cupang mengeluarkan gelembung udara karena sedang bahagia melainkan naluri kawinnya sedang memuncak.

3. Ikan cupang merupakan hewan yang hidup di lingkungan tropis bisa juga bertahan di suhu apapun meskipun di dalam ruangan, ikan cupang juga bisa stres, sakit, hingga dan lesu.

4. Meskipun ikan cupang tidak memerlukan aquarium besar, ikan cupang bisa mati jika dia kekurangan air atau hidup hanya di sebuah genangan.

5. Jika air akuarium terlalu dingin, tubuh dan metabolismenya bakal melambat, pergerakannya pun melambat. Namun sebaliknya, jika suhunya sesuai, ikan cupang bakal menjadi agresif.

6. Ikan cupang memiliki jumlah spesies sebanyak 70 spesies di dalamnya yang tersebar di Asia Tenggara.

7. Ikan cupang juga dikenal sebagai hewan yang mudah penasaran, jadi untuk menambah kelincahannya, letakkan dekorasi atau tanaman hidup di dalam akuarium membuat mereka semakin agresif. (*)