• Jelajahi

    Copyright © Bedadung
    media news network

    Iklan

    Iklan Beranda

    SMA Argopuro Panti Gelar Upacara Pengukuhan dan Penyematan Kelengkapan Atribud Anggota Penegak Baru Gudep

    , September 06, 2020 WIB

     

    Jember,Kabarejembger.com 

    ---SMA Argopuro Panti Gelar Upacara pengukuhan dan penyematan kelengkapan  atribud anggota penegak baru Gudep Jember, 031-087/088 Pangkalan SMA Argopuro Panti Jember tahun 2020/2021.

    Kegiatan Ekstrakurikuker atau yang sering dikenal dengan  sebutan ekskul, merupakan kegiatan penunjang belajar peserta didik diluar kegiatan akademiknya dilingkungan sekolah. Kegiatan ekstrakurikuler menjadi wadah bagi peserta didik untuk mengembangkan diri mereka, dalam meningkatkan kamampuan atau keterampilan diberbagai bidang sesuai dengan masing-masing minat dan bakat peserta didik.


    Berdasarkan Permendikbud Nomor 63 tahun 2014 tentang kepramukaan, bahwa kegiatan pramuka menjadi ekstrakurikuler adalah wajib yang harus diikuti oleh semua peserta didik.


    Di dalam Permendikbud ini telah diatur 3 model pendidikan kepramukaan yaitu model Blok, model Aktualisasi dan model Reguler.


    Model Blok merupakan kegiatan wajib dalam perkemahan yang dilaksanakan setiap setahun sekali dan diberika penilaian umum.


    Model Aktulalisasi merupakan kegiatan wajib dalam bentuk penerapan sikap dan keterampilan yang dipelajari di dalam kelas yang dilaksanakan dalam kegiatan kepramukaan secara rutin, terjadwal, dan diberikan penilaian formal.


    Model Reguler merupakan kegiatan sukarela yang berbasis minat peserta didik yang dilaksanakan di Gugus depan.


    Ketua Yayasan Ikhtiar Kejayaan Tani ( YIKT) Lembaga Pendidikan Islama Argopuro Panti Jember, H.Agus Idham Kholid, SPd dalam sambutannya 

    " Kami menginstruksikan kepada Semua Kepala Sekolah dan dewan guru yang ada di Lembaga ini, agar kedepan mewajibkan kepada semua peserta didik untuk mengikuti kegiatan ekstrakulikuler pramuka" Ucapnya


    Masih menurut ketua YIKT, Idham Kholid 

     " Banyak kegiatan ektrakurikuler dilembaga kami, Seperti : Sepak bola, buluta tangkis, Basket, Pencak silat, Bola Voli, musik patrol, dan beberapa kegiatan ekstra lainnya.Kami akan selalu medukung kegiatan ekstrakurikuler tersebut. Marilah kita semua, bapak dan ibu guru yang ada dilembaga ini agar senantiasa melatih, membimbing dan memberi semangat kepada semua peserta didik baik dalam kegiatan ekstra maupun kegiatan intra , serta secara terus menurus membangun karakter semua peserta didik untuk berakhlakul karimah  , bernafaskan islam dan iman sesuai nama Lembaga kita yaitu Lembaga Pendidikan Islam " Imbuhnya


    Lanjut Idham Kholid

    " Kami berharap agar kedepan pramuka selalu ada dilembaga kita ini, kedepankan  pramuka yang ada di lembaga ini, karena dengan pramuka kita bisa mencetak pemuda dan pemudi yang berahlaqul karimah, disiplin , berbudi pekerti. Dengan pramuka ini masukkan jiwa kita, masukkan jiwa patriotis adik-adik sekalian.Yakinlah bahwa adik-adik sekalian adalah  peserta didik yang betul-betul selalu siap untuk memikirkan, mempertahanka , dan mengisi segala bentuk kemerdekaan untuk mempertahankan NKRI.. yang kita cintai ini ".pungkasnya


    Sementara saat Wartawan media ini menayakan ke Pembina Pramuka di Lembaga Pendidikan Islam SMA Argopuro Panti, 

    Drs .Qusyairi,LMT, Ia menuturkan

    " Kami selaku Pembina Pramuka di Gugus Depan Jember 031-087/088 yang berpangkalan di SMA ARGOPURO Panti Jember mengucapan, selamat datang dan selamat berlatih  pada adik - adik anggota pramuka peserta didik baru di SMA Argopuro Panti Jember.

    Kalian akan berlatih dengan kakak kalian dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dan berakhlaqul karimah, yang peduli pada Bangsa dan NKRI serta pada alam dan isinya sekitarnya , serta peduli pada diri pribada dan mengamalkan Satya dan Dharma Pramuka, yang selalu Suci dalam pikiran, suci dalam perkataan dan suci dalam perbutan.

    Selamat berlatih dengan ahlaq yang mulya ". Papar Qusyairi.

    A.Mulyono

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Wisata

    +