Bupati Faida Bagikan Kartu Tani

Advertisement

Bupati Faida Bagikan Kartu Tani

11 September 2020



Jember,kabarejember.com 

--Guna mengurangi beban dampak covid-19, Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR menghadiri dan membagikan langsung kartu tani. Pagi ini jumat (11/9/2020) Bupati Faida membagikan kartu tani di empat Desa yaitu Desa Nogosari, Kaliwining, Gugut dan Rambigundam, Kecamatan Rambipuji.


Bupati Faida merasa senang karena para petani yang hadir mengikuti protokol kesehatan, seperti jaga jarak, memakai masker juga tempat cuci tangan juga disiapkan oleh Pemdes Gugut.


Banyak pertanyaan yang masuk kenapa pupuk saat ini begitu sulit dan langka, karena suplai pupuk dari pusat dikurangi hanya 60 persen. Untuk memenuhi kebutuhan pupuk tersebut, Pemkab Jember menambah 40 persenya yang diambilkan dari APBD. Dengan begitu diharapkan kebutuhan petani bisa terpenuhi, " jelas Bupati saat memberikan penjelasan dihadapan para petani yang menerima kartu tani dan KUR tani Desa Gugut.


Bupati berharap dengan adanya kartu tani dan KUR tani ini bisa berguna dan bermanfaat kepada petani itu sendiri. Bagi petani yang belum mendapat kartu tani segera mengajukan mendaftar kepada Poktan, Gapoktan di Desanya masing-masing dengan membawa persyaratan seperti KTP, KK dan SPPT lahan.


" Kenapa harus menggunakan kartu tani untuk mendapatkan pupuk, Yang merekomendasikan kartu tani ini adalah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan tujuan agar penyaluran atau pendistribusianya tepat sasaran dan tidak mudah di belokan, " jelas Bupati.


Sementara Kades Gugut Nur Salim menyampaikan terima kasih atas kehadiran Bupati Jember yang telah berkenan hadir untuk membagikan langsung kartu tani. Di Desa Gugut ada 196 petani yang saat ini terdaftar penerima kartu tani dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) tani.


" Atas nama Kepala Desa beserta perangkat kami mengucapkan terima kasih kepada Bupati Jember yang telah membagikan langsung kartu tani, Karena masyarakat Desa Gugut mayoritas petani sehingga kebutuhan pupuk sangatlah utama dalam mengolah tanaman dan lain sebagainya, " ujarnya.


Bagi yang mendapatkan kartu tani, maka nanti bisa mendapatkan haknya, seperti pupuk dan KUR tani, pungkas Nur Salim. (SGM)