PMI Sosialisasi PHBS dan Bagikan Alat Semprot ke Pondok Pesantren

Advertisement

Ready Ads for 970x90px

PMI Sosialisasi PHBS dan Bagikan Alat Semprot ke Pondok Pesantren

11 Agustus 2020


Jember,kabarejember.com 

 - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jember Jawa Timur berkomitmen bantu pemerintah dalam mencegah penyebaran virus corona dengan melakukan gerakan promosi kesehatan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Sekaligus bagi-bagi masker gratis kepada masyarakat. Tim promosi kesehatan (promkes) PMI Kabupaten Jember keliling ke hampir semua kecamatan di Jember. 


Selain itu, PMI Kabupaten Jember juga bagikan Alat semprot saat PHBS. Khususnya ke pondok pesantren (ponpes) yang sudah mulai melaksanakan kegiatannya. Banyak ponpes yang sudah didatangi oleh tim Promkes PMI Kabupaten Jember. Kegiatan PHBS dan penyerahan alat semprot tahap I sudah dilakukan. 

PHBS dan penyerahan alat semprot dilakukan pada  tahap kedua ini untuk 15 Ponpes di Kabupaten Jember. Saat ini giliran pondok pesantren An-nuriyah Kaliwining Kecamatan Rambipuji Jember, Selasa (11/8/2020). Sebelumnya pertengahan bulan Juni lalu PMI Jember telah membagikan 31 alat semprot dan cairan desinfektan dengan sasaran 11 pondok pesantren dalam rangka mencegah penyebaran virus corona di lingkungan pondok pesantren. 


“Terima kasih kami sampaikan kepada PMI kabupaten Jember yang telah memberikan bantuan alat semprot dan desinfektan . Semoga bermanfaat bagi kami, lingkungan dan masyarakat sekitar,” tutur Kyai Shoutul Azkiyak  Ketua Pengurus Yayasan Pondok Pesantren Annuriyah Kaliwining Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. 


Menurut dia, alat semprot dan desifektan  akan bermanfaat bagi keluarga besar ponpes Annuriyah dan lingkungan sekitarnya. Sebab, alat semprot itu akan membantu ponpes untuk mencegah penularan Covid-19. “Alhamdulillah santri jalani rapid tes saat mau masuk pondok dan alhamdulillah hasilnya non rekatif semua. Harapan kami dengan protokol ini kegiatan di pondok tetap berjalan lancar,” ujarnya. 


Ketua PMI kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuksi SH MH menjelaskan ponpes memiliki arti penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Karena itu, PMI mengarahkan bantuan alat semport ke ponpes yang tiap harinya ada kegiatan bersama.


 “Ponpes memilki  arti penting bagi Pmi karena pesantran yang mendidik bagi santri, sehingga kesehatan santri, pengurus dan pengasuh pondok sangat penting. Makanya PMI memberikan bantuan berupa alat semprot dan desinfektan,” ujarnya. 


Zaenal Marzuki mengajak ponpes untuk betul-betul menjalankan protokol kesehatan agar terhindar dari virus korona. “PMI bagikan  alat semprot  meski hanya sedikit.  Kita mengajak pesantren tetap menjaga lingkungan. PMI bagi ponpes sangat penting aset negara, jadi generasi tangguh memimpin indonesia, agar indonesia menjadi kuat,” ujarnya. (heri/hms*)