PASOEKAN Peringati HUT RI Ke-75

Advertisement

PASOEKAN Peringati HUT RI Ke-75

17 Agustus 2020

 

Jember, kabarejember.com 

-- Berbagai macam acara diselenggarakan penduduk Indonesia untuk memperingati hari kemerdekaan RI ke-75. Mulai dari berdoa bersama, tasyakuran sampai pesta yang meriah diselenggarakan sebagai wujud nasionalisme dan kecintaannya kepada RI.

Beberapa komunitas sepeda onthel yang tergabung dalam Persatuan Sepeda Onthel Kasiyan Timur (PASOEKAN) bersama warga merayakan HUT RI ke-75 dengan menggelar acara bersepeda keliling, Senin (17/08) pagi.


Sejak jam 06.00 wib, peserta sepeda onthel keliling yang  berjumlah sekitar 100 orang   berkumpul di lapangan desa Kasiyan Timur kecamatan Puger. Para peserta yang terdiri dari laki-laki dan  perempuan, anak-anak sampai dewasa, menggunakan berbagai kostum. Ada yang berkostum pejuang,  Belanda, pegawai, olahragawan  ataupun berkostum masyarakat jelata. Yang jelas mereka menggunakan pakaian yang menggambarkan perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut dan mengisi kemerdekaan, membawa bendera Merah Putih.


Jarak tempuh yang dilewati berjarak kurang lebih 25 km, dengan start dari lapangan Kasiyan menuju arah Puger. Selanjutnya ke arah  Gumukmas, Bagorejo, dan finish kembali di lapangan Kasiyan. 


Sekitar jam 08.00 wib, PASOEKAN mulai start   dan bergerak ke arah Puger. Konvoi diatur dengan tertib sesuai protokol kesehatan yaitu semua peserta wajib memakai masker. Untuk menjaga jarak, dalam bersepeda  peserta tidak boleh bergerombol, melainkan dengan cara berbaris dua sepeda. 


Di sepanjang jalan peserta meneriakkan yel-yel 'merdeka' , dan menyanyikan lagu-lagu perjuangan, serta membunyikan bel sepeda bergantian. Sekitar jam 10.00 wib,  PASOEKAN sampai di sekitar daerah lapangan Kapitan desa Menampu kecamatan Gumukmas. Mereka beristirahat sambil menunggu detik-detik proklamasi melalui hp dan mengheningkan cipta.


Bertepatan dengan dikibarkannya sang Merah Putih di istana negara pukul 10.00 wib, PASOEKAN berdiri sikap sempurna dan memberi hormat kepada bendera merah putih selama 3 menit. Selanjutnya mereka melanjutkan perjalanan sampai ke garis finish di lapangan Kasiyan.


Dedengkot PASOEKAN, Sugeng, mengatakan bahwa PASOEKAN terdiri dari beberapa sepeda onthel di desa Kasiyan, antara lain Kompas, Pesona, dan Garong. "Kegiatan bersepeda yang diadakan PASOEKAN adalah dalam rangka memperingati kemerdekaan RI ke-75, sebagai wujud terima kasih kami kepada para pendiri bangsa dan sebagai bentuk nasionalisme."katanya.  (heri)