Dua Lembaga Pendidikan Jajaki Kerjasama

Advertisement

Dua Lembaga Pendidikan Jajaki Kerjasama

14 Agustus 2020


Jember,kabarejember.com 

--- Dua  perguruan tinggi  bertemu untuk menjajaki kerja sama  antara Sekolah Tinggi Teologi Duta Panisal (STT) bertandang ke  Kampus IAIN Jember.

Pihak STT didampingi oleh Ketua Musyawarah Antar Gereja (MAG), Selasa,(12/08).

Kedua perguruan tinggi berbasis agama berbeda, Islam dan Kristen, STT mencetak calon pendeta dan rohaniawan Kristen, sedangkan IAIN mencetak insan berpendidikan tinggi yang Islami.

Rombongan STT dimediasi oleh Ketua Musyawarah Antar Gereja (MAG) Ignatius Sumarwi diterima langsung oleh Rektor, Prof. DR. H Babun Suharto, SE. MM, Wakil Rektor II DR. H Moch. Chotib, S.Ag,. M.M,. Wakil Rektor III, DR. H Hepni Zain, S.Ag, MM. Dari STT dipimpin Pdt. Subagyo, S.Th,. Nanik, S.Th,. M.Th., Yusak , S.Th,. M.Th.

Dalam keterangan pers, Rektor IAIN Jember, Prof. Babun Suharto mengatakan bahwa sebelumnya tidak tahu jikalau di Kota Jember ada sekolah tinggi Teologia. "Sesama penyelenggara perguruan tinggi kita tidak usah sembunyi-sembunyi," kata Profesor. 

Konsep perguruan tinggi beda dengan dulu, sekarang dihimbau saling bersinergi, saling membangun dan menguatkan. Lanjut Profesor Babun, "Kita harus bersinergi dan kita harus bareng-bareng membesarkan," ajak Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Islam Negeri itu.

 Rektor  IAIN berharap, ini menjadi awal yang baik dalam membangun peradaban dan perguruan tinggi yang ideal. Ke depan akan ditindaklanjuti dengan Memorandum of Understanding kedua perguruan tinggi. Konkritnya bisa dalam bentuk pertukaran mahasiswa, dosen atau kegiatan lain dalam konteks kebersamaan. 

"Kita punya rumah moderasi beragama, sebagai garda terdepan dalam mengedukasi keluarga kampus khususnya dan masyarakat pada umumnya," pungkas Prof. Babun yang juga anggota Dewan Pendidikan Jember itu.

Sementara Subagyo mengucapkan terima kasihnya sudah diterima dengan baik oleh pihak IAIN. "Semoga nanti ada kerjasama yang lebih nyata dengan IAIN Jember," katanya berharap. 

Dijelaskan  Subagyo STT,  Duta Panisal adalah sekolah tinggi Teologia yang sudah ada kurang lebih 20 tahun di Jember. Berlokasi di Jalan Cempaka no. 48 Jember.  

"Saat ini memiliki mahasiswa kurang lebih 60 orang dengan tenaga pendidik sekitar 15 orang. STT memiliki 3 prodi yakni Teologi akademik jenjang S I, Teologi jenjang S II dan Pendidikan Agama Kristen (PAK) jenjang S I," jelasnya. (mia/mar).